Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Kemacetan Menjelang Buka Puasa | Pasarpolis Blog

Kemacetan Menjelang Buka Puasa

 by pasarpolis |  2016-06-09 07:19:10

Kemacetan menjelang buka puasa menjadi pemandangan rutin yang unik tiap Ramadhan. Ribuan pengguna jalan berebut cepat sampai di rumah.  Sayangnya, hal ini berisiko menyebabkan kecelakaan

Fajar (29), adalah salah satu yang pernah menjadi korban kecelakaan tunggal saat berkendara motor dengan terburu-buru karena mengejar berbuka di rumah. Emosi karena kemacetan, ditambah lapar dan haus, menjadi kombinasi yang menyebabkannya tak pikir panjang ketika berusaha menyalip lewat jalur kiri. Trotoar dinaiki dan terpeleset. Dia jatuh kepalanya membentur trotoar, lalu tertimpa motornya sendiri. Sehingga terpaksa harus diangkut ke rumah sakit.  Apa yang terjadi pada Fajar, bisa terjadi pada Anda. Kemacetan bisa menjadi penyebab terjadinya kecelakaan.

Kompleksnya masalah kemacetan

Penyebab kemacetan lalu-lintas di kota-kota besar di Indonesia sangatlah kompleks. Selain jumlah kendaraan pribadi yang terus bertambah, angkutan massal belum mencukupi, dan luas jalan masih kurang, banyak pusat perbelanjaan, pasar, dan kendaraan yang keluar masuk gedung juga menjadi  faktor penyebab kemacetan lalu lintas. Plus, kondisi jalan rusak terutama di daerah-daerah yang bukan jalan utama turut menyumbang kemacetan di Indonesia. Sampai saat ini, belum ada cara mengatasi kemacetan lalu-lintas, terutama di kota- kota besar,  yang bisa dikatakan mumpuni.

Kemacetan paling parah terjadi pada jam-jam pergi dan pulang kerja pada pukul lima hingga delapan malam. Namun, pada bulan puasa, waktu kemacetan bergeser dari mulai pukul empat sore hingga menjelang buka puasa. Pada saat ini, banyak orang tergesa-gesa untuk mengejar waktu berbuka di rumah. Walhasil, tak jarang berkendara jadi agak teledor sehingga rentan kecelakaan. Satu lagi penyebab kemacetan yang sering terjadi adalah faktor human error atau kesalahan manusia.

Agar kejadian yang dialami Fajar tak Anda alami, jika memang kondisi tidak memungkinkan untuk menembus kemacetan dengan aman untuk segera tiba di rumah, ada baiknya Anda memertimbangkan untuk membatalkan puasa di jam berbuka di kendaraan atau di kantor.

Siapkan minuman dan makanan ringan untuk membatalkan puasa agar tidak perlu repot membeli makanan lagi di luar.

Pulanglah dengan hati-hati setelah jalan sudah berkurang kepadatannya. Sebelumnya, pantaulah info kemacetan lalu lintas lewat radio atau media sosial TMC Polda Metro Jaya. Jalan yang lebih lengang akan membuat  perjalanan Anda juga menjadi lebih nyaman dan aman.

Lindungi diri

Meski sudah berhati-hati, terkadang kecelakaan tak juga bisa dihindari. Anda mungkin merasa sudah sangat berhati-hati, namun bila pengguna jalan yang lain tidak melakukan hal yang sama, kecelakaan masih bisa saja terjadi.  Apalagi bila kondisi jalan sangat padat, risiko bersenggolan kendaraan di antara sesama pengguna jalan, sangat mungkin terjadi.

Kalau pun kendaraan Anda tidak ‘disentuh’ atau ‘menyentuh’ kendaraan lain, masih sangat mungkin terjadi kecelakaan bila kondisi jalan buruk, dan faktor lain yang kadang kala tidak bisa kita duga sebelumnya. Seperti yang dialami oleh Fajar.

Beruntung Fajar menyadari pentingnya memiliki asuransi kecelakaan. Ke manapun Fajar pergi, kartu asuransi selalu dibawanya sehingga proses pengurusan administrasi rumah sakit berjalan lancar dan mudah. Fajar bisa langsung dirawat tanpa menunggu lama. Begitupun dengan pembiayaan medis berupa jasa dokter, tindakan medis dan obat, semua ditanggung asuransi kecelakaan yang dimilikinya.

Asuransi kecelakaan adalah sebuah asuransi yang memberi perlindungan kepada pemegang polis terhadap bahaya atau risiko kecelakaan yang menyebabkan kematian, cacat tetap, cacat sementara, biaya perawatan dokter dan pengobatan (medical treatment expenses).

Jadi, selain perlu melindungi diri dengan selalu berhati-hati ketika berada di jalan raya, memiliki asuransi kecelakaan juga diperlukan untuk mengantisipasi risiko terburuk di jalan.  

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda