Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Ini Alasan Hasil Tes Beras Plastik di Bekasi Bisa Berbeda | Pasarpolis Blog

Ini Alasan Hasil Tes Beras Plastik di Bekasi Bisa Berbeda

 by pasarpolis |  2015-05-28 10:12:11

 

Beberapa waktu lalu, hasil uji laboratorium Sucofindo yang mengkonfirmasi adanya unsur beras plastik di Bekasi membuat warga menjadi gempar. Akan tetapi, kabar ini langsung dibantah oleh pihak Pemerintah berdasarkan uji laboratorium yang dilakukan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Lalu mengapa sampai bisa terjadi perbedaan hasil uji laboratorium? Kapolri Jenderal Badrodin Haiti menjelaskan bahwa perbedaan ini terjadi karena adanya ketidaksamaan interpretasi dari hasil analisis yang dikeluarkan.

Penuturan Badrodin Mengenai Beras Plastik

Saat ditemui di kantor Presiden pada tanggal 26 Mei kemarin, Badrodin menuturkan bahwa ada dua kemungkinan yang membuat adanya hasil uji laboratorium yang berbeda. Pertama, pihak Sucofindo menggunakan metode kualitatif. Hasil tes Sucofindo dilakukan tanpa dilakukan tanpa mengkonfirmasi adanya unsur plastik yang terkandung dalam sampel analisis.

Kedua, kemungkinan terjadi kontaminasi pada peralatan analisis yang digunakan dalam proses analisis sample. Atas perbedaan gasil uji ini, Badrodin mengaku bahwa dirinya akan mendiskusikan dengan peneliti lain.

Kepala BPOM Roy Sparingga menjelaskan bahwa pihaknya menggunakan baku untuk memvalidasi proses penelitian. BPOM pun menggunakan uji kesetaraan substansi antara beras normal dengan sampel tersebut.

Tak hanya itu, BPOM pun juga melakukan uji logam berat pada sampel yang diduga beras plastik. Namun, hasil tersebut tetap nihil. Tidak ada beda yang nyata antara beras sample dengan beras standar. BPOM juga sempat mencari data dari WHO apakah kasus beras plastik ini pernah ditemukan di negara lain dan hasilnya pun negatif.

Dengan demikian, BPOM menyimpulkan bahwa beras yang ditemukan di Bekasi bukanlah beras plastik karena tak mengandung syntetic polymer. Kini Anda pun dapat sedikit bernafas lega. Kendati demikian, waspada terhadap kesehatan tubuh tetaplah hal mutlak yang wajib diperhatikan.

(Baca Juga: Kenali Beras Sintetis dengan Cara Berikut!)

Itulah mengapa keberadaan asuransi kesehatan amat dibutuhkan untuk memberikan perlindungan utama pada diri dan keluarga Anda. Anda bisa mendapatkan premi asuransi kesehatan melalui kemudahan aplikasi yang diproses melalui sistem online dengan teknologi mutakhir dan aman di situs pasarpolis.com. Tunggu apa lagi, lakukan cek premi asuransi kesehatan sekarang juga.

Artikel Terkait:
#Mensos Jamin Raskin Bebas dari Beras Plastik
#UU Pangan untuk Tangkal Beras Plastik, Apakah Cukup? 

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda