Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Ingin Aman Berkendara Mobil Saat Macet? Ini Tipsnya! | Pasarpolis Blog

Ingin Aman Berkendara Mobil Saat Macet? Ini Tipsnya!

 by pasarpolis |  2015-05-26 09:41:41


Tips Berkendara Aman

Seperti kita lihat, makin bertambah saja volume mobil setiap harinya. Ditambah padatnya berbagai aktivitas mulai dari para pekerja kantoran hingga murid-murid sekolah, sering terjadi kemacetan terutama di kota-kota besar, misalnya saja ibukota Jakarta. Agar aman berkendara mobil saat macet, berikut tipsnya:

Tips#1: Jaga jarak

Jaga jarak sekitar 2-3 meter dengan mobil di depan mobil kita. Tetap perhatikan kepadatan jalan dan coba atur jarak dengan proporsional, terutama dengan bagian belakang mobil di depan kita. Dan, jika terjebak macet sampai persimpangan lampu merah, jangan berhenti tepat di sana agar tak menghalangi jalan dan memperparah kemacetan, jika jalur telah kosong maka jalankan mobil Anda.

Tips#2: Cek spion

Waspada keadaan di sekitar mobil setiap saat, ingat juga untuk selalu mengecek spion. Anda juga harus perhatikan pejalan kaki dan kendaraan lainnya di kanan dan kiri. Kendalikan kontrol laju yakni pengereman serta lajur kopling dengan baik. Jika di tanjakan, gunakan rem tangan supaya mobil tidak mundur atau tergelincir. Secara bersamaan, pindah gigi satu dan lepaskan kopling serta perlahan injak pedal gas.

Tips#3: Jaga putaran mesin

Jika ada pengendara lain yang ingin masuk jalan dari jalur lain, dahulukan saja. Selain itu, jaga putaran mesin supaya Anda irit BBM. Pindah gigi hingga putaran mesin berada pada angka 2.500-3.500 rpm  agar mesin bekerja optimal. Jika memungkinkan, petakan rute perjalanan dan buat rencana terlebih dahulu, serta pilih rute alternatif agar terhindar dari kemacetan.

Singkatnya, tips agar aman berkendara saat macet adalah mengecek spion kanan dan kiri serta arah belakang mobil setiap waktu, tidak terburu-buru dan tetap tenang, dan juga tetap menjaga jarak aman dengan kendaraan di sekeliling kita.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda