Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Flu Burung Kenali Penyebab, Gejala, Dan Cara Mengobatinya | Pasarpolis Blog

Flu Burung Kenali Penyebab, Gejala, Dan Cara Mengobatinya

 by pasarpolis |  2016-03-31 02:36:26

flu burung sudah menyebar diberbagai daerah di Indonesia seperti jawa tengah, jawa timur, bahkan sudah sampai di Jakarta. memang penyebaran virus flu burung ini sangat cepat sekali dan sulit untuk dihindari. Karena itulah jika Ada ayam atau unggas di sekitar Anda mati mendadak, maka Anda patut curiga akan adanya gejala flu burung ini. 

Taukah Anda? Bukan hanya manusia yg bisa terserang flu, hewan pun bisa. Kucing, anjing, sapi, babi, dan burung juga bisa terserang flu. Flu yang menyerang burung disebut flu burung / avian flu, biasanya bukan cuma burung tapi juga ayam, bebek, turki, dan angsa, serta burung perliharaan seperti kakaktua.

Segala Hal Tentang Flu Burung

untuk mengetahui seluk-beluk tentang Flu Burung Pasarpolis akan menjabarkan tentang informasi seputar virus flu burung mulai dari penyebab penularan flu burung seperti apa, gejala flu burung, cara mengobatinya, dan cara mencegah flu burung. Yang kami jabarkan sebagai berikut :

Penyebab Penularan Flu Burung 

Flu burung menular secara langsung antar burung yang hidup atau mati melalui feses, cairan, liur dan darahnya. Biasanya penularan antar manusia tidak bisa terjadi. Penularannya biasnya melalui burung ke manusia. Flu burung bisa mengakibatkan kematian pada manusia. Masa inkubasi flu burung adalah 2-8 hari lebih lama dari flu biasa. Pada beberapa kasus bahkan bisa mencapai 17 hari. Seberapa lama flu burung bisa menular? 7 hari sejak ada gejala flu burung pertama kali. Biasanya manusia tidak akan tertular setelah 5 hari.

Gejala Flu Burung

Gejala yang muncul pada penderita flu burung

  • Lemas, penderita flu burung akan merasa sangat lemas,
  • Suhu badan meningkat/demam, suhu badan penderita flu burung meningkat seperti gejala flu biasa,
  • Mimisan dan gusi berdarah, gejala ini yang mungkin bisa menjadi indikasi utama virus flu burung,
  • Nyeri otot, flu burung juga menyebabkan neyri otot pada penderitanya,
  • Sakit kepala, seperti flu biasa, flu burung juga membuat kepala sang penderita sakit,
  • Batuk dan hidung berlendir, gejala penyakit flu burung ini sangat mirip seperti pada flu biasa,
  • Diare dan muntah, diare dan muntah juga merupakan gejala dari virus flu burung,
  • Sesak napas, sesak napas merupakan gejala yang mengindikasikan virus flu burung.

Segera temui dokter jika Anda mengalami gejala-gejala, seperti yang disebutkan diatas, selain mencocokkan gejala yang dirasakan pasien dengan tanda-tanda sakit flu burung, dokter juga akan menanyakan pada pasien apakah dirinya sering menyentuh unggas, pernah menyantap daging/telur unggas yang kurang matang, atau berinteraksi dekat dengan seseorang yang menderita penyakit pernapasan parah.

Jika dokter mencurigai pasien terjangkit flu burung, pemeriksaan lanjutan di laboratorium perlu dilakukan untuk memastikannya. Pemeriksaan ini untuk memeriksa adanya virus pada usapan hidung atau tenggorokan pasien. Pemeriksaan lain yang perlu dilakukan adalah pemeriksaan di dada dengan menggunakan X-ray. Biasanya jika hasil pemeriksaan laboratorium dan X-ray ini normal, maka kemungkinan pasien tidak menderita flu burung.

Pengobatan Flu Burung

Pasien yang telah terbukti menderita flu burung biasanya akan diobati secara terpisah (terisolasi) di rumah sakit untuk menghindari penularan. Selain dianjurkan untuk minum banyak cairan, mengonsumsi makanan sehat, istirahat, dan minum obat pereda rasa sakit, dokter juga biasanya akan meresepkan obat-obatan antivirus agar penyakit tidak berkembang makin parah. Pemberian obat antivirus juga bertujuan mencegah terjadinya komplikasi dan membuat peluang hidup pasien tetap besar.

Pencegahan Flu Burung

Ketika flu burung mewabah di Indonesia, pemerintah banyak melakukan upaya penanggulangan, di antaranya dengan melakukan penyemprotan (sterilisasi) ke sejumlah peternakan atau pasar unggas, hingga pemusnahan jutaan unggas yang dicurigai membawa virus flu burung.

Penyebaran virus flu burung sangat sulit untuk dicegah. Tetapi terlepas dari hal itu, kita harus tetap melakukan hal-hal yang dapat memperkecil risiko terjangkit flu burung. Beberapa contoh sederhananya adalah dengan selalu menjaga kebersihan tangan, menjaga kebersihan kandang unggas apabila kita memelihara unggas, memastikan untuk mengonsumsi daging atau telur unggas yang telah dimasak dengan baik, dan tidak mengonsumsi unggas liar hasil buruan karena kita tidak tahu penyakit apa saja yang mungkin ada di tubuh mereka.

(Baca Juga : Tubuh Tetap Bugar Ini Dia Tipsnya)

Gunakan masker ketika kita ingin berpergian atau saat berada di tempat-tempat umum untuk mengurangi resiko terjangkit virus flu burung. Meski flu burung jarang menular dari manusia ke manusia, namun langkah ini tidak ada salahnya dilakukan sebagai tindakan preventif. Apabila Anda tinggal di wilayah yang aman dari flu burung, hindari melakukan perjalanan ke wilayah-wilayah yang sedang dilanda flu burung.

Belilah daging unggas yang sudah dipotong di swalayan atau pasar tradisional yang kebersihannya terjamin sehingga memperkecil resiko terkena penyakit flu burung. Daging siap masak juga dapat meminimalkan risiko terkena flu burung karena kita tidak perlu repot-repot memotong, mencabuti bulu, atau membersihkan isi perut unggas. Sebisa mungkin hindarilah lapak unggas hidup di pasar yang kebersihan di sekitar lapak tersebut tidak higienis karena tempat yang tidak bersih menjadi faktor pendukung penularan flu burung.

Seperti kata pepatah "mencegah lebih baik daripada mengobati" maka mulailah dari sekarang perhatikan kebersihan diri dan lingkungan untuk mencegah penyakit flu burung, bukan hanya flu burung menjaga kebersihan diri dan lingkungan juga dapat mencegah berbagai macam penyakit berbahaya lain selain flu burung.

Berikut adalah info seputar flu burung yang dapat Pasarpolis berikan kepada Anda, untuk memberi perlindungan kesehatan Anda. Pasarpolis menyediakan asuransi kesehatan yang bisa anda pilih dan bandingkan sendiri dihalaman resmi kami.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda