Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Kiat Berpuasa di Perjalanan | Pasarpolis Blog

Kiat Berpuasa di Perjalanan

 by pasarpolis |  2016-06-06 08:28:01

Menempuh perjalanan jauh tak mesti jadi penghalang Anda menunaikan ibadah puasa. Ini rahasianya!

Sebagai staf tenaga medis yang bekerja di sebuah rumah sakit swasta di jakarta, Miranda (30) kerap melakukan perjalanan dinas ke luar kota bahkan ke luar negeri untuk mengikuti seminar dan pelatihan. Tak terkecuali di minggu pertama bulan Juni tahun ini, ia dijadwalkan memberikan presentasi sekaligus mengikuti acara workshop yang diadakan di Sydney, Australia, selama tiga hari.

            Berhubung perjalanan dinasnya jatuh di bulan Ramadhan, Miranda merasa perlu menyusun strategi agar tetap bisa menunaikan ibadah puasa dengan lancar. Perjalanan dari Jakarta ke Sydney yang ditempuh selama 7 jam dirasakannya bukan penghalang, karena ia duduk di dalam kabin pesawat terbang yang nyaman. Jarak antara waktu imsak dan waktu berbuka di Sydney juga lebih singkat daripada di Jakarta, sehingga malah meringankan ibadah puasa yang sedang dijalaninya.

            Meski demikian, Miranda mendapati hal-hal lain yang bisa berpotensi menjadi “batu sandungan”, seperti padatnya jadwal workshop, perjuangan mendapatkan makanan halal, serta udara dingin yang cukup menggigit di kota tujuan, sehingga ia mulai mempersiapkan diri sejak jauh-jauh hari. Tips kuat puasa berikut ini bisa membantu Miranda dan Anda yang hendak melakukan perjalanan selama bulan Ramadhan:

1. Pelihara stamina

Stamina yang fit amat mendukung kelancaran Anda menunaikan ibadah puasa. Olahraga secukupnya dan mengonsumsi menu sehat saat puasa akan melancarkan distribusi nutrisi dan oksigen tersebar ke seluruh tubuh. Dengan demikian, cadangan energi di dalam tubuh akan senantiasa stabil dan tubuh pun terasa bugar meski tak mendapat asupan makanan dan minuman selama sekitar 12 jam.

2. Bawa makanan ringan setiap saat

Untuk berjaga-jaga apabila Anda tidak mendapatkan kesempatan untuk berbuka puasa ataupun tidak menemukan makanan halal pada saat adzan maghrib tiba, bawalah selalu botol minuman dan makanan ringan di dalam tas. Ini berguna agar Anda bisa membatalkan puasa tepat waktu serta mendapatkan asupan energi dari makanan sesegera mungkin.

3. Cari lokasi rumah makan halal

Beda lokasi, tentu beda budaya yang dianut oleh masyarakat setempat. Akibatnya, Anda tak selalu mudah menemukan tempat makan yang menyajikan makanan halal seperti di tanah air. Untuk melancarkan ibadah puasa, carilah informasi mengenai tempat-tempat yang menyajikan makanan halal, sebelum jadwal keberangkatan tiba.

4. Banyak minum air putih

Minum air putih minimal sebanyak 2 liter per hari akan membantu menyeimbangkan kadar cairan dan zat elektrolit di dalam tubuh. Untuk memudahkan mengukur jumlah cairan yang masuk setiap hari, terapkan panduan minum 242 di bulan puasa: 2 gelas pada waktu berbuka, 4 gelas hingga menjelang tidur, dan 2 gelas pada saat sahur. Dengan perkiraan satu gelas mengandung 250 mililiter air, maka kebutuhan cairan Anda akan tercukupi dengan sendirinya.

5. Cari teman “senasib”

Perjuangan apa pun akan terasa lebih ringan apabila dilakukan bersama-sama. Jika memiliki teman yang juga menunaikan ibadah puasa, Anda bisa saling berbagi informasi mengenai tempat makan halal, jadwal puasa, dan sebagainya. Jika tidak menemukannya di dalam rombongan perjalanan, Anda bisa mencari teman di Islamic Center terdekat ataupun di dunia maya.

6. Sedia vitamin dan obat-obatan

Selain membawa bekal makanan, jangan lupa bawa pula bekal berisi vitamin dan obat-obatan yang biasa Anda konsumsi di kota asal. Pasalnya, tak semua merk obat yang biasa dikonsumsi akan mudah Anda dapatkan di kota dan negara lain. Membawa sendiri bekal vitamin dan obat-obatan akan memudahkan Anda mengantisipasi gangguan kesehatan yang mungkin terjadi di perjalanan.

            Untuk mengantisipasi gangguan kesehatan yang lebih kompleks ataupun masalah lain yang bisa terjadi selama di perjalanan, ada baiknya bila Anda mempertimbangkan kepemilikan polis asuransi perjalanan. Dengan begitu, Anda mendapatkan jaminan untuk menjalankan kewajiban kerja sekaligus menunaikan ibadah puasa secara lebih aman dan nyaman.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda