Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Ini Mobil-Mobil Favorit Incaran Para Maling Mobil | Pasarpolis Blog

Ini Mobil-Mobil Favorit Incaran Para Maling Mobil

 by pasarpolis |  2015-11-23 02:26:29

Khususnya kendaraan bermotor dalam jenis mobil, berdasarkan data dari Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, kasus pencurian mobil daru tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Pada tahun 2013, terjadi 966 kasus pencurian yang dapat dikatakan naik 38 kasus dari 828 laporan yang diterima pada tahun 2012 lalu. Dan, jumlah tersebut mengalami peningkatan di tahun 2014 sampai tahun 2015 ini.

Tidak hanya di Indonesia saja, di berbagai negara di dunia, bahkan di negara-negara maju seperti Inggris atau Amerika Serikat, aksi kriminal pencurian mobil juga bukan menjadi satu hal yang aneh karena pencurian kendaraan roda empat di sana juga tergolong tinggi.

Berdasarkan catatan kepolisian di Inggris, khususnya di untuk Kota London, para pencuri lebih menyukai untuk menggasak mobil-mobil yang dilengkapi dengan teknologi keyless atau tanpa kunci. Rata-rata para pencuri melakukan peretasan pada sistem electronic ignition yang tertanam pada mobil dan ketika berhasil membongkarnya, maka dengan cepat mereka akan membawanya pergi ke suatu tempat.

(Baca juga: Hukum Asuransi di Indonesia)

Lain lagi dengan di Inggris, di Amerika Serikat , mnurut data lansiran dari Badan Asuransi Kriminal Amerika (NCIB), para pencuri lebih senang mengintai mobil-mobil kelas rumahan atau mobil keluarga daripada mengincar mobil sport atau mobil mewah. Hal ini disebabkan karena para pencuri kesulitan untuk membongkar teknologi keamanan yang ada di dalam mobil-mobil mahal tersebut.

Di tahun 2014 lalu, NICB merilis 10 jenis mobil yang menjadi target utama para kriminal. Dari ke-10 jenis mobil tersebut, 5 di antaranya adalah mobil jenis baru dan 5 lainnya adalah keluaran lama. Berikut daftarnya.

Kategori mobil baru:

  • Honda Accord (53.995 unit)
  • Honda Civic (45.001 unit)
  • Chevrolet Silverado (27.809 unit)
  • Ford F-150 (26.494 unit)
  • Toyota Camry (14.420 unit)

Kategori mobil lama:

  • Nissan Altima (810 unit)
  • Ford Fusion (793 unit)
  • Ford F – 150 (775 unit)
  • Toyota Corolla (669 unit)
  • Chevrolet Impala (654 unit)

Selain ke-10 kendaraan tersebut, dari lansiran berbagai media juga menyebutkan bahwa ada merk kendaraan lain yang menjadi favorit para maling, yaitu BMW, Land Rover, , Mercedes Benz, Honda Torneo, Chevrolet Cobalt, Mazda Familia, Subaru Impreza, Mitsubishi Libero, Nissan Safari, Honda Integra, Subaru Forester, Nissan Stagea, Mazda Atenza dan Mazda Premacy.

(Baca juga: 7 Prinsip Asuransi yang Berfungsi Guna Memperlancar Industri Jasa Proteksi dan Pertanggungan)

Dengan jumlah unit mobil yang dicuri baik yang masuk kategori baru maupun lama, pihak NCIB mengatakan bahwa tingkat kerugian yang diderita secara keseluruhan mencapai USD 4 miliar atau sekitar Rp 55 triliun lebih, per tahunnya.

Selain akan bekerja sama dengan pihak kepolisian, NICB akan merusaha mengidentifikasi akar kejahatan dari sindikat pencurian mobil tersebut. Pihak NICB juga berharap agar para produsen mobil dapat melakukan pembenahan diri dengan menambahkan, mengembangkan atau menciptakan fitur anti-maling yang lebih canggih dan susah untuk dirusak oleh para pelaku tindak kejahatan. Hal tersebut difungsikan agar para konsumen tidak perlu merasa khawatir akan tindak kriminal semacam ini atau takut dan was-was terhadap aksi pencurian mobil.

Tidak hanya itu saja, diharapkan pula kepada para konsumen untuk lebih memperhatikan sisi keamanan kendaraan yang mereka miliki dengan selalu memberikan pemeriksaan teratur terhadap setiap sistem dan komponen yang ada di dalam mobilnya, serta menambahkan alat-alat pengamanan lain secara individu untuk dapat meminimalisir risiko terjadinya tindak pencurian kendaraan bermotor.

Mengasuransikan kendaraan atau mobil yang dimiliki juga merupakan salah satu langkah preventif yang tidak hanya dapat melindungi obyek dari risiko pencurian, melainkan juga terhadap segala hal yang dapat membuat kendaraan rusak.

[DAS]

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda