Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Info Traveling: Pentingnya Vaksinasi Sebelum Bepergian | Pasarpolis Blog

Info Traveling: Pentingnya Vaksinasi Sebelum Bepergian

 by pasarpolis |  2016-05-23 03:04:20

Berencana jalan-jalan ke luar negeri? Jangan lupa mendapatkan vaksinasi untuk melindungi diri Anda dan keluarga dari ancaman sejumlah penyakit berbahaya.

Bukan hanya menyiapkan perbekalan standar seperti pakaian dan perangkat make-up, ada satu lagi “bekal” yang perlu disiapkan sebelum melakukan perjalanan ke luar negeri. Bekal yang direkomendasikan oleh badan kesehatan dunia, WHO, adalah suntikan vaksin untuk menghindari ancaman penyakit, tergantung negara mana yang hendak dikunjungi. Untuk memastikan bahwa tubuh telah berhasil membentuk antibodi yang diinginkan, lakukan pemberian vaksin antara 10-14 hari sebelum perjalanan dimulai. Apa saja jenis vaksinasi yang perlu didapatkan?

Vaksinasi dosis tambahan (booster)

Ini adalah pemberian dosis tambahan dari jenis vaksin dasar yang sudah diperoleh pada saat kita menepati jadwal vaksinasi rutin.

  • Tetanus dan difteri: satu dosis booster tetanus-difteri bagi orang dewasa, disarankan untuk setiap 10 tahun.
  • Polio: kecuali bila pernah mendapatkan booster polio setelah dewasa, kemungkinan diperlukan satu dosis tunggal tambahan jika melakukan perjalanan ke negara-negara di Afrika, Timur Tengah, India, dan negara-negara tetangganya serta di kebanyakan bekas negara bagian Uni Sovyet.
  • Campak: konsultasikan dosis booster vaksinasi campak dengan dokter Anda sebelum pergi ke luar negeri.

Jenis vaksinasi lainnya

Ini adalah jenis vaksinasi di luar jenis vaksin dasar yang perlu diambil ketika hendak bepergian ke daerah-daerah tertentu dimana tingkat endemi penyakit cukup tinggi:

  • Demam kuning: disarankan jika Anda bepergian ke daerah-daerah tertentu di benua Afrika dan Amerika Selatan.
  • Hepatitis B: pemberian jenis vaksin ini perlu dipertimbangkan jika Anda berencana tinggal selama 6 bulan atau lebih di wilayah dengan tingkat kejadian Hepatitis B yang tinggi (Asia Tenggara, Afrika, Timur Tengah, pulau-pulau di Pasifik Selatan dan Barat, serta daerah Amazon di Amerika Selatan).
  • Hepatitis A: disarankan bagi mereka yang hendak bepergian ke wilayah Asia (kecuali Jepang), Australia, Selandia Baru, Eropa Utara dan Eropa Barat, serta Amerika Utara (kecuali Meksiko)
  • Tifoid: jika akan tinggal selama 6 pekan atau lebih di wilayah-wilayah dimana ada peringatan untuk berhati-hati terhadap makanan dan air, terutama di banyak negara berkembang.
  • Meningokokal: jenis vaksin ini diperlukan untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit radang selaput otak (meningitis). Pemberian jenis vaksin ini amat penting bagi mereka yang hendak bepergian ke negara-negara Timur Tengah, misalnya untuk melaksanakan ibadah haji dan umroh.

(*sumber: Badan POM)

Perlindungan tambahan selama di perjalanan

Selain melindungi diri dan keluarga dengan pemberian vaksin, lengkapi pula perlindungan Anda dengan asuransi perjalanan ke luar negeri. Tak perlu bingung mencari tahu tentang jenis-jenis asuransi yang diperlukan, karena kini siapa saja bisa membeli asuransi perjalanan online. Sambil bekerja di depan meja, Anda bisa dengan mudah memperoleh informasi mengenai jenis-jenis asuransi perjalanan terbaik. Jadi, tunggu apa lagi? Jalan-jalan, yuk!

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda