Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Istilah Asuransi Yang Wajib Anda Ketahui | Pasarpolis Blog

Istilah Asuransi Yang Wajib Anda Ketahui

 by pasarpolis |  2016-07-17 15:18:40

Pertama-tama kita harus memahami apa itu asuransi, dari informasi yang tertulis di wikipediaasuransi merupakan istilah yang mengarah pada tindakan, sistem, atau bisnis di mana produknya adalah perlindungan finansial (atau ganti rugi secara finansial) untuk perlindungan jiwa, properti, kesehatan dan lain sebagainya mendapatkan uang/barang pengganti dari kejadian-kejadian yang tidak terduga yang dapat terjadi seperti kematian, kehilangan, kerusakan atau sakit, di mana melibatkan pembayaran premi secara teratur dalam jangka waktu tertentu sebagai ganti polis asuransi yang menjamin perlindungan tersebut.

#1 Penanggung

Penanggung merupakan istilah dalam dunia asuransi yang mengacu pada perusahaan asuransi yang menanggung resiko sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

#2 Pemegang polis

Pemegang polis adalah istilah asuransi yang mengacu pada seseorang atau badan yang melakukan perjanjian dengan penanggung. Pemegang polis, berkewajiban membayar premi asuransi sesuai dengan perjanjian.

#3 Polis

Surat perjanjian yang berisi kontrak pertanggungan antara penanggung dengan pemegang polis. Biasanya polis didapatkan ketika pemegang polis sudah melakukan pembayaran ke pihak penanggung .

#4 Tertanggung

Istilah asuransi yang mengacu pada orang atau pihak yang pada dirinya lah diadakan perjanjian pertanggungan asuransi.

#5 Ahli waris

Menurut kamus asuransi merupakan orang yang ditunjuk oleh tertanggung dan berhak menerima keuntungan asuransi jiwa ketika tertanggung meninggal dunia.

#6 Uang pertanggungan

Menurut kamus asuransi uang pertanggungan adalah sejumlah uang yang nilainya telah disepakati dalam polis apabila dalam masa kontrak terjadi sesuatu pada tertanggung. Ketika tertanggung meninggal, uang tersebut diserahkan ahli warisnya. Uang Pertangggungan yang tercantum pada halaman polis akan diberikan apabila terjadi kematian atau kondisi polis lain sesuai dengan perjanjian dan dibayarkan pada saat masa pertanggungan berakhir sesuai dengan macam asuransi yang diambil. Tidak termasuk jumlah tambahan yang akan dibayarkan untuk ketentuan khusus lainnya.

#7 Premi

Dalam istilah asuransi premi adalah uang yang diberikan kepada penanggung oleh pemegang polis sesuai dengan perjanjian kontrak. Polis adalah perjanjian asuransi antara penanggung dengan pemegang polis serta dokumen lain yang merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dengan perjanjian asuransi tersebut. Polis asuransi sering pula disebut sebagai kontrak polis.

#8 Klaim

Dalam istilah asuransi klaim dapat diartikan sebagai permintaan atau tuntunan pembayaran manfaat sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam polis asuransi. Biasanya klaim asuransi yang  diajukan akan ditinjau oleh perusahaan untuk validitasnya terlebih dahulu lalu kemudian dibayarkan kepada pihak tertanggung setelah disetujui.

#9 Nilai tunai/nilai tebus

Sejumlah uang yang akan diberikan kepada tertanggung oleh penanggung jika dalam masa kontrak tertanggung mengundurkan diri.

#10 Manfaat asuransi

Sejumlah uang yang akan dibayarkan oleh penanggung kepada tertanggung jika semua syarat terpenuhi dan sesuai dengan perjanjian.

#11 Bonus

Menurut kamus asuransi bonus adalah tambahan sejumlah uang selain yang dialokasikan penanggung untuk keuntungan pemegang polis atau tertanggung.

#12 Polis Kadaluwarsa

Polis Kadaluwarsa adalah kondisi dimana hilangnya jaminan perlindungan polis karena pembayaran premi terhenti atau melebihi Masa Keleluasaan Pembayaran.

#13 Lapse Notification 

Menurut kamus asuransi lapse notification adalah pemberitahuan yang diberikan secara tertulis dari Penanggung kepada Pemegang Polis bahwa polisnya lapse.

#14 Aktuaris

Dalam istilah asuransi aktuaris merupakan sebutan untuk seseorang yang secara profesional sudah menjalani pelatihan dalam berbagai aspek teknis dalam dunia asuransi. Aktuaris mempunyai tanggung jawab untuk memperkirakan berapa besaran dana yang diperlukan dalam bentuk premi atau iuran pensiun untuk pembayaran jangka panjang. Aktuaria adalah unit kerja tempat para aktuaris bekerja.

#15 Ketentuan Polis

Ketentuan Polis adalah pernyataan-pernyataan yang terdapat dalam polis asuransi,di dalamnya menerangkan tata cara dan syarat-syarat kontak pertanggungan asuransi.

#16 SPPA

Surat Permintaan Penutupan Asuransi, surat yang diajukan oleh tertanggung kepada penanggung untuk menanggung pertangungan sesuai Polis.

#17 Underwriting 

Proses underwriting menurut istilah asuransi, underwriting adalah proses dalam menaksir nilai mortalitas atau morbiditas calon tertanggung untuk menentukan apakah akan menerima atau menolak calon peserta dan menentukan klasifikasi peserta. Mortalitas sendiri adalah jumlah kejadian meninggal relatif di antara sekelompok orang tertentu, sedang morbiditas menurut istilah asuansi adalah jumlah kejadian relative sakit atau penyakit di antara sekelompok orang tertentu.

#18 Asuransi berjangka

Menurut istilah asuransi, asuransi berjangka adalah polis asuransi dimana masa pertanggungan hanya untuk periode tertentu atau tidak seumur hidup.                  

#19 Asuransi seumur hidup atau whole life insurance

Menurut kamus asuransi, asuransi seumur hidup adalah polis asuransi yang memiliki masa pertanggungan seumur hidup, asuransi jenis ini sering disebut sebagai asuransi permanen atau whole life insurance.

#20 Kebijakan Polis Premi Regular

Suatu polis yang siklus pembayaran premi dailakukan secara berkala, contohnya, setiap bulan, setiap empat bulan sekali, setiap enam bulan sekali atau bahkan tahunan.

#21 Program Asuransi Jiwa Menyeluruh

Program asuransi yang menawarkan proteksi/perlindungan seumur hidup terhadap kematian atau, apabila dapat diterapkan, cacat total dan permanen, kepada Tertanggung.

Setelah membaca berbagai macam istilah asuransi diatas bagaimana menurut Anda, apakah artikel ini membantu Anda dalam memahami lebih dalam tentang Asuransi?, semoga saja bisa membantu Anda, dan jika Anda mencari polis asuransi yang sesuai untuk Anda, Anda bisa mengunjungi halaman pasarpolis.com , karena pasarpolis menyediakan berbagai macam produk asuransi terbaik di Indonesia, dan hebatnya lagi produk-produk terbaik tersebut bisa Anda bandingkan langsung di halaman pasarpolis.

Baca Juga : Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik Untuk Anda dan Keluarga

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda