Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Kenapa Harus Menyiapkan Dana Pensiun Sendiri? | Pasarpolis Blog

Kenapa Harus Menyiapkan Dana Pensiun Sendiri?

 by pasarpolis |  2015-06-03 04:24:17

 

Dana pensiun merupakan kompensasi penting bagi karyawan untuk masa tuanya. Sayangnya ketika pensiun, tidak semua dana bisa ditarik, terdapat beberapa peraturan DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan) yang harus ditaati, yaitu:

  1. Maksimum uang yang bisa diambil 20%. Pernyataan tersebut sesuai dengan pasl 37 yang berbunyi “Pada saat Manfaat Pensiun jatuh tempo, Peserta dapat meminta untuk menerima pembayaran Manfaat Pensiun pertama sebanyak-banyaknya 20% (dua puluh per seratus) dari jumlah Dananya”
  2. Sisa uang pensiun sebanyak 80% harus dibelikan Annuitas Seumur Hidup. Hal ini diatur dalam pasal 33 ayat (1) yaitu “Dana Pensiun berkewajiban membelikan Annuitas Seumur Hidup yang bentuk dan perusahaan asuransi jiwanya dipilih oleh Peserta sebagai Manfaat Pensiun”.
  3. Annuitas memberikan pembayaran bulanan. Artinya, produk asuransi jiwa memberikan pembayaran bulanan kepas peserta yang mencapai usia pensiun seumur hidup.

Jadi ketika pensiun nanti, Anda tidak dapat menarik semua dana pensiun. Hal ini tentu saja akan merepotkan, jadi tidak ada salahnya Anda menyiapkan dana pensiun Anda sendiri.

Question#1: Kenapa Anda butuh dana pensiun sendiri?

Pertama, karena ketika pensiun penghasilan Anda akan menurun drastis, padahal biaya hidup semakin meningkat, biaya kesehatan misalnya.

Ke dua, Anda tidak bisa hanya mengandalakan dana pensiun dari perusahaan, karena biaya hidup yang semakin meningkat.

Terlebih lagi, Anda akan dapat mengakumulasi dana jika Anda mulai menyiapkan dana pensiun sejak dini, sehingga manfaat yang diperoleh juga lebih besar.

Question#2: Bagaimana Cara Menyiapkan Dana Pensiun Sendiri?

Hal yang sering terlewatkan ketika menyiapkan dana pensiun sendiri adalah tidak adanya proteksi. Tidak ada asuransi yang digunakan, semuanya hanya terfokus pada investasi.

(Baca Juga : Ayo, Persiapkan Dana Pensiun Sejak Dini!)

Kenyataannya, proteksi sangat diperlukan mengingat hidup penuh resiko. Misalnya meninggal dunia, sakit, atau cacat yang menyebabkan Anda tidak dapat bekerja lagi. Tanpa proteksi, bisa saja dana pensiun yang Anda harapkan hanya tinggal impian semata.

Jadi pada dasarnya, untuk menyiapkan dana pensiun selain investasi, proteksi melalui asuransi adalah hal wajib. Proteksi akan melindungi dari resiko meninggal dunia, sakit atau cacat. Sehingga anak-anak Anda bisa bersekolah dengan tenang, Anda dan pasangan pun dapat pensiun dengan nyaman dan tenang.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda