Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Kenali Makna Tersembunyi dalam Pengertian Asuransi | Pasarpolis Blog

Kenali Makna Tersembunyi dalam Pengertian Asuransi

 by pasarpolis |  2016-04-19 02:27:58

Pemahaman Tentang Asuransi

Seberapa pahamkah Anda mengenai asuransi? Anda mungkin hanya mengenal asuransi sebatas sebagai uang jaminan yang diberikan kepada Anda bila nanti terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Memang pengertian asuransi tersebut tidaklah sepenuhnya salah, namun masih kurang tepat.

Asuransi

Pengertian asuransi sendiri sebenarnya telah tertulis secara jelas dalam UU No.2 Tahun 1992 tentang Usaha Perasuransian. Dalam undang-undang tersebut menjelaskan bahwa asuransi adalah perjanjian antara dua pihak atau lebih, di mana pihak penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung dengan menerima premi asuransi. Premi asuransi sendiri digunakan untuk mengganti kerusakan objek asuransi ataupun kerugian atas peristiwa yang tidak pasti.

Objek asuransi bisa sangat beragam jenisnya. Anda dapat mengasuransikan benda maupun jasa. Kesehatan manusia, tanggung jawab hukum, jiwa dan raga serta semua kepentingan lainnya yang dapat rusak, rugi, berkurang nilainya, maupun hilang dapat Anda asuransikan kepada pihak tertanggung. Pihak tertanggung yang sering Anda kenal adalah perusahaan asuransi yang membebankan premi kepada Anda atas ketidakpastian tersebut.

Manfaat Asuransi

Anda mungkin sudah menebak manfaat utama dari mendaftarkan asuransi, yaitu memperoleh kepastian. Anda akan merasa aman dan nyaman sepanjang waktu karena Anda sudah memiliki asuransi yang dapat menjaga Anda dari keterpurukan seperti bangkrut atau bencana alam. Ibarat jika Anda jatuh dari ketinggian 1.000 km di atas permukaan laut, asuransi layaknya tali cadangan kuat yang mampu mencegah terhempas jatuh di tanah.

Selain mendapatkan perlindungan dan jiwa yang tenteram, asuransi ternyata merupakan salah satu alat menabung yang cukup efektif. Beberapa jenis asuransi menawarkan program investasi yang dapat Anda gunakan sekaligus. Program asuransi berbasis investasi memberikan Anda manfaat yang berlipat ganda. Anda tidak perlu khawatir akan risiko ketidakpastian yang bisa terjadi kapan saja, Anda juga tidak perlu khawatir masa depan Anda tidak terjamin karena adanya investasi yang bisa diambil kembali nantinya.

Merencanakan Asuransi

Setelah Anda mengetahui manfaat di balik asuransi tersebut, Anda mungkin sudah memiliki bayangan untuk melakukan perencanaan asuransi. Sebelum mendaftarkan diri ke dalam sebuah asuransi, tetapkan terlebih dahulu tujuan utama Anda melakukan asuransi. Dengan begitu, Anda akan tahu asuransi apa yang akan Anda ambil dan bersiap memilih perusahaan asuransi apa yang cocok sesuai kebutuhan Anda.

Asuransi sudah ada di tangan Anda, namun perencanaan asuransi tidak hanya berhenti sampai di situ. Anda harus selalu melakukan kontrol dan evaluasi terhadap program yang telah Anda pilih. Rencanakan pula mengenai masa depan. Apakah kemungkinan menambah kebutuhan asuransi Anda itu perlu ketika nantinya Anda sudah berkeluarga dan memiliki buah hati. Pastikan dana yang sudah Anda anggarkan mampu memenuhi kebutuhan Anda hari ini dan seterusnya.

Perencanaan asuransi bukanlah hal yang mudah dilakukan sendirian. Oleh karena itu, PasarPolis hadir untuk membantu Anda memahami lebih dalam mengenai pengertian asuransi sesungguhnya sekaligus memberikan ilmu lebih mengenai program asuransi yang tersedia. Kunjungi website resminya di www.pasarpolis.com untuk informasi mengenai asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda