Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Ini Dia Alur Registrasi Online BPJS Kesehatan | Pasarpolis Blog

Ini Dia Alur Registrasi Online BPJS Kesehatan

 by pasarpolis |  2015-06-03 04:42:11

Sesuai perintah undang-undang, setiap warga negara Indonesia mempunyai kewajiban untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan. Meskipun hingga saat ini belum ada kejelasan mengenai sanksi yang akan didapat jikatidak mendaftar, tidak ada salahnya kita segera mendaftar. Selain menaati peraturan undang-undang, menjadi peserta BPJS Ksehatan yang merupakan asuransi kesehatan nasional akan mempermudah kita saat berobat.

Pendaftaran peserta BPJS bisa dilakukan secara kolektif melalui perusahaan atau tempat kerja maupun mandiri yang dilakukan perseorangan. Pendaftaran kolektif akan diurus perusahaan melalui HRD atau personalia, karyawan atau pendaftar hanya terima jadi kartu BPSJ kesehatan sebagai asuransi kesehatan yang dapat digunakan di banyak Rumah Sakit di Indoneseia.

Pendaftaran peserta mandiri yang diatur dalam Peraturan BPJS Kesehatan No.4 Tahun 2014, menyebutkan bahwa pendaftaran peserta mandiri dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu:

  • kantor cabang sesuai dengan daerah tempat calon peserta berdomisili;
  • situs BPJS Kesehatan;
  • Bank dan/atau pihak lain yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan

Namun bagaimana jika Anda harus mendaftar mandiri dan tidak punya waktu untuk datang ke kantor BPJS? Registrasi BPJS Kesehatan Online solusinya. Registrasi online memungkinkan Anda untuk mengisi formulir BPJS Kesehatan tanpa harus datang ke kantor BPJS. Meskipun terdengar mudah, Anda perlu menyiapkan beberapa hal untuk mendaftar secara online. Berikut tipsnya.

Tips#1: Dokumen Wajib

Untuk mendaftar BPJS Kesehatan diperlukan sejumlah dokumen wajib sebagai persyaratan. Jadi persiapkan terlebih dahulu dokumen berikut:

  • NIK yang tercantum di e-KTP atau Kartu Keluarga (KK)
  • KITAP/KITAS atau paspor untuk warga negara asing
  • Rekening bank yang menerima pembayaran BPJS Kesehatan, yaitu BNI, Mandiri, dan BRI.
  • Nomor HP dan alamat surel (email)
  • Menetukan Fasilitas Tingkat Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) atau Faskes I. sebaiknya pilih FKTP yang lengkap dan mudah diakses oleh peserta.

Tips#2: Situs BPJS Kesehatan

Pendaftaran dapat dilakukan melalui website BPJS Kesehatan dengan alamat http://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-online/. Halaman awal website ini merupakan syarat dan ketentuan pendaftaran peserta BPJS Kesehatan. Di halaman ini anda diminta untuk mencentang pernyataan setuju agar dapat melanjutkan kehalaman selanjutnya. Di halaman selanjutnya Anda harus memasukkan data yang diminta sesuai dengan data pada KK. Begitu pula halaman selanjutnya yang merupakan formulir yang wajib Anda lengkapi.

Tips#3: Pengisian Data

Setalah mengisi formulir anggota keluarga, selanjutnya dilakukan pengisisan Formulir Daftar Isian Peserta (FDIP), sebagai berikut:

  • Mengisi NIK yang tercantum pada e-KTP atau KK bagi WNI
  • Mengisi Nomer KITAP/KITAS dan Paspor bagi WNA
  • Memilih Fasilitas Tingkat Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP)
  • Memilih Kelas Perawatan
  • Mengisi alamat korespondensi, jika alamat tidak sesuai dengan KTP
  • Mengisi nomer rekening

Tips#4: Penerbitan Virtual Account dan Kartu Peserta

Jika semua data yang dimasukkan sudah dinyatakan valid, BPJS akan menerbitkan Virtual Account. Pendaftar wajib melakukan pembayaran ke Virtual Account tersebut. Nomor Virtual Account tersebut juga akan digunakan untuk pembayaran iuran selanjutnya.

Setelah pendaftar membayar iuran pertama BPJS akan menerbitkan kartu peserta. Kartu peserta yang diterbitkan baru dapat digunakan 7 hari setelah pembayaran pertama.

Kurang lebih begitulah tata cara pendaftaran online, mudah bukan? Jadi jangan ragu lagi untuk mendaftarakan diri dan keluarga sebagai peserta BPJS Kesehatan. Selain mudah, BPJS Kesehatan juga merupakan asuransi kesehatan yang disediakan negara.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda