Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Kiat Memilih Perusahaan Asuransi Yang Tepat Dan Terpercaya | Pasarpolis Blog

Kiat Memilih Perusahaan Asuransi Yang Tepat Dan Terpercaya

 by pasarpolis |  2015-11-09 10:01:27

Seiring dengan tingginya kesadaran masyarakat untuk berasuransi memicu menjamurnya perusahaan asuransi yang menawarkan berbagai program dan produknya. Namun dengan menjamurnya perusahaan yang menawarkan asuransi pastinya Anda sedikit bingung dan dipusingkan dengan fenomena yang “harus memilih” tersebut.

Untuk itu berikut kami hadirkan informasi tentang kiat memilih perusahaan asuransi yang tepat dan terpercaya untuk Anda dan keluarga tercinta:

  • Lakukan pembelian asuransi sedini mungkin ketika masih sehat

Kondisi kesehatan calon nasabah terkadang menjadi salah satu pertimbangan perusahaan dalam memilih calon pembeli asuransi. Tidak jarang mereka melakukan penolakan permohonan asuransi yang diajukan oleh calon nasabah mereka akibat kriteria yang tidak sesuai syarat yang ditetapkan. Selain itu kondisi kesehatan sangat mempengaruhi jumlah premi yang akan Anda tunaikan nantinya. Karena premi yang dibayarkan saat Anda dalam kondisi yang sehat akan lebih kecil daripada saat Anda telah menderita suatu penyakit.

  • Sesuaikan dengan anggaran yang dimiliki

Salah satu kunci utama dalam memilih perusahaan asuransi adalah dengan menyesuaikan dengan anggaran yang dimiliki agar keperluan penting lainnya tidak terganggu. Anda bisa membuat perencanaan anggaran bulanan untuk menunaikan premi asuransi yang Anda pilih dimana sesuai teori ialah dengan alokasi sekitar 10 hingga 20 persen dari penghasilan atau income Anda. Jika Anda memiliki anggaran yang limited namun mengidamkan asuransi dengan manfaat yang lengkap, Anda bisa menjatuhkan pilihan pada perusahaan asuransi dengan program yang murni asuransi kesehatan dengan premi yang lebih sedikit daripada asuransi yang berbasis investasi. 

  • Sesuaikan dengan keperluan Anda

Memilih perusahaan asuransi tidak berbeda ketika kita dihadapkan pada pembelian suatu produk, Anda terlebih dahulu harus mengetahui dan memastikan produk yang diperlukan. Anda bisa memilih risiko yang dikehendaki untuk ditanggungkan pada pihak perusahaan asuransi semisal: penyakit kronis, jaminan hari tua, pendidikan sang buah hati dll. Karena perusahaan asuransi akan memberikan Anda pilihan produk asuransi yang beragam. Sehingga sebaiknya Anda benar-benar memahami, mempelajasi dan membuat perbandingan antara produk yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi yang satu dengan perusahaan asuransi yang lain yang pastinya disesuaikan dengan kemampuan, keperluan dan tujuan keuangan yang Anda inginkan.

(Baca juga: Mengenal Semua Informasi Asuransi MNC Life Lebih Dekat)

  • Analisa pelayanan yang diberikan

Agar terhindar dari kekecewaan akibat salah memilih perusahaan asuransi maka pilihlah mereka yang mampu memberikan pelayanan ekstra, misalnya layanan service customer hingga 24 jam. Karena pelayanan tersebut akan sangat membantu Anda jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan bantuan atau informasi. Informasi lain yang wajib Anda ketahui dari pihak asuransi ialah persyaratan, prosedur klaim, jangka waktu klaim yang nantinya akan ditunaikan pada Anda. Jika Anda memilih asuransi jiwa, apakah perusahaan menjalin relasi dengan rumah sakit atau tidak sehingga klaim akan mudah dilakukan oleh nasabah tanpa melakukan pembayaran terlebih dahulu. Hal ini sangat mempengaruhi kemudahan prosedur klaim. Jika tidak ada hubungan kerja sama karena nantinya bisa membuat repot Anda. 

  • Pertimbangkan kredibilitas perusahaan asuransi

Memilih perusahaan asuransi dengan kredibilitas yang bagus sangatlah penting karena polis atau perjanjian yang akan dijalin dengan perusahaan asuransi bersifat jangka panjang. Sehingga sebagai nasabah yang bijak Anda harus jeli melakukan monitor kinerja dan perkembangan perusahaan asuransi, melihat laporan keuangan melalui media cetak, rating atau peringkat perusahaan yang bersangkutan, dan yang tidak boleh dilewatkan adalah mengenali sepak terjang perusahaan asuransi yang hendak dipilih. Anda juga disarankan untuk memilih perusahaan asuransi yang tidak memiliki masalah dengan manajemen keuangannya.

  • Lakukan pertimbangan dengan bijak

Dalam memilih perusahaan asuransi yang paling baik, Anda harus mempertimbangkannya sebijak mungkin soal kelebihan dan kekurangan dari masing-masing perusahaan yang telah Anda ketahui. Untuk menghindari penyesalan yang berkepanjangan di kemudian hari, maka pertimbangkan dengan matang dalam memilih perusahaan asuransi yang tepat untuk Anda karena perjanjian dalam polis asuransi tersebut bersifat jangka panjang. Selain itu dalam memilih perusahaan asuransi yang tepat pilihlah yang mampu memberikan perlindungan yang tidak hanya untuk Anda akan tetapi juga keluarga yang sangat Anda cintai.

Tingginya minat masyarakat terhadap asuransi juga didorong oleh semakin meningkatnya taraf hidup dan pendidikan yang memacu kesadarannya untuk mencari perlindungan bagi kehidupan ekonomi dan keuangan keluarga. Dengan mengetahui kiat dalam memilih perusahaan asuransi yang tepat maka paling tidak Anda telah mencoba untuk melindungi keluarga Anda dari segala kemungkinan yang tidak pernah Anda bayangkan. 

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda