Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Kiat Lancar Puasa bagi Pekerja Lapangan | Pasarpolis Blog

Kiat Lancar Puasa bagi Pekerja Lapangan

 by pasarpolis |  2016-05-31 03:33:53

Menjalani puasa jika Anda seorang pekerja lapangan bukan hal yang mudah. Yuk, persiapkan fisik dan mental agar puasa berjalan tanpa hambatan.

Berpuasa di bulan Ramadhan diwajibkan bagi setiap muslim, tak memandang usia, jenis kelamin, apalagi jenis pekerjaan. Menjalani puasa sebulan penuh bagi mereka yang bekerja di ruangan ber-AC, tentu tidak seberat mereka yang sehari-hari bekerja di lapangan. Hari biasa saja mereka harus menguras keringat bekerja di bawah terik matahari, apalagi kini dalam kondisi tidak makan dan minum di siang hari. Haruskah menyerah dengan keadaan dan membatalkan puasa demi pekerjaan? Sebaiknya tidak, asalkan Anda tahu kiatnya.

Pola Aktivitas Berubah

Di bulan Ramadhan, ada beberapa pola aktivitas yang berubah. Pertama, tentu adalah pola makan Anda. Dari makan tiga kali sehari pada pagi, siang dan malam menjadi dua kali pada sebelum fajar dan sesudah senja. Pola tidur juga berubah. Tadinya biasa bangun pukul enam pagi, sekarang pukul tiga pagi. Biasanya boleh minum kapanpun haus, sekarang tidak lagi.

Perubahan-perubahan ini, tentunya berpengaruh pada tubuh juga. Kendala paling umum yang dirasakan saat menjalani puasa Ramadhan adalah keluhan lemas, kurang energik, cepat lelah dan haus. Hal ini terutama sangat dirasakan oleh para perkerja lapangan.

Selama berpuasa, pekerja lapangan berisiko mengalami dehidrasi yang lebih berat ketimbang mereka yang bekerja di kantora. Selama orang yang bekerja di kantor bisa memenuhi cairan saat buka dan sahur, mereka tidak terlau mengalami dehidrasi, apalagi aktivitas fisik juga terbatas, sehingga keringat juga tidak banyak keluar.

Tidak demikian halnya dengan Anda yang bekerja di lapangan. Anda akan lebih banyak mengeluarkan cairan lewat keringat. Mobilitas di lapangan yang tinggi juga membuat Anda bernapas lebih cepat, sehingga mengeluarkan uap air yang cukup banyak. Cairan dalam bentuk uap air saat bernapas dan keringat sulit dihambat bagi Anda yang bekerja di luar ruangan.

Puasa lancar

Khusus bagi Anda bekerja di lapangan, memang tidak bisa dipaksakan untuk berpuasa secara penuh. Bila terjadi dehidrasi, Anda harus segera membatalkan puasa, karena bisa mengakibatkan heat stroke. Lantas, bagaimana cara menyiasati agar lancar berpuasa bagi pekerja lapangan? Simak terus tips agar berpuasa tetap segar.

1. Bekerja lebih pagi

Karena saat Bulan Puasa, Anda bangun lebih pagi, ada baiknya Anda berangkat kerja juga lebih pagi. Ini supaya pekerjaan lebih cepat selesai dan Anda bisa pulang beristirahat lebih cepat. Semakin siang, udara semakin panas. Semakin pagi pekerjaan diselesaikan saat cuaca belum terlalu terik, tentu akan semakin baik.

2. Atur pola makan dengan benar

Matahari bersinar terik dan perut sangat lapar bukanlah kombinasi yang nikmat. Agar puasa tetap lancar bagi pekerja lapangan, aturlah pola makan sahur dan berbuka dengan baik. Jangan langsung makan berat saat suara beduk terdengar. Minum air putih dulu, setelah beberapa saat makan makanan ringan. Satu jam kemudian, barulah nikmati makanan utama secukupnya. Ini dilakukan agar perut tidak kaget. Perbanyak serat dari sayur dan buah segar terutama saat sahur. Serat dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Jangan lupakan protein baik dari dada ayam tanpa kulit yang tidak digoreng, kacang-kacangan dan biji-bijian. Protein juga bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

3. Tetap terhidrasi

Salah satu kendala utama pekerja lapangan saat berpuasa adalah rasa haus yang menyengat pada siang hari yang panas. Sebenarnya rasa haus adalah sinyal bahwa tubuh perlu asupan cairan tambahan. Jika tidak ada cairan masuk, bisa terjadi dehidrasi. Karena itu, pastikan Anda mengasup cukup banyak air putih saat sahur dan berbuka dan pada malam hari. Setidaknya minumlah 1,5 liter air putih atau lebih jika aktivitas Anda membuat Anda banyak berkeringat.

4. Istirahat cukup

Letih dan lesu bisa disebabkan karena kurang istirahat. Jangan tidur terlalu larut setelah berbuka dan tarawih. Segerakan istirahat dan pastikan Anda tidur minimal 7-8 jam sehari agar besoknya bisa bangun dan bekerja dengan energik.

5. Olahraga

Olahraga terbukti membuat seseorang lebih berenergi dan bersemangat tinggi. Di Bulan Puasa, tak perlu berolahraga berat. Cukup berolahara ringan tiga kali seminggu untuk memompa semangat dan menjadikan tubuh lebih bugar.

Itulah tips kuat berpuasa yang sederhana dan mudah Anda aplikasikan agar puasa tetap segar, puasa tetap sehat terutama bagi pekerja lapangan. 

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda