Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Ini Alasan Anda Wajib Punya Asuransi Perjalanan | Pasarpolis Blog

Ini Alasan Anda Wajib Punya Asuransi Perjalanan

 by pasarpolis |  2015-04-08 02:18:26

 

Kecewa, marah, dan senewen, mungkin akan menghinggapi Anda ketika mengalami hal-hal yang tidak diinginkan saat melakukan suatu perjalanan. Hal ini disebabkan semua risiko perjalanan mulai dari yang sepele seperti pembatalan penerbangan sampai masalah besar seperti terserang penyakit atau terlibat masalah hukum, tidak dapat diterka sebelumnya.

Oleh karenanya, bagi Anda yang gemar bepergian atau memiliki bisnis sehingga harus mengunjungi suatu kota atau negara secara rutin, dianjurkan untuk membeli produk asuransi yang memberikan perlindungan menyeluruh. Produk asuransi yang dimaksud adalah Travel Insurance atau Asuransi Perjalanan. (Baca Juga : Melek Asuransi Sama Dengan Langkah Awal Cintai Diri Sendiri)

Tentunya akan muncul pertanyaan, seperti, “Kenapa harus memiliki asuransi perjalanan jika sudah ada asuransi kesehatan atau juga asuransi jiwa?”. Ketidaktahuan akan perbedaan mendasar dari fungsi asuransi perjalanan dengan asuransi kesehatan atau jiwa adalah hal yang wajar. Oleh karenanya, dibutuhkan penjelasan dan informasi secara detail dari agen asuransi kepada calon pemegang polis tentang definisi, perbedaan, fungsi sampai dengan kenapa asuransi perjalanan itu wajib dimiliki sebelum melakukan perjalanan.

Selain dari para agen asuransi, Anda juga dapat mengetahui pentingnya memiliki Travel Insurance dari informasi berikut ini:

#1: Tidak semua tempat/kota/negara memiliki karakteristik yang sama

Dalam hal ini, yang dimaksud dengan karakteristik adalah kondisi masyarakat, tingkat kriminalitas, serta level dari kemiskinan di wilayah. Seperti dilansir dari situs Tourism and Poverty Alleviation, ketika suatu wilayah memiliki level kemiskinan di bawah rata-rata, maka tingkat kriminalitasnya juga akan tinggi. Dari tingkat kriminalitas yang tinggi tersebut, ada kemungkinan para turis atau pelancong akan menjadi sasaran kejahatan. (Baca Juga : 4 Cara Terbaik Memberi Perlindungan untuk Rumah Anda)

Namun dengan perlindungan asuransi perjalanan, maka seluruh benda yang Anda bawa dapat terlindungi oleh asuransi. Namun sebagai catatan, tidak semua perusahaan asuransi memberikan pilihan untuk perlindungan terhadap masalah kriminal.

#2: Perlindungan terhadap hal-hal yang tak terduga

Sampai sekarang ini, banyak kasus pembatalan perjalanan oleh pihak penyelenggara jasa transportasi dikarenakan sesuatu hal yang penting dan menyangkut keselamatan banyak orang, terjadi. Menjadi satu hal yang wajar apabila akan ada kemarahan dan kekecewaan bagi seseorang yang mengalami pembatalan pemberangkatan. Ditambah lagi, pengurusan ganti rugi biaya tiket terkadang sangat lama dan rumit, bahkan ada pula yang harus terpangkas untuk biaya administrasi dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, sebagai seorang traveler atau juga seorang businessman yang selalu bepergian, asuransi perjalanan ini sangat bermanfaat karena akan memberikan perlindungan ketika terjadi pembatalan pemberangkatan. (Baca Juga : Kenali Mobil Lebih Jeli untuk Keamanan Saat Menyetir)

Selain pembatalan pemberangkatan, asuransi perjalanan juga memiliki coverage sampai ke hal-hal yang tak terduga, misalnya saja ketika terjadi masalah pada kesehatan dan mengharuskan Anda untuk dirawat. Tidak hanya itu saja, asuransi perjalanan juga akan meng-cover kerugian yang disebakan oleh kehilangan suatu barang, uang, atau dokumen berharga.

#3: Menjadi syarat untuk pengaplikasian Schengen Visa

Apabila Anda seorang traveler yang suka berpindah-pindah dari satu negara ke negara lain (dalam zona Schengen), maka salah satu persyaratannya adalah memiliki Schengen Visa. Zona Schengen ini antara lain, Austria, Belgia, Rep Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Prancis, Jerman, Yunani, Hungaria, Islandia, Italia, Latvia, Lithuania, Luxembourg, Malta, Belanda, Norwegia, Polandia, Portugis, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, Swiss dan Liechtenstein.

Untuk memiliki visa jenis ini, diperlukan beberapa persyaratan yang salah satunya adalah telah dilindungi oleh asuransi perjalanan dan kesehatan. Pemberlakuan semacam ini bertujuan agar negara yang didatangi nantinya tidak lagi direpotkan akan masalah yang menimpa individu dan yang bersangkutan akan lebih mudah berhubungan dengan pihak asuransinya.

#4: Menekan pengeluaran yang tak terduga

Dengan memiliki asuransi perjalanan, maka Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk berbagai kerugian yang dihadapi selama traveling karena hal tersebut sudah masuk dalam Travel Insurance coverage. (Baca Juga : Asuransi Properti, Usir Rasa Was-Was Saat Ada Musibah)

Satu hal yang perlu diingat, setiap perusahaan memiliki kebijakan, prosedur, serta ketentuan masing-masing terkait produk asuransi perjalanan. Oleh karenanya, sangat penting untuk membaca lebih teliti dan menanyakan apapun yang berhubungan dengan perjalanan Anda nantinya. Masih ragu memiliki asuransi perjalanan?

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda