Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Kanker Nasofaring Penyebab dan Cara Mencegahnya | Pasarpolis Blog

Kanker Nasofaring Penyebab dan Cara Mencegahnya

 by pasarpolis |  2016-05-31 08:30:03

Kanker Nasofaring atau KNF (Karsinoma Naso Faring) adalah salah satu  jenis kanker yang menyerang rongga belakang hidung dan belakang langit-langit rongga mulut. Penyebab kanker nasofaring belum diketahui dengan pasti. Pasarpolis akan membahas lebih dalam tentang Kanker Nasofaring atau KNF agar Anda lebih tau tentang jenis penyakit ini sehingga Anda bisa lebih waspada.

Apa Penyabab Kanker Nasofaring ?

1. Virus Epstein-Barr

Kanker Nasofaring sering dikaitkan dengan Virus Epstein-Barr, Epstein - Barr (EBV). EBV adalah virus yang paling umum menyerang manusia. Infeksi dengan EBV umum terjadi selama masa kanak-kanak dan menyebabkan gejala sangat ringan. Namun, jika seseorang mengembangkan infeksi EBV selama pemuda atau dewasa muda, gejala demam kelenjar mungkin terlihat. EBV menyerang dua jenis sel dalam tubuh termasuk sel kelenjar liur dan sel darah putih yang diketahui sebagai limfosit B (sel B).

2. Bahan kimia/ dan tembakau

Kanker Nasofaring juga bisa disebabkan oleh konsumsi bahan kimia dan tembakau yang berlebih, untuk menghindari resiko terkena KNF Anda sebaiknya mengurangi atau menghindari konsumsi tembakau.

3. Terlalu Sering Menghirup Asap & gas rumah tangga

Orang yang sering menghirup asap dan gas akan beresiko terjangkit kanker nasofaring, Anda disarankan menggunakan Masker jika ingin berpergian atau ketika Anda memasak.

4. Pekerjaan yang sering terpapar gas dan bahan kimia industri

untuk Anda yang bekerja yang berhubungan dengan bahan-bahan kimia berbahaya, asap, dan debu. Anda disarankan untuk menggunakan masker.

Bagaimana Cara Mencegah Kanker Nasofaring ?

Pencegahan KNF adalah dengan cara mengurangi konsumsi makanan yang diawetkan, difermentasi, dan ikan asin. Memakai masker jika pekerjaan bersentuhan dengan gas, asap, serbuk, debu,  tidak merokok , konsumsi meminum teh hijau juga bisa meningkatkan pencegahan kanker karena teh hijau kaya akan polifenol, banyak meminum air putih setiap hari sebagai detoksifikasi, dan konsumsi brokoli, bawang putih, apel, buah delima, kacang-kacangan, ikan, buah dan sayuran 'orange' seperti jeruk, tomat, dan wortel.

Pengobatan Kanker Nasofaring

Jika sudah terlanjur terkena Penyakit KNF, ada tiga jenis rekomendasi pengobatan yang terdiri atas radioterapi, kemoterapi, dan kombinasi keduanya. Radioterapi atau disebut juga terapi radiasi adalah terapi menggunakan radiasi yang bersumber dari energi radioaktif. Cukup banyak dari penderita kanker yang berobat ke rumah sakit menerima terapi radiasi. Kadang radiasi yang diterima merupakan terapi tunggal, kadang dikombinasikan dengan kemoterapi  dan/atau operasi pembedahan. Tidak jarang pula seorang penderita kanker menerima lebih dari satu jenis radiasi. Pengobatan radioterapi bersifat lokal, namun untuk kasus tumor dengan ukuran besar, sebaiknya didahului dengan kemoterapi untuk mengecilkan tumor. Apabila pada tumor ukuran besar dilakukan penyinaran maka daerah tengah tumor dapat terjadi hipoksia (kekurangan oksigen) sehingga kanker mudah berkembang dan daerah tersebut menjadi resisten terhadap radioterapi.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda