Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Kemenkes RI Wajibkan Restoran Cantumkan Kandungan GGL | Pasarpolis Blog

Kemenkes RI Wajibkan Restoran Cantumkan Kandungan GGL

 by pasarpolis |  2015-05-29 15:09:29

 

Kementrian Kesehatan RI mewajibkan restoran siap saji untuk mencantumkan kandungan gula, garam, dan lemak atau GGL mulai 2016 nanti. Hal ini berdasarkan Peraturan menteri Kesehatan Nomor 30 Tahun 2013 tentang Pencantuman Informasi Kandungan Gula, Garam, dan Lemak serta pesan Kesehatan untuk Pangan Olahan dan Pangan Siap Saji.

Penerapan peraturan ini bertujuan untuk menurunkan kasus penyakit tidak menular di Indonesia, seperti hipertensi, jantung, stroke, dan diabetes. Penyakit tidak menular tersebut kebanyakan dipengaruhi oleh konsumsi GGL secara berlebihan.

Penetapan peraturan tersebut juga mewajibkan restoran mencantumkan pesan kesahatan di buku menu, brosur, maupun media lain yang berisi tulisan, “Konsumsi gula lebih dari 50 gram, natrium lebih dari 2.000 miligram, atau lemak total lebih dari 67 gram per orang berisiko hipertensi, stroke, diabetes, dan serangan jantung”.

(Baca Juga : Tips Cerdas Sebelum Memilih dan Membeli Produk Asuransi Terbaik)

Pesan kesehatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia mengenai pola makan sehat dan menurunkan kasus penyakit tidak menular.

Bahkan beberapa waktu lalu, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta memberikan sertifikasi kepada rumah makan yang sudah membatasi kandungan GGL dalam menu masakannya. Rumah makan yang tersertifikasi akan masuk ke google maps sehingga memudahkan masyarakat menemukan menu makanan sehat.

Yusra Egayanti, Ketua Subdirektorat Standarisai Pangan Khusu BPOM RI, juga menghimbau masyarakat Indonesia untuk mengatur asupan GGL keluarga, terutama anak.

“Orangtua harus bisa membaca label kemasan makanan dengan hati-hati untuk menghindari gula dan garam tambahan pada makanan kemasan atau cepat saji untuk anak,” ujar Yusra di Kantor Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

Hipertensi sendiri merupakan salah satu penyebab utama kematian di Indonesia. Dalam jumlah berlebihan, kandungan natrium yang terdapat dalam garam dapat meningkatkan hipertensi yang berakibat stroke.

Pentingnya Asuransi Kesehatan

Sebelum penyakit ini menghinggapi tubuh Anda, sebaiknya segera atur pola makan dan daftarkan diri untuk asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan mungkin tidak Anda butuhkan saat ini, namun akan sangat membantu untuk kemudahan berobat ketika Anda jatuh sakit. Untuk menentukan asuransi kesehatan yang cocok bagi Anda, kunjungi website PasarPolis. PasarPolis menyediakan berbagai asuransi kesehatan yang dapat Anda bandingkan dan Anda pilih sesuai kebutuhan.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda