Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Ingin Tubuh Sehat dan Bugar Selama Puasa ? Simak 6 Tips Sehat Puasa Berikut! | Pasarpolis Blog

Ingin Tubuh Sehat dan Bugar Selama Puasa ? Simak 6 Tips Sehat Puasa Berikut!

 by pasarpolis |  2016-06-08 02:45:49

Puasa merupakan ibadah mulia yang bertujuan untuk membersihkan diri. Jika upaya pembersihan diri melalui puasa dilakukan dengan sungguh-sungguh serta menyeluruh maka manusia akan unggul tercipta. Alangkah nikmatnya dikala melakukan ibadah mulia ini, kita tetap dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan kondisi yang sehat dan bugar. Sebagian masyarakat mungkin menjalai keseharian puasanya di rumah dengan tidur namun sebagian lagi menjalani puasa sambil rutin bekerja seharian. Bagaimana tips agar puasa tetap berjalan dengan lancar dan badan tetap sehat meski bekerja seharian? Simak 6 tips sehat puasa berikut ini!

1. Mengonsumsi Air Putih Lebih Banyak Saat Sahur Dan Berbuka Puasa

Air putih sangat baik bagi tubuh Anda. Terutama saat puasa, kita dianjurkan untuk mengonsumsi menu yang mengandung air banyak atau buah sehingga tubuh tidak dehidrasi parah saat berpuasa nanti. Air putih berguna untuk menjaga kadar cairan tubuh sehingga tubuh tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan dan penyerapan makanan, sirkulasi, ginjal, dan mempertahankan suhu tubuh yang normal.

2. Hindari Konsumsi Makanan Cepat Saji dan Gorengan

Hindarilah mengonsumsi makanan fast food dan gorengan. Ini karena kandungan sodium yang tinggi serta bahan lainnya pada makanan cepat saji seperti kentang goring, minuman bersoda atau daging olahan. Akibat lainnya adalah kerja jantung lemah dan menyebabkan daya tahan serta kesehatan Anda menurun. Saat puasa, tentu menghindari makanan ini sangat dianjurkan. Puasa membutuhkan energi yang besar dari makanan sehat.

3. Kerjakan Tugas dengan Perlahan Tapi Pasti

Kerjakan tugas-tugas Anda dengan perlahan tapi pasti. Jangan menumpuk pekerjaan yang dapat membuat stress, karena stress juga menyebabkan otak lelah dan akhirnya perut terasa lebih lapar. Ini salah satu tips sehat puasa karena akan menghindarkan dari stress sehingga kesehatan pikiran di jiwa tetap terjaga.

4. Gunakan Waktu Istirahat dengan Baik

Ketika istirahat di kantor, Anda harus menggunakannya dengan baik. Cobaah untuk beristirahat sebentar atau sekedar refreshing dari pekerjaan. Tidur selama 15 menit juga dapat membangkitkan semangat. Cobalah untuk mengaturnya sesuai kebutuhan dan kondisi tubuh Anda.

5. Melakukan Olahraga Ringan

Melakukan olahraga ringan seperti peregangan atau berjalan kaki saat berpuasa sangat disarankan. Selain membantu menjaga berat badan, olahraga juga berfungsi untuk memperlancar peredaran darah dan menjaga kebugaran tubuh anda.

6. Segerakan Berbuka, Namun Secukupnya

Segerakan berbuka tapi jangan berlebihan. Misalnya bukalah dengan kurma dan air putih kemudian dilanjutkan dengan solat maghrib baru kemudian makan nasi. Dengan begitu akan menghindari sakit perut atau gangguan lainnya.

Dengan membaca 6 tips sehat puasa di atas dan menjalankannya, Anda akan merasakan tubuh Anda lebih sehat dan bugar selama puasa. Aturlah waktu Anda sebaik mungkin dan jalan puasa dengan ikhlas. Puasa yang dijalankan dengan ikhlas, produktif serta tetap menjaga kesehatan tentu membawa manfaat tersendiri.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda