Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Kiat Memilih Perusahaan Asuransi Yang Baik | Pasarpolis Blog

Kiat Memilih Perusahaan Asuransi Yang Baik

 by pasarpolis |  2014-01-22 04:32:54

 

Memilih asuransi terbaik sebenarnya teramat penting bagi kehidupan kita, nah karena pentingnya asuransi, maka pada kesempatan kali ini.Penyedia atau perusahaan asuransi begitu banyak di Indonesia, akibat terlalu banyaknya, maka kadang kita sulit memilih penyedia atau perusahaan asuransi mana yang terbaik

Hal yang perlu diingat bahwa dalam memilih perusahaan asuransi swasta, maka yang harus dipertimbangkan secara umum adalah tiga faktor: Pertama, kekuatan keuangan (security). Kedua, jasa (service). Dan ketiga, biaya. (Baca Juga : 4 Langkah Tepat Memilih Asuransi Rumah)

Didalam artikel asuransi, ada penjelasan bahwa kekuatan keuangan asuransi menyangkut kemampuan keuangan perusahaan tersebut untuk memenuhi janjinya jika keadaan membutuhkan. Hal ini penting diketahui, karena tidak sedikit perusahaan asuransi yang tampak di luarnya mentereng. Misalnya gedungnya bertingkat, kendaraan direksinya bagus-bagus. Tetapi takala terjadi klaim dari nasabah, perusahaan tersebut tidak mampu membayar. (Baca Juga : 4 Tips Memilih Asuransi Kesehatan Sesuai Anggaran)

Dalam menilai kekuatan keuangan ini ada beberapa tolok ukur yang perlu diperhatikan. 

  • Aset dan liabilitasnya. Ini bisa dilihat dari laporan neraca keuangan yang diumumkan di koran. Lihat juga, apakah investasinya ditanam pada current atau longterm. Dari segi liabilitas (kemampuan melunasi kewajiban) akan terlihat di neraca, bagaimana utangnya pada reasuradur, bagaimana dia memenuhi kewajiban membayar klaim, dan lain sebagainya. 
  • Indikator liabilitas antara lain net equity (modal sendiri) dibagi net premi (premi bersih) minimal 50%. Modal sendiri dibagi gross premi (premi kotor) minimal 20%. Batas tingkat solvabilitasnya, yang terlihat dari modal sendiri dibagi premi bersih minimal 10% dan dana investasi dibagi cadangan teknik minimal 100%. 
  • Underwriting Policy. Di neraca dan laporan tahunan akan terlihat bahwa asuransinya masih untung, atau mengalami pertumbuhan laba. Ini berarti underwiting polcy-nya bagus. 
  • Underwriter-nya. Asuransinya memiliki tenaga-tenaga yang berkualitas atau tidak. Itu diketahui dari profil perusahaan yang memuat para underwriter-nya. 

Untuk itu, masih banyak jenis asuransi terbaik yang bisa anda pilih dan pertimbangkan. Jangan terlalu percaya dengan rayuan dan penjelasan dari para agen-agen asuransi, tetapi bagaimana anda bisa mendapatkan advice atau bimbingan terus-menereus dari para agen mengenai asuransi anda. (Baca Juga : 4 Tips Memilih Asuransi Kesehatan Menguntungkan)

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda