Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Jumlah Urin Anda Sedikit? Kenali Faktor Penyebabnya! | Pasarpolis Blog

Jumlah Urin Anda Sedikit? Kenali Faktor Penyebabnya!

 by pasarpolis |  2015-05-28 10:17:37

 

Apakah akhir-akhir ini Anda kerap mengalami volume urin yang lebih sedikit daripada biasanya? Hati-hati, karena hal ini bisa menandakan bahwa di dalam tubuh Anda tengah terjadi gangguan sistem metabolisme atau kerusakan organ tubuh.

Staff Departemen Urologi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), dr. Harrina E. Rahardjo, SpU, PhD menuturkan bahwa jumlah volume urin normal yang seharusnya diproduksi oleh seseorang adalah sekitar 2.000 sentimeter kubik (cc) atau tepatnya 1-2 cc per kilogram berat badan per jam.

Nah, bila seseorang mengeluarkan urin dengan jumlah di bawah rumus tersebut, bisa jadi orang tersebut dikategorikan memiliki sedikit urin. Penyebabnya pun bisa sangat beragam. Namun, secara umum ada tiga penyebab sedikitnya volume urin yang keluar.

Faktor pertama adalah terjadinya prerenal yang makna produksi urin seseorang sedikit karena minumnya juga sedikit. Bila dibiarkan berlarut-larut, kondisi ini bisa menimbulkan risiko dehidrasi yang mengakibatkan pusing, jantung berdebar kencang, dan mulut kering.

Faktor kedua adalah renal yang mana sedikitnya urin terjadi karena orang tersebut menderita penyakit diabetes dan mengalami fungsi ginjal yang memburuk. Sementara itu, untuk faktor postrenal, sedikitnya produksi urin terjadi karena penderita memiliki penyumbatan batu pada saluran kencing sehingga urin terhambat untuk ke luar.

Masalah pada sedikitnya produksi urin akibat gangguan fungsi ginjal maupun kencing batu ini memang kerap menyiksa. Dalam kasus kerusakan ginjal yang parah, penderita biasanya dianjurkan untuk melakukan operasi atau cuci darah yang biayanya tergolong mahal.

Pentingnya Asuransi Kesehatan

Itulah mengapa Anda perlu melakukan menyisihkan dana khusus setiap bulannya guna melakukan investasi jangka panjang pada kesehatan. Anda bisa memilih untuk bergabung bersama asuransi terbaik di Indonesia yang ada di situs pasarpolis.com.

(Baca Juga : Apakah Orang Kaya Perlu Pakai BPJS?)

Di sini, Anda bisa menemukan produk asuransi kesehatan yang menawarkan berbagai kemudahan. Proses kepemilikan asuransi di PasarPolis dilakukan tanpa melibatkan agen dan ditawarkan dengan harga premi yang jauh lebih murah. Bila Anda bisa berinvestasi pada kesehatan untuk jangka panjang, mengapa tak dimulai menyisihkan dana dari sekarang?

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda