Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Hati-Hati, Malaria Bisa Musnahkan Harta dan Merenggut Nyawa | Pasarpolis Blog

Hati-Hati, Malaria Bisa Musnahkan Harta dan Merenggut Nyawa

 by pasarpolis |  2015-05-29 15:14:57

Salah satu penyakit yang sering menyerang orang-orang di daerah tropis dan sub-tropis adalah penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk yang telah terinfeksi parasit bernama Plasmodium atau dalam bahasa umum disebut malaria.

Diperkirakan, penyakit akibat nyamuk anopheles betina yang terinfeksi parasit Plasmodium ini membunuh satu anak setiap 30 detik dan lebih dari 1 juta orang yang meninggal karena malaria. Rata-rata malaria menyerang anak-anak dan sudah ada sekitar 300 sampai dengan 500 juta anak-anak dan orang dewasa yang terinfeksi di seluruh dunia.

Selain Afrika, Indonesia juga pernah menjadi negara yang memiliki kasus malaria tertinggi di dunia, namun hingga awal tahun 2014 lalu, 212 kabupaten dan kota di 29 propinsi di Tanah Air telah memenuhi syarat untuk dinyatakan bebas malaria.

(Baca Juga : 4 Alasan Utama Anda Tak Boleh Sepelekan Asuransi)

Malaria dibagi dalam 4 kategori yaitu malaria tertiana yang disebabkan Plasmodium vivax, malaria quartana yang disebabkan Plasmodium malarie, malaria tropica yang disebabkan oleh Plasmodium falciparum atau malaria perisosa yang disebabkan oleh Plasmodium ovale.

Dikarenakan dibagi menjadi 4 kategori ini, maka penanganan dan pengobatan penderita malaria juga berbeda-beda. Bahkan, tidak jarang dalam tubuh penderita didapati lebih dari satu jenis malaria yang dalam istilah medis disebut mixed infection. Karena terinfeksi lebih dari satu jenis, tentunya pengobatannya pun semakin susah dan khusus.

Secara garis besar, biaya pengobatan penyakit malaria tergolong mahal, bahkan menurut data dari Kemenkes di tahun 2013 lalu, malaria masuk dalam 8 penyakit dengan biaya perawatan paling mahal, yaitu mencapai sekitar Rp 17 miliar.

Menjadi mahal karena ada serangkaian uji laboratorium sampai dengan penanganan khusus yang harus dilakukan penderita malaria dan hal tersebut tentunya juga membutuhkan layanan dokter spesialis, alat-alat medis yang canggih dan obat-obatan yang khusus.

Tahapan umum yang harus dilalui oleh para penderita malaria, antara lain:

Tahapan#1: Pemeriksaan Laboratorium

  • Tetes darah tebal/tipis ditemukan parasit malaria dalam eritrosit.
  • Pemeriksaanzserologis

Tahapan#2:  Pemeriksaan khusus

  • PCR (polymerase chain reaction)
  • ELISA (Enzyme Linked Immonosorben Assay)
  • Radiommunoassay (RIA)

Tahapan#3: Pemeriksaan penunjang untuk malaria berat

  • Hb dan Ht
  • Hitung jumlah lekosit dan trombosit
  • Kimia darah lain (gula darah, serum bilirubin, SGOT & SGPT, alkali fosfatase, albumin/globulin, ureum, kreatinin, natrium dan kalium, anaIisis gas darah
  • EKG
  • Foto toraks
  • Analisa cairan cerebrospinal.
  • Uji serologi
  • Urinalisis
  • Pemeriksaan darah rutin

Dari serangkaian tahapan tersebut, tentunya akan menguras finansial pribadi penderita atau keluarga. Namun apabila sang penderita adalah seorang yang memiliki polis asuransi kesehatan, maka perlindungan akan sisi finansial akan terjamin.

Tidak perlu khawatir karena sekarang sudah ada sebuah website e-commerce khusus asuransi bernama PasarPolis.com. Di situs tersebut, Anda akan mendapatkan berbagai macam produk asuransi dari asuransi properti, kesehatan sampai jiwa yang dimiliki oleh mitra PasarPolis.

(Baca Juga : Tips Cerdas Sebelum Memilih dan Membeli Produk Asuransi Terbaik)

Anda juga dapat membandingkan besaran premi dari setiap perusahaan asuransi yang menjadi mitra serta proses untuk pembelian sekaligus prosedurnya sangat mudah. So, tunggu apalagi, melindungi diri dan keluarga yang Anda cintai lebih lengkap dengan memiliki sebuah polis asuransi kesehatan.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda