Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Ini Dia 6 Kondisi yang Tercover Asuransi Perjalanan | Pasarpolis Blog

Ini Dia 6 Kondisi yang Tercover Asuransi Perjalanan

 by pasarpolis |  2015-04-08 02:24:43


Musibah dapat terjadi kapan saja termasuk saat perjalanan, tidak peduli meski seseorang sedang berada dalam ‘zona aman’ atau tidak. Manusia juga tidak dapat menebak kapan terjadinya musibah, kecelakaan, kesialan, atau kematian.

Oleh karena itu, melindungi diri Anda dan orang-orang tercinta melalui berbagai produk asuransi merupakan salah satu pilihan yang tepat. Di antara beragam produk asuransi yang ada, salah satu jenis yang sering dilupakan adalah Travel Insurance alias asuransi perjalanan. Asuransi ini akan meng-cover segala kerugian yang Anda alami saat sedang bepergian.

Bedanya dengan jenis asuransi lain, Tracel Insurance lebih terfokus pada coverage kerugian yang Anda alami akibat berbagai masalah tak terduga saat melakukan perjalanan, seperti berikut ini:

Kondisi#1: Pembatalan tiket perjalanan

Menjadi hal yang sangat menjengkelkan ketika terjadi pembatalan perjalanan padahal Anda sedang diburu waktu dan harus menghadiri suatu acara penting. Bukan hanya rugi waktu, namun Anda juga akan mengalami kerugian waktu dan kesempatan. (Baca Juga : Kenali Dulu dengan Baik, Sebelum Miliki Produk Asuransi)

Bayangkan saja, janji bisnis dengan klien penting bisa berantakan hanya gara-gara penerbangan yang seharusnya mengantar Anda ke tempat tujuan tiba-tiba dibatalkan. Selain itu, imej perusahaan di depan klien pun tentu jadi memburuk.

Nah, apabila Anda memiliki asuransi yang men-cover kerugian akibat pembatalan perjalanan tersebut, maka ada sejumlah ganti rugi yang bisa didapatkan. Disebut dengan Trip Cancellation Insurance, nantinya coverage ini akan didasarkan pada beberapa klaim dari pihak penyedia jasa antara lain terjadinya pemogokan massal, cuaca buruk dan berbahaya sehingga tidak memungkinkan untuk melakukan perjalanan, kerusakan mesin, kerusakan area yang dituju, tempat ‘landing’ yang akan dikunjungi ditutup, atau melewati daerah sengketa dan perang.

Sedangkan alasan pembatalan dari pihak pemilik polis yang dapat diklaim antara lain orang yang bersangkutan mendadak sakit parah, meninggal dunia, harus berurusan dengan hukum, atau tertimpa musibah  seperti banjir dan kebakaran.

Pada umumnya, hasil klaim yang akan diterima oleh pemegang polis berupa penggantian tiket, namun ada kalanya juga berupa uang apabila ada kesepakatan dari kedua belah pihak. Perlu diingat pula bahwa setiap produk asuransi yang meng-cover pembatalan perjalanan ini memiliki batas waktu yang berbeda-beda. Ada yang hanya berdurasi beberapa jam saja sampai akhirnya klaim keluar, ada pula yang mengharuskan pemiliki polis menunggu sampai hitungan hari.

Kondisi#2: Rusak atau hilangnya barang pribadi dalam bagasi

Tidak semua perusahaan asuransi memiliki produk yang meng-cover kerugian terhadap rusak atau hilangnya barang yang disimpan dalam bagasi. Dan akan menjadi satu hal yang sangat mengecewakan apabila Anda mengalami hal tersebut, bukan? (Baca Juga : 4 Alasan Utama Anda Tak Boleh Sepelekan Asuransi)

Maka dari itu, pastikan Anda memilih asuransi yang memberikan perlindungan terhadap kondisi semacam ini atau biasa disebut sebagai Baggage Insurance.  Hal ini akan melindungi Anda dari risiko kerugian yang diakibatkan oleh kehilangan, kerusakan, atau hancurnya barang bawaan baik ketika sedang dalam perjalanan darat, laut, maupun udara.

Kondisi#3: Rusaknya barang yang dikirimkan melalui kapal laut

Ada pula jenis asuransi yang masuk dalam lingkup asuransi perjalanan yang dinamakan Marine Insurance. Asuransi jenis ini akan melindungi semua barang yang dikirimkan atau berada dalam kapal laut, kargo, dan sejenisnya.

Kondisi#4: Kehilangan data atau dokumen penting

Ada pula Loss Documents Insurance yang melindungi Anda dari kerugian akibat kehilangan dokumen penting dalam perjalanan. Dengan asuransi ini, Anda tak perlu mengeluarkan biaya lebih saat kehilangan dokumen-dokumen penting seperti surat berharga, data perusahaan, sampai dengan passport atau juga ID Card. (Baca Juga : Ini Dia Cakupan Proteksi Asuransi Properti yang Wajib Anda Tahu)

Klaim perlindungan terhadap dokumen ini dapat dilakukan apabila terjadinya kerusakan, kehilangan, atau bencana alam dan segala sesuatu di luar kemauan pemilik polis. Untuk melakukan klaim, Anda harus memiliki bukti yang kuat sebagai penunjangnya dan bagi perusahaan asuransi yang memiliki produk tersebut maksimal akan memberikan ganti rugi sampai dengan 60 hari ke depan.

Kondisi#5: Masalah kesehatan yang memburuk

Tidak ada yang dapat memprediksi kapan seseorang akan sakit. Tentunya akan sangat merepotkan apabila Anda sedang berada dalam perjalanan tiba-tiba harus melakukan pengobatan ataupun tindakan medis lainnya.

Oleh karena itu, dibutuhkannya asuransi yang dapat memberikan perlindungan ketika sakit terjadi secara tiba-tiba. Mayoritas perusahaan asuransi yang memiliki produk perlindungan kesehatan dalam perjalananan akan memberikan perawatan dan evakuasi medis termasuk penggantian biaya kesehatan dan rinciannya kepada pemilik polis. Dan perlindungan asuransi ini berlaku di semua negara atau tempat.

Kondisi#6: Pemulangan jenazah

Ketika pemilik polis mengalami suatu hal tak terduga yang menyebabkan kematian saat berada di kota atau negara lain, maka perusahaan asuransi akan memberikan coverage dengan mengurus pemulangan jenazah serta biayanya. (Baca Juga : Ini Alasan Anda Wajib Punya Asuransi Perjalanan)

Maka dari itu, tak perlu ragu lagi memiliki asuransi perjalanan yang akan memberikan coverage menyeluruh saat Anda melakukan traveling ke berbagai kota ataupun negara. Perjalanan pun akan jadi lebih nyaman dan menyenangkan!

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda