Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Klaim Asuransi Gagal? Sudah Benarkah Cara Klaim yang Anda Lakukan? | Pasarpolis Blog

Klaim Asuransi Gagal? Sudah Benarkah Cara Klaim yang Anda Lakukan?

 by pasarpolis |  2015-05-29 15:43:50

Semakin bertambah usia, tentu tubuh semakin rentan terhadap segala macam penyakit. Apabila tidak merawat dan menjaga kebugaran tubuh, maka kapan pun dan di mana pun, penyakit akan datang dan menyerang secara tiba-tiba.

Oleh karenanya, selain dengan mengatur pola makan dan hidup yang sehat, Anda dapat melindungi sisi finansial yang juga menjadi ‘korban’ ketika sakit mulai menyerang, yaitu dengan memiliki polis asuransi kesehatan.

Sayangnya, tidak banyak agen asuransi kesehatan yang secara jelas dan detail memberikan informasi terkait produk asuransi kesehatan yang dijualnya, termasuk bagaimana cara melakukan dan mencairkan klaim yang benar.

Hal ini disebabkan banyaknya keluhan dan laporan yang beredar di masyarakat menyangkut susahnya melakukan klaim ke suatu perusahaan asuransi yang produknya dia beli. Untuk itu, Anda perlu mengetahui apa penyebab klaim tidak ditanggapi dan bagaimana cara melaporkan, mengirimkan dan mencairkan klaim polis asuransi yang benar.

Alasan-alasan kenapa klaim ditolak, antara lain:

  1. Apa yang diajukan tidak termasuk dalam klausul perjanjian kontrak yang disepakati dan ditandatangani di awal.
  2. Tidak menyalahi kontrak, tapi tidak masuk dalam cakupan perluasan. Perusahaan asuransi akan mengcover pembiayaan biaya kesehatan untuk hal umum, namun apabila sang tertanggung tidak mengikutsertakan klausul tambahan seperti penyakit kanker, tumor dan sejenisnya, maka perusahaan akan menolak klaim yang diajukan.
  3. Penyakit bawaan yang diderita tidak termasuk atau tidak diberitahukan kepada pihak asuransi di awal kesepakatan dan penandatanganan kontrak.
  4. Dokumen yang diajukan tidak lengkap.
  5. Dokumen yang diajukan adalah palsu atau direkayasa.
  6. Polis dalam status lapse atau tidak aktif karena belum terbayarkannya premi dan sudah jatuh tempo.
  7. Klaim diajukan melebihi waktu yang ditentukan dalam persyaratan pengajuan klaim yang sudah ditentukan perusahaan.
  8. Masih dalam masa tunggu.

Cara melakukan klaim yang benar, antara lain:

  1. Pastikan dokumen lengkap. Anda harus pastikan dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan klaim lengkap. Sebab, ini sangat berpengaruh terhadap kelancaran proses klaim Anda.
  2. Menggunakan kartu asuransi kesehatan. Biasanya, perusahaan asuransi kesehatan akan memberikan kartu asuransi kesehatan beserta daftar rumah sakit mana saja yang memiliki kerja sama dengan mereka. Dengan menunjukkan kartu ini, maka pemilik polis tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun dalam masa rawat dan penyembuhan. Sayangnya, cakupan rumah sakit suatu perusahaan asuransi dengan yang lainnya berbeda-beda. Ada yang memiliki mitra rumah sakit sangat banyak, ada pula yang terbatas.
  3. Menggunakan sistem reimbursement. Dengan cara ini, Anda tidak perlu khawatir untuk berobat atau melakukan perawatan di mana saja, karena semua biaya akan ditanggung oleh perusahaan asuransi, mulai dari rawat inap, biaya medis sampai dengan biaya dokternya. Sayangnya, cara satu ini mengharuskan Anda untuk membayar dengan uang sendiri terlebih dahulu dan untuk mendapatkan uang tersebut kembali, Anda harus melaporkan dan menyerahkan semua berkas, dokumen termasuk kuitansi pembayaran selama perawatan di suatu rumah sakit.
  4. Periksa apakah polis Anda masih dalam status aktif, masih dalam masa tunggu atau tidak, serta terbukti benar dan sah.
  5. Pelajari dengan cermat tagihan rumah sakit, termasuk data perawatannya serta hal-hal yang menyangkut diagnosanya.
  6. Ajukan sesegera mungkin semua dokumen secara lengkap, tapi jangan lupa untuk meng-fotokopi semua data sebelum diserahkan.
  7. Libatkan pengacara dalam klaim asuransi.
  8. Ketahui orang yang mengurus klaim. Saat mengajukan klaim, Anda harus tahu siapa orang yang bertugas untuk menangani klaim Anda tersebut. Gunanya, agar Anda bisa terus memantau perkembangan klaim yang Anda ajukan dan mintalah tanda terima dokumen.
  9. Sering hubungi pihak asuransi. Jangan malu untuk sering-sering menanyakan bagaimana perkembangan klaim yang Anda ajukan. Sebab, Anda bisa jadi tahu bagaimana perkembangan klaim motor yang hilang tersebut.

Tips dan informasi di atas dapat menjadi panduan singkat bagi Anda, terutama yang masih bingung dan awam mengenai klaim asuransi kesehatan. Selain cara-cara di atas, Anda juga dapat mengunjungi PasarPolis.com yang selain berisikan segudang informasi terkait asuransi, Anda juga dapat membeli, membandingkan produk atau premi, sampai dengan bertanya-tanya kepada para pakar asuransi. Banyak fitur yang disediakan secara lengkap dan mudah dalam penggunaannya dalam PasarPolis. 

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda