Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Kenali Beras Sintetis dengan Cara Berikut! | Pasarpolis Blog

Kenali Beras Sintetis dengan Cara Berikut!

 by pasarpolis |  2015-05-26 09:38:54

 

Banyak masyarakat mendesak pemerintah Indonesia mengusut tuntas fenomena beras plastik yang mengancam akhir-akhir ini. Tak kalah sigapnya juga, para ahli juga melakukan berbagai pengujian terhadap beras yang diduga terbuat dari bahan plastik yang sedang beredar tersebut.

Cara Kenali Beras Plastik

Melihat hebohnya berita tentang beras plastik, tentunya Anda tidak boleh hanya tinggal diam dan duduk tenang. Anda bisa ikut serta mengenali bentuk beras sintetis yang dioplos dengan biji plastik agar tidak tekena dampaknya. Beginilah cara mengenali beras plastik menurut Asmo Wahyu, seorang pakar kimia dari Universitas Indonesia. (Baca Juga: Cegah Kecemasan Anda Dengan Miliki Asuransi Kesehatan)

#1: Bentuk

Dari tampilan luarnya, Anda bisa melihat perbedaan antara beras asli dan plastik. Beras asli memiliki guratan bekas sekam padi sedangkan yang sintetis tidak memilikinya. Selain guratan bekas sekam padi, Anda juga bisa melihat dari bentuk bulirnya. Padi asli bulirnya berbentuk panjang lonjong sedangkan yang sintetis agak bulat.

#2: Rasa dan aroma

Untuk rasanya sendiri, beras plastik sangat hambar dan tidak berasa alias tawar. Sedangkan beras asli memiliki rasa dasar manis karena memiliki kandungan gula alami. Untuk aroma yang dikeluarkan, beras plastik mengeluarkan bau khas bahan kima yang sangit dan menyengat. Namun untuk beras asli mengeluarkan aroma yang menggugah selera bagi siapapun yang menciumnya.(Baca Juga: Beras Plastik Beredar, Apa Tindakan Anda?)

#3: Ketika direndam

Ketika dilakukan perendaman terhadap beras asli dan juga sintetis juga ditemukan perbedaan yang mencolok di antara keduanya. Beras asli apabila sudah melaui proses perendaman akan memiliki warna lebih putih dari sebelumnya. Sedangkan untuk beras plastik warnanya tidak akan berubah begitu pula dengan air rendamannya.

Itulah cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengenali beras plastik yang bisa mengancam kesehatan. Nah, sebagai tindakan preventif untuk menjaga dan melindungi kesehatan Anda dan keluarga, tak ada salahnya untuk memiliki asuransi kesehatan. Jika nantinya dibutuhkan biaya besar untuk berobat, asuransi kesehatan siap memproteksi Anda dan orang-orang tercinta.


Artikel Terkait:

#Ini Alasan Hasil Tes Beras Plastik di Bekasi Bisa Berbeda 
#Mensos Jamin Raskin Bebas dari Beras Plastik

 

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda