Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Kenapa Harus Memilih Asuransi Term Life Daripada Whole Life atau Unit-Link? | Pasarpolis Blog

Kenapa Harus Memilih Asuransi Term Life Daripada Whole Life atau Unit-Link?

 by pasarpolis |  2015-06-04 07:35:26

Mungkin banyak orang awam yang hanya mengetahui bahwa asuransi jiwa itu hanyalah bentuk layanan pertanggungan atau proteksi terhadap klien dari awal penandatanganan kontrak polis asuransi sampai berakhir dan nantinya di akhir masa kontrak, perusahaan asuransi akan mengembalikan uang premi kepada pemegang polis.

(Baca Juga : Kiat Memilih Perusahaan Asuransi Yang Baik)

Namun sebenarnya, asuransi jiwa itu dibagi menjadi 4 macam yaitu, asuransi jiwa term-life atau berjangka, asuransi dwiguna, asuransi seumur hidup atau whole life, dan asuransi gabungan atau biasa disebut dengan nama unit-link.

Untuk lebih mengerti setiap jenisnya, berikut penjelasan sekilas tentang masing-masing asuransi jiwa tersebut:

Jenis#1: Asuransi Term life

Asuransi term life adalah asuransi yang memberikan perlindungan dalam jangka waktu terbatas atau tertentu, sesuai dengan kesepakatan awal. Pada umumnya, asuransi term life memiliki durasi pertanggungan antara 1, 5, 10 atau juga sampai 20 tahun. Asuransi jenis ini dikatakan juga sebagai asuransi murni karena tidak ada unsur investasi di dalamnya dan hanya akan ada perlindungan saja.

Jenis#2: Endowment

Dikatakan sebagai asuransi dwiguna karena asuransi jenis ini memang sedikit mirip dengan term life, hanya saja pemegang polis akan mendapatkan apa yang telah mereka bayarkan selama kontrak berlangsung. Jadi intinya adalah asuransi endowment ini adalah asuransi term life tapi memiliki pengembalian uang kontrak. Tentu saja karena ada pengembalian uang di akhir kontrak, maka jumlah atau nilai premi yang harus dibayarkna juga lebih besar dibandingkan dengan asuransi term life.

Jenis#3: Whole life

Nah, jenis asuransi satu inilah yang sering diketahui dan dipahami oleh banyak masyarakat Indonesia pada umumnya. Perlindungan yang diberikan adalah maksimal selama 99 atau 100 tahun dengan perhitungan pembayaran nilai premi yang juga besar, sesuai dengan manfaatnya. Asuransi jenis ini juga akan mengembalikan uang pada saat akhir kontrak ditambah keuntungan tambahan yaitu peningkatan uang pertanggungan atau UP.

Jenis#4: Unit-Link

Boleh dikatakan bahwa asuransi unit-link merupakan jenis lain dari asuransi whole life, namun perbedaan yang mendasar dari keduanya terletak pada keuntungan yang akan didapatkan konsumen.

Di asurasi whole life, konsumen akan mendapatkan pengembalian uang di akhir kontrak plus UP, sedangkan di unit-link, pemegang polis selain akan mendapatkan pengembalian uang dan UP di akhir kontrak, mereka juga akan mendapatkan hasil dari investasi yang diterapkan dalam asuransi unit-link ini.

Lantas dari keempatnya, asuransi jiwa jenis mana yang cocok dan direkomendasikan untuk dibeli atau dipunyai?

Memang pertanyaan tersebut terkesan sepele, namun jawabannya juga susah. Intinya, dari keempat jenis asuransi jiwa di atas, sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Keputusan tetap ada di tangan Anda. Namun, apabila harus disuruh memilih dengan berdasarkan budget di kantong yang menipis, maka term life adalah jawabannya.

(Baca Juga : Sedia Payung Sebelum Hujan dengan Miliki Asuransi)

Kenapa harus memilih term life? Asuransi term life memang tidak mengikutsertakan prosedur pengembalian uang di akhir kontrak, namun pemikiran lain yang dapat digunakan adalah premi yang harus dibayarkan relatif terjangkau oleh berbagai kalangan. Dan lagi, para tertanggung dapat menentukan jangka waktu perlindungan tergantung dengan kebutuhannya dan keinginannya sendiri. 

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda