Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Hemat dan Cermat Sebelum Pergi Mudik Lebaran | Pasarpolis Blog

Hemat dan Cermat Sebelum Pergi Mudik Lebaran

 by pasarpolis |  2015-06-08 10:00:01

 

Biarpun sudah menjadi agenda tahunan bagi banyak orang di Indonesia, namun tidak sedikit yang harus terus ‘kebobolan’ setiap tahunnya ketika musim mudik tiba. Hal ini dikarenakan tidak adanya perencanaan dan juga financial planning yang harus dilakukan sebelum melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman.

Pastinya, tidak sedikit orang akan menghabiskan banyak uang ketika pulang mudik sekaligus menghabiskan waktu liburan selama lebaran, baik itu untuk perjalanan selama mudik atau nanti ketika harus balik ke tempat asal, membeli oleh-oleh sampai dengan hal-hal yang tak terduga lainnya.

Selain habis untuk akomodasi dan konsumsi, budget yang disiapkan tersebut juga terkadang terkuras dalam sisi sarana transportasinya. Menjadi lebih jelas apabila seseorang mudik dengan menggunakan transportasi umum, karena selain jangkauannya terbatas, ongkos selama naik transportasi umum secara berkali-kali juga dapat menguras isi dompet.

Tapi bagi yang menggunakan kendaraan sendiri, tentunya pemborosan biaya tersebut sedikit terpangkas. Walaupun dikatakan sedikit terbantu, namun tentunya apabila seseorang tersebut tidak memperhatikan sisi-sisi lain yang berkaitan dengan kendaraannya, maka budget yang dipersiapkan khusus untuk transportasi justru akan membengkak, contohnya ketika mobil mengalami mogok, mesin bermasalah, ban harus ganti dan lain sebagainya.

Untuk mengirit biaya ketika mudik ke kampung halaman, Mike Rini Sutikno, penasihat keuangan dari Mike Rini and Associate Financial Planning and Education pernah membagikan sedikit tips menarik yang dapat digunakan di tahun 2012 lalu.

Dalam tipsnya tersebut, Mike menjelaskan bahwa prinsip dari besar kecilnya biaya mudik adalah tergantung pada berapa hari seseorang akan menghabiskan waktunya di kampung halaman, berapa banyak jumlah peserta yang ikut mudik, dan menjadi tanggungan serta daerah mana yang akan dituju selama mudik.

Memang terkesan sepele, namun dengan mengkalkulasikan hal tersebut, maka munculnya pengeluaran tak terduga dapat dihindari.

Apabila Anda tidak memiliki kendaraan atau mobil yang akan digunakan selama mudik, alternatif lainnya adalah dengan menyewa kendaraan rental. Namun jangan hanya berdasarkan pada sisi prestise dan gengsi saja. Anda juga wajib memperhatikan sisi realitis dan keuangan Anda.

Pada dasarnya, dengan menggunakan kendaraan yang keluaran tahun lama, namun mesinnya masih bagus dan tidak rewel, lebih disarankan daripada menyewa kendaraan keluaran tahun baru namun memiliki masalah pada mesinnya.

Selain itu, untuk memangkas biaya, Anda juga dapat melakukan patungan dengan keluarga yang satu daerah atau kota dan memiliki keingingan untuk mudik ke kampung halaman yang sama juga. Dengan dana patungan tersebut, maka budget yang Anda persiapkan juga tidak akan keluar sedemikian banyaknya.

(Baca Juga : Langkah-Langkah Melakukan Klaim Asuransi Rumah)

Jenis mobil juga harus menjadi perhitungan, karena mobil dengan kapasitas kecil akan membuat segala hal tidak nyaman, belum sebagai tempat duduk orang yang ikut mudik, barang bawaan juga akan menumpuk tak teratur karena keterbatasan tempat.

Dan juga, apabila memiliki mobil sendiri, Anda juga patut memeriksa dan merawat ‘kesehatan’ kendaraan yang akan digunakan agar segala masalah dan risiko selama perjalanan dapat diminimalisir.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda