Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Ketahui 7 Hal yang Membatalkan Pahala Puasa | Pasarpolis Blog

Ketahui 7 Hal yang Membatalkan Pahala Puasa

 by pasarpolis |  2016-06-13 10:15:47

Bulan puasa merupakan bulan penuh berkah yang dirindukan umat muslim. Pasalnya, berpuasa pada bulan ini memiliki hikmah istimewa. Hikmah yang didapatkan berkaitan erat dengan amalan puasa yang dijalani. Amalan puasa di bulan Ramadhan ini bukan hanya menahan makan dan minum saja, melainkan juga menjalankan amalan ibadah Ramadhan lainnya seperti bersedekah, itikaf, silaturahmi serta menghindari diri dari yang haram. Pahala kebaikan niscaya didapatkan jika umat muslim melakukan ibadah sesuai ketentuan. Selain hal-hal tersebut, tahukah Anda ada beberapa hal yang membatalkan pahala puasa? Berikut ini adalah 7 hal yang membatalkan pahala puasa!

1. Makan dan Minum

Hal yang dapat membatalkan pahala puasa adalah makan dan minum secara sengaja. Ini karena memasukkan benda baik berupa makanan atau minuman atau benda lain ke dalam mulut menyebabkan makanan masuk ke dalam perut sehingga puasa batal.

2. Muntah Secara Sengaja

Muntah secara sengaja seperti sengaja memasukkan benda ke mulut agar muntah bisa membatalkan pahala puasa. Beda halnya dengan muntah karena sakit atau secara alami. Jadi, hindari mencoba melakukan hal tersebut agar puasa Anda tetap terjaga dengan baik.

3. Jima’

Jima’ merupakan hubungan seksual suami istri. Jima’ di saat puasa tentu membuat puasa menjadi batal dan membatalkan pahala puasa. Jadi, hindarilah jima’ saat puasa. Banyaklah melakukan kegiatan positif dan menjaga nafsu Anda.

4. Mengeluarkan Mani dengan Sengaja

Mengeluarkan mani dengan sengaja merupakan salah satu yang dapat membatalkan puasa juga. Ini karena menyebabkan puasa batal. Misalnya saja sengaja memegang kemaluan agar terangsang dan menyebabkan mani keluar. Ini dapat membatalkan pahala puasa.

5. Haid dan Nifas

Haid merupakan darah yang keluar dari Rahim seorang wanita pada waktu-waktu tertentu yang bukan karena disebabkan oleh suatu penyakit atau karena adanya proses persalinan. Sedangkan nifas adalah darah yang keluar dari Rahim wanita setelah seorang wanita melahirkan. Haid dan nifas membuat puasa menjadi tidak sah dan batal. Ini juga menjadi salah satu hal yang membatalkan puasa.

6. Memasukkan Benda Melalui Kubul dan Dubur

Hal yang dapat membatalkan pahala puasa lainnya yaitu memasukkan benda melalui kubul dan dubur. Maksudnhya adalah sengaja memasukkan benda padat atau cair melalui kedua lubang baik dubur maupun kubul. Kubul disini adalah alat kemaluan sementara dubul adalah anus.

7. Memasukkan Jarum Suntik

Memasukkan jarum suntik dalam beberapa hal merupakan salah satu yang dapat membatalkan puasa. Misalnya adalah memasukkan suatu hal dalam tubuh melalui jarum suntik yang bertujuan untuk mengenyangkan ini bisa membatalkan pahala puasa.

Hal yang membatalkan pahala puasa merupakan perkara yang dapat membuat nilai atau pahala puasa tidak sempurna atau bahkan puasa tersebut tidak memperoleh pahala walaupun puasa yang dijalankan secara hukum tetap sah namun tidak mendapatkan pahala sedikit pun dari ibadah yang dijalankan selain rasa lapar dan haus. Ketujuh hal diatas merupakan beberapa yang dapat membatalkan pahala puasa. Dengan mengetahuinya, Anda dapat lebih baik dalam menjalankan puasa serta lebih paham.

(Baca Juga : 5 Keutamaan Amalan Sunah di Bulan Ramadan)

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda