Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Jalur Mudik Dilarang untuk Truk Mulai H-5 Hingga H-3 Lebaran | Pasarpolis Blog

Jalur Mudik Dilarang untuk Truk Mulai H-5 Hingga H-3 Lebaran

 by pasarpolis |  2015-06-09 11:35:51

 

Mendekati bulan puasa, wacana lalu lintas saat lebaran sudah muncul. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberlakukan larangan melintasi jalur mudik khusus untuk truk pada H-5 hingga H+3. Berdasarkan prediksi lebaran 2015 ini, hari itu akan jatuh pada tanggal 12 sampai 21 Juli 2015.

Walaupun diberlakukan larangan melintas untuk truk, namun ada pengecualian bagi truk atau angkutan yang mengangkut bahan-bahan untuk kebutuhan pokok. Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan mengatakan hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar ketersediaan pangan tetap terjaga menjelang lebaran.

Jonan menuturkan bahwa truk dilarang beroperasi pada H-5 hingga H+3, dan ditambah satu hari sehingga jatuh pada tanggal 12 sampai 21 Juli. Sama seperti tahun lalu, tetap berlaku pengecualian bagi angkutan bahan kebutuhan pokok.

Segera setelah peraturan ini ditetapkan, Jonan langsung meminta seluruh jajarannya melakukan inspeksi keselamatan. Pemeriksaan penggunaan narkoba oleh sopir bus, truk, nahkoda dan pilot menjadi salah satu yang terpenting dan wajib dilakukan.

Jonan sangat memperhatikan keselamatan masyarakat dalam momen mudik lebaran kali ini. Menurutnya segala hal yang menyangkut keselaman harus diutamakan.  Ia berkata untuk safety harus disiapkan mulai sekarang. Jika kondisi sebuah pesawat tidak aman dan tak boleh terbang, maka pesawat tersebut akan dilarang terbang, Jonan menegaskan.

Untuk lalu lintas sendiri juga sudah disiapkan mulai sekarang. Berdasarkan penuturan Kepala Korps Lalu Lintas Mabes Polri Irjen Condro Kirono, operasi pengamanan lalu lintas lebaran 2015 akan dimulai pada 10 hingga 27 Juli 2015. Untuk menjamin keamanan, Polri juga sudah melakukan koordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera).

(Baca Juga : Mau Mudik Nyaman? Andalkan 3 Aplikasi Google Ini)

Hal ini dilakukan untuk menjaga dan mengatur lalu lintas truk pada saat lebaran. Diharapkan pengamanan tahun ini bisa lebih baik dari tahun lalu, dan truk bisa melintas lebih awal. Jika ingin mudik pada lebaran kali ini, ada baiknya percayakan keselamatan pada jasa asuransi kendaraan agar mendapat perlindungan penuh untuk kemanan dan kenyamanan berkendara.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda