Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Gejala Sepele Penyakit Diabetes yang Sering Terabaikan | Pasarpolis Blog

Gejala Sepele Penyakit Diabetes yang Sering Terabaikan

 by pasarpolis |  2015-08-11 09:45:57

Penyakit diabetes adalah penyakit yang sangat berbahaya bagi manusia. Sekitar 29 ribu orang di Amerika menderita kencing manis, kebanyakan orang yang menderita penyakit ini kurang memperhatikan gejala dari penyakit diabetes. Diabetes sendiri juga terbagi menjadi 2 jenis yaitu tipe 1 dan tipe 2, apa bedanya?, biasanya penyakit gula tipe 1 menyerang sejak usia dini karena faktor keturunan, sedangkan untuk tipe 2 menyerang orang dewasa dikarenakan turunnya produksi insulin tubuh, oleh karena itu penting sekali untuk kita memahami gejala penyakit ini agar kita bisa waspada percaya atau tidak, ada beberapa gejala yang tidak banyak disadari oleh kita, apakah itu?

Gejala Sepele Penyakit Gula

1. Penglihatan Anda menjadi membaik

Tanda dari penderita penyakit gula biasanya memiliki gangguan pada penglihatannya, namun pada kenyataannya dalam beberapa kasus penderita kencing manis mengalami peningkatan pada penglihatannya. Hal ini dikarenakan penyakit diabetes dapat mengubah tingkat cairan dalam tubuh dan perubahan tersebut berpengaruh pada organ mata Anda. Yang mengakibatkan penglihatan Anda yang semakin baik dan hari berikutnya penglihatan Anda berkurang.

2. Pendengaran Anda berubah

Hal sepele yang satu ini kadang tidak kita sadari karena perubahan pada indra pendengaran biasa dianggap sebagai penyakit yang lazim terjadi karena usia yang bertambah. Gangguan pada pendengaran dapat dipengaruhi seiring bertambahnya usia. Tapi taukah Anda?, penyakit diabetes juga bisa berdampak pada pendengaran.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Institutes of Health mengungkapkan bahwa gangguan pada pendengaran dapat disebabkan oleh pradiabetes (gejala kencing manis). Para peneliti percaya bahwa pembuluh darah dan saraf di telinga menjadi rusak karena seseorang menderita diabetes, sehingga pendengaran jadi berkurang.

3. Kulit gatal-gatal

Penyakit gula dapat mempengaruhi sirkulasi darah, yang mengakibatkan kulit menjadi kering dan gatal. Jika pelembab dan krim tidak lagi dapat membantu, maka segera periksakan ke dokter untuk mencek kadar gula Anda.

4. Kulit Anda berubah

Penderita penyakit gula mengalami perubahan pada kulit menjadi gelap dan bersisik, khususnya di bagian belakang leher (tengkuk), siku, atau buku-buku jari.

Perubahan tersebut disebabkan oleh kondisi yang disebut acanthosis nigrican. Gula darah yang tinggi dapat mempengaruhi pertumbuhan sel kulit dan melanin.

Gejala-gejala ini mungkin luput dari penglihatan kita, sehingga Anda harus memulai kebiasaan hidup sehatuntuk lebih mencegahnya. 

Gejala Umum Penderita Diabetes

Selain gejala yang jarang kita sadari ada juga gejala yang sudah jelas terlihat pada penyakit gula. Walaupun sampai sekarang susah untuk mengenali secara manual dari penyakit diabetes ini, namun cara paling mudah untuk mendiagnosanya adalah dengan melakukan tes gula darah. Ada beberapa macam gejala yang mengarah pada penyakit gula ini dalam tubuh seseorang. Berikut daftarnya:

Sering buang air kecil

Sering buang air kecil merupakan tanda pertama penyakit diabetes, karena dorongan untuk buang air kecil akan lebih sering terjadi pada penderita diabetes tipe 2 biasanya disebabkan oleh faktor tidak stabilnya sistem saluran buang dan saluran terima dalam tubuh.

Berat badan turun

Penurunan berat badan yang mendadak merupakan gejala yang sangat terlihat, hal ini terjadi karena tubuh tidak dapat menyerap glukosa yang dibutuhkan sebagai sumber energi, maka seorang penderita diabetes tipe 2 akan mengalami penyusutan pada sisi berat badannya.

Mati rasa

Umumnya, seseorang yang mengidap penyakit gula tipe 2 akan merasakan mati rasa hampir di seluruh tubuh. Berikut beberapa bagian tubuh yang biasanya akan merasa mati rasa atau kesemutan adalah pada bagian tangan, kaki serta jari-jemari. Hal ini terjadi karena terjadinya peningkatan kadar gula darah yang membuat serabut saraf mengalami kerusakan.

Penurunan titik fokus penglihatan

Biasanya penderita diabetes tipe 2 akan mengalami penurunan titik fokus penglihatan karena meningkatnya kadar gula darah yang mengakibatkan rusaknya beberapa pembuluh darah dan menghambat cairan yang berfungsi sebagai penjaga bola mata tetap dalam keadaan basah.

Nafsu makan naik

Peningkatkan nafsu makan merupakan tanda penyakit diabetes, walaupun berat badan penderita turun,tapi nafsu makan akan meningkat. Hal ini terjadi bukan karena tubuh kekurangan sumber energi dari glukosa yang diasup, melainkan terjadi karena makanan yang dikonsumsi tidak dapat dicerna secara sempurna ke dalam sel, sehingga mengakibatkan terganggunya proses metabolisme dan memunculkan rasa lapar secara terus menerus.

Masalah kulit

Seperti yang sudah disebutkan diatas para penderita kencing manis akan mengalami gangguan pada kulitnya karena sirkulasi darah dan kelenjar keringat terganggu dan menjadikan kulit menjadi bersisik, gatal, kering dan mudah mengalami iritasi.

Mudah lelah

Penderita penyakit gula juga dapat mengakibatkan penderitanya susah untuk mendapatkan tidur berkualitas atau mengalami susah tidur. Dampak dari kurangnya tidur berkualitas, maka membuat tubuh menjadi cepat menjadi lelah dan tidak jarang akan membuat penderita mudah emosi.

Mudah haus

Mudah haus terjadi karena penderita penyakit ini akan sering buang air kecil, secara otomatis kandungan air di dalam tubuh juga berkurang dan muncul dehidrasi. Dikarenakan hal ini, tubuh memberikan tanda dengan terus merasa kehausan.

Luka susah mengering

Penyakit diabetes melitus menyebabkan luka yang dialami penderita akan sulit untuk mengering sehingga menghambat proses pemulihan. Hal tersebut dikarenakan sistem imun dalam tubuh tidak stabil karena terhambat kadar gula yang berlebih.

Gusi bermasalah

Selain luka, para penderita diabetes tipe 2 lebih rentan terkena gangguan pada gusi. Pada umumnya, para penderita penyakit ini akan mengalami gusi merah, bengkak sampai dengan infeksi dan iritasi

Infeksi jamur

Dikarenakan sistem imun tidak bekerja secara maksimal dan porsinya juga tidak stabil, maka secara otomatis penderita kencing manis sangat mudah terinfeksi bakteri atau kuman bahkan jamur.

Cara Mencegah Penyakit Diabetes Yang Mudah Untuk Dilakukan

Diabetes muncul karena kadar insulin dalam tubuh tidak sesuai. Akibatnya, kadar gula darah akan tinggi. Hal ini memicu kerusakan jaringan dan membuat sel “kelaparan”. Tak hanya itu, penyakit kencing manis juga dapat memicu timbulnya penyakit lain seperti jantung, stroke, kerusakan saraf, serta luka yang tak kunjung sembuh.

Diabetes umumnya dipengaruhi faktor keluarga. Namun, faktor seperti kegemukan, pola makan tidak sehat, merokok dan kurang aktivitas fisik juga dapat memicu timbulnya diabetes. Meskipun begitu, penyakit mematikan ini bisa dicegah dengan cara yang cukup mudah melalui beberapa cara berikut:

Melakukan Meditasi

Dengan melakukan Meditasi atau yoga, Anda akan dapat menenangkan pikiran yang stres. Seperti yang Anda tahu, saat stres, hormon kortisol, epinephrine, dan glukagon akan meningkatkan sehingga kadar gula darah ikut meningkat. Namun, dengan melakukan meditasi, pikiran Anda akan lebih rileks dan hal ini bagus bagi resistensi insulin.

Biasakan Rutin olahraga

Rutin melakukan Olahraga tidak dapat dipungkiri bisa meningkatkan sensitivitas jaringan pada insulin serta mencegah obesitas. Oleh karena itu, selalu sediakan waktu beberapa saat untuk melakukan olahraga sebelum pergi beraktivitas.

Sering-sering Konsumsi makanan sehat

Anda harus selektif dalam memilih makanan kalau bisa pilihlah makanan yang alami, seperti sayur, buah, daging, ikan, kacang-kacangan, dan biji-bijian yang sangat kaya akan nutrisi penting bagi kesehatan jaringan tubuh. Selain itu, upayakan untuk menghindari makanan kemasan atau makanan yang diproses, seperti makanan kaleng dan makanan berpengawet.

Makanan kemasan apda umumnya memiliki gula tambahan dan zat kimia yang dapat meningkatkan risiko diabetes.

Pastikan Cukup istirahat

Ternyata tak hanya olahraga, istirahat yang cukup pun dapat mencegah penyakit diabetes. Biasakan tidur minimal 6-8 jam perhari agar Anda terhindar dari penyakit gula. Kurang tidur atau kualitas tidur yang buruk akan menyebabkan obesitas yang memicu kencing manis.

Mitos dan Fakta Penyakit Gula

Penting juga untuk Anda mengetahui mitos dan fakta seputar penyakit diabetes, agar Anda bisa lebih memahami dan tidak salah kaprah dalam memahami segala hal tentang penyakit kencing manis, berikut mitos dan fakta yang dapat kami kumpulkan :

1. Orang gemuk beresiko lebih tinggi terkena penyakit diabetes

Ini merupakan mitos yang banyak beredar di masyarakat bahwa orang gemuk cenderung dapat lebih mudah terserang penyakit ini, tapi taukah Anda?, penyakit ini tidak berhubungan sama sekali dengan berat badan seseorang, kenyataannya banyak penderita diabetes yang memiliki berat badan yang normal.

2.  Terlalu banyak mengonsumsi gula menyebabkan kencing manis

Menurut logika memang hal ini sangat masuk akal tapi taukah Anda?, ternyata penyakit gula disebabkan oleh kurangnya produksi insulin dalam tubuh, tapi tidak disarankan juga untuk Anda terlalu banyak mengonsumsi gula karena akan menyebabkan banyak kerugian lain seperti kegemukan, kerusakan gigi, dan lain-lain.

3. Penderita Penyakit Gula Tidak Boleh Makan Sembarangan

Sesungguhnya mitos ini berlaku untuk kita semua karena pola makan yang sehat penting untuk kita semua, bukan hanya untuk penderita kencing manis, maka dari itu mitos ini memang benar adanya.

4. Penyakit Gula Dapat Menular

Jelas ini hanya merupakan mitos belaka karena seperti yang kita tahu penyakit ini adalah penyakit yang tidak menular dan bisa menurun melalui genetika.

5. Buah bisa dikonsumsi sebanyak-banyaknya oleh penderita penyakit gula

Memang benar buah memiliki banyak vitamin yang baik untuk tubuh, tapi taukah Anda?, bahwa buah juga mengandung karbohidrat, oleh karena itu konsumsinya juga harus dibatasi tidak boleh terlalu banyak.

6. Diabetes Bukan Penyakit yang Mematikan

Jika Anda beranggapan seperti ini maka Anda SALAH BESAR, kenapa?, karena diabetes merupakan penyakit yang sudah banyak memakan korban di seluruh Dunia, tapi jika Anda menjaga pola hidup yang sehat mudah-mudahan resiko ini dapat dikurangi.

Makanan yang Baik Untuk Penderita Diabetes

Ada beberapa jenis makanan yang baik untuk penderita diabetes, berikut Pasarpolis berikan informasinya untuk Anda :

Coklat Hitam

Hasil penelitian dari University of Copenhagen pada tahun 2008 menyimpulkan bahwa orang yang mengonsumsi cokelat hitam akan memiliki keinginan yang lebih rendah untuk makan makanan manis, asin, atau berlemak. shingga orang yang mengonsumsi coklat hitam dapat mengurangi kadar gula dan kolesterol dalam darah.

Kedelai

Panganan kedelai sangat baik baik penderita kencing manis, walaupun memiliki kandungan pati yang sedikit, akan tetapi kedelai juga mempunyai kandungan serat dan protein yang cukup tinggi, kadungan tersebut mampu menurunkan ekskresi urin pada para penderita penyakit gula.

Bawang Putih

Bawang putih mengandung bahan-bahan aktif seperti alil propil disulfida (APDS) dan diallyldisul-phide oksida (allicin) kadnungan tersebutlah yang membuat bawang putih sangat baik bagi kesehatan para penderita penyakit diabetes karena dapat menurunkan kadar glukoasa dalam darah. Selain itu juga, ketika zat allicin bercampur dengan vitamin B1 atau tiamin, akan berefek pada pankreas akan terangsang untuk memproduksi insulin lebih baik.

Asuransi Kesehatan Terbaik Pasarpolis

Dengan membaca informasi yang sudah kami sampaikan diharapkan Anda bisa lebih waspada, dan selalu menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari salah satu penyakit mematikan ini, semoga Anda selalu sehat dan bisa terus berkumpul bersama keluarga, untuk berjaga-jaga agar Anda terhindar dari kerugian akibat penyakit sejenis ini, akan sangat baik jika Anda memiliki asuransi kesehatan terbaik, jika Anda bingung untuk mencari asuransi kesehatan yang sesuai untuk Anda, Anda bisa mengunjungi www.pasarpolis.com untuk mendapatkan berbagai asuransi kesehatan terbaik di indonesia.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda