Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Ketahui 8 Hal Ini Sebelum Pilih Bengkel Rekanan Asuransi Kendaraan | Pasarpolis Blog

Ketahui 8 Hal Ini Sebelum Pilih Bengkel Rekanan Asuransi Kendaraan

 by pasarpolis |  2015-04-29 07:07:35

Ketahui 8 Hal Ini Sebelum Pilih Bengkel Rekanan Asuransi Kendaraan

Setiap perusahaan asuransi kendaraan pastinya sudah memiliki bengkel rekanan yang berfungsi sebagai tempat untuk memperbaiki kendaraan klien yang mengalami musibah kecelakaan. Tidak sedikit perusahaan asuransi yang memiliki bengkel rekanan lebih dari satu. Hal tersebut bertujuan sebagai pertimbangan klien untuk menentukan sendiri mana bengkel rekanan perusahaan asuransi kendaraan yang baik dan berkualitas. (Baca Juga : Kenali Mobil Lebih Jeli untuk Keamanan Saat Menyetir)

Akan tetapi, bagi orang-orang yang baru saja memiliki asuransi kendaraan, pastinya akan bingung untuk memilih bengkel rekanan yang ditawarkan perusahaan asuransi kendaraan. Banyak di antara mereka yang lebih menyerahkan hal ini kepada perusahaan asuransi kendaraan yang bersangkutan, dengan alasan tak ingin ribet.

Sayangnya, walaupun dianggap rekanan, akan tetapi ada saja bengkel yang tidak melakukan perbaikan atau juga penggantian spare part kendaraan dengan semestinya. Hal tersebut berakibat pada keluarnya biaya tak terduga karena penggunaan spare part yang jelek atau perawatan dan perbaikan yang asal-asalan.

Oleh karenanya, dibutuhkan kejelian dan pengetahuan dalam memilih serta menyerahkan kendaraan kepada bengkel rekanan perusahaan asuransi. Berikut ini hal-hal yang dapat digunakan untuk memilih bengkel rekanan setelah melakukan klaim asuransi kendaraan:

1. Mengetahui informasi tentang bengkel rekanan

Pada umumnya, pihak perusahaan asuransi akan menjelaskan dan memberikan keterangan terkait bengkel rekanan mereka kepada klien. Namun untuk lebih memastikan, sebelum benar-benar menyerahkan kendaraan kepada bengkel rekanan rekomendasi dari perusahaan asuransi, ada baiknya Anda memeriksa dan mencari informasi terkait bengkel tersebut baik secara online atau bertanya-tanya secara langsung kepada orang-orang sekitar yang pernah menggunakan jasa bengkel tersebut. (Baca Juga : 4 Cara Terbaik Memberi Perlindungan untuk Rumah Anda)

2. Memiliki layanan antar-jemput dan mobil pengganti

Tentunya akan merepotkan apabila mengalami suatu musibah atau kecelakaan di tengah jalan, Anda harus bersusah payah membawa mobil tersebut ke bengkel. Untuk itu, sebelum memutuskan bengkel rekanan rekomendasi perusahaan asuransi, ada baiknya untuk memeriksa layanan antar-jemput untuk kendaraan dan juga mobil pengganti yang dapat digunakan selama tunggangan Anda dalam perbaikan.

3. Jangan berpatokan pada pemikiran “Mudah dijangkau”

Memang enak apabila bengkel rekanan perusahaan asuransi kendaraan tersebut berada di lingkup area yang dekat dengan tempat tinggal Anda. Akan tetapi, jangan terlalu berpatokan pada hal tersebut karena bukan menjadi satu hal yang mustahil apabila bengkel tersebut ternyata memiliki kualitas layanan kurang memuaskan.

4. Ketahui track record bengkel rekanan

Hampir sama dengan poin pertama, mengetahui track record bengkel rekanan dirasa sangat penting untuk dilakukan karena dengan informasi tersebut Anda jadi semakin mantap dalam memutuskan bengkel rekanan mana yang akan Anda gunakan layanannya. (Baca Juga : 4 Langkah Jitu Pilih Asuransi Mobil yang Menguntungkan)

Selain itu, perhatikan juga apakah bengkel rekanan tersebut sudah memiliki nama besar atau penghargaan juga rekomendasi dari banyak orang. Perlu diketahui bahwa tidak semua perusahaan asuransi kendaraan yang memilih dan memiliki bengkel rekanan secara profesional. Ada beberapa perusahaan asuransi kendaraan yang memilih dan memiliki ebngkel rekanan tanpa melalui audit yang baik.

5. Mengetahui durasi waktu perbaikan

Penting kiranya bagi Anda untuk mengetahui durasi waktu perbaikan rata-rata yang dilakukan oleh bengkel rekanan. Hal ini bertujuan agar Anda tidak rugi dari segi waktu. Ada kalanya, perbaikan yang dilakukan suatu bengkel rekanan sangat lama dan lamban, dan ada pula yang sangat cepat, masuk pagi dan keluar sore.

6. Memiliki garansi

Menjadi satu hal yang mengecewakan apabila sudah menunggu lama untuk perbaikan ternyata kendaraan masih rusak atau tidak kembali menjadi normal. Untuk itu, sebelum memutuskan memilih bengkel rekanan, ada baiknya Anda memeriksa apakah bengkel rekanan perusahaan asuransi tersebut memiliki garansi perbaikan.

7. Menggunakan spare part orisinil

Jangan memilih bengkel rekanan dari perusahaan asuransi kendaraan yang track recordnya sering menggunakan spare part bajakan atau bukan asli. Karena selain tidak bertahan lama, penggunaan spare part bukan asli dapat membuat kerusakaan merembet ke komponen lainnya. Dan lagi, apabila bengkel rekanan tersebut mengganti spare part aftermarket maka apabila mobil Anda itu masih memiliki garansi, maka penggunaan onderdil tidak asli itu dapat menghanguskan garansi.

8. Memilih sendiri bengkel yang terpercaya

Walaupun perusahaan asuransi kendaraan yang menjamin mobil Anda sudah memiliki bengkel rekanan sendiri, Anda masih dapat mencari dan memilih bengkel lain. Dengan catatan, harus memiliki alasan yang kuat kenapa Anda memilih bengkel tersebut. Karena pihak asuransi tentunya tidak ingin terjadi pembengkakan biaya apabila cara perbaikan bengkel yang Anda pilih dan bukan rekanan mereka bermasalah atau merugikan. (Baca Juga : Inilah 5 Alasan Mengapa Premi Asuransi Mobil Itu Mahal)

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda