Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Fakta Seputar Asuransi Perjalanan yang Patut Diketahui | Pasarpolis Blog

Fakta Seputar Asuransi Perjalanan yang Patut Diketahui

 by pasarpolis |  2016-05-12 09:28:15

Liburan belumlah lengkap tanpa asuransi perjalanan. Sama halnya dengan hotel dan tiket perjalanan, asuransi perjalanan adalah salah satu faktor penting untuk Anda masukkan dalam persiapan rencana liburan Anda.

Beberapa negara bahkan TIDAK akan mengeluarkan visa tanpa asuransi perjalanan. Anda hendak bepergian ke Eropa? Tentu Anda membutuhkan Schengen Visa, dan Visa ini baru akan keluar jika Anda sudah mendapatkan asuransi perjalanan Schengen yang sudah disetujui.

Asuransi Perjalanan Pasarpolis.com           

Asuransi perjalanan kini dapat dipesan secara online lewat www.pasarpolis.com. Sama halnya dengan yang Anda lakukan ketika membandingkan dan membeli tiket pesawat atau memesan kamar hotel secara online.

Perjalanan liburan yang aman dan menyenangkan adalah dambaan setiap orang. Perjalanan akan menjadi nyaman ketika Anda memiliki Asuransi perjalanan. Menyadari bahwa Anda mempunyai banyak pertanyaan mengenai asuransi perjalanan, kami di sini akan membantu Anda menjelaskan dan memberi solusi seputar asuransi perjalanan. Silahkan simak berbagai penjelasan di bawah ini dan kami berharap agar perjalanan liburan Anda nyaman dan selamat!

1. Mengapa Saya Perlu Asuransi Perjalanan?

Baik dalam perjalanan bisnis ataupun perjalanan liburan pribadi, asuransi perjalanan akan melindungi Anda dan keluarga dari situasi dan kondisi yang tidak diinginkan. Kehilangan bagasi, keterlambatan datangnya bagasi, kehilangan paspor sampai pengobatan penyakit yang muncul selama liburan, akan teratasi dengan perlindungan dari asuransi perjalanan. Bahkan di negara-negara tertentu, asuransi perjalanan wajib dimiliki sebelum Anda mengajukan permohonan Visa.

2.Adakah Waktu Tertentu Sebelum Membeli Polis Asuransi Perjalanan?

Anda dapat membeli polis asuransi perjalanan pada waktu tertentu sesuai penjelasan dari perusahaan penerbit polis untuk rencana tertentu. Bahkan ada yang bisa menerbitkan 1 hari sebelum Anda bepergian. Namun sebaiknya rencanakan pembelian polis dengan matang agar sesuai dengan kebutuhan visa, dan agar Anda mendapatkan keuntungan yang maksimal. Harga polis tergantung dari lamanya Anda bepergian, negara tujuan, usia Anda dll. Anda juga bisa memperoleh keuntungan yang berhubungan dengan waktu, seperti pembatalan karena suatu alasan dan karena .Ini akan berlaku sesudah Anda membayar deposit awal perjalanan.

3. Apakah Pemeriksaan Kesehatan Diperlukan untuk Membeli Polis Asuransi Perjalanan?

Sedianya tidak perlu. Namun tergantung kondisi terakhir kesehatan Anda. Bisa saja perusahaan asuransi meminta pemeriksaan kesehatan sebelum menerbitkan polis asuransi tersebut

4. Perlukan Saya Mendapat Persetujuan dari Perusahaan Asuransi Sebelum Melakukan Pengobatan Medis?

Pada umumnya diperlukan persetujuan di awal, namun terdapat perkecualian untuk beberapa jenis pengobatan dan tindakan gawat darurat. Bacalah dengan cermat polis asuransi Anda untuk penjelasan persetujuan ini dan hubungi perusahaan penerbit polis untuk lebih jelasnya. Namun berhati-hatilah, jika perusahaan penerbit polis melihatnya sebagai prosedur medis yang seharusnya bisa dilakukan sebelum keberangkatan, tapi Anda lakukan saat Anda bepergian, permintaan Anda bisa jadi ditolak. Kebanyakan perusahaan  asuransi mempunyai call centre 24 jam sehingga Anda bisa menghubungi mereka untuk memperoleh persetujuan sebelumnya.

5. Apakah Saya Mendapat Uang Kembali dari Polis Asuransi Jika Perjalanan Saya Batal?

Jika perjalanan Anda batal, peraturan pengembalian uang premi diatur dengan beberapa cara. Ada yang memberlakukannya, ada yang tidak. Bacalah polis dengan cermat untuk mengerti seputar hal ini. Jika Anda memiliki bukti tertulis bahwa perjalanan Anda batal, premi bisa dikembalikan, namun dengan pemotongan biaya administrasi yang dibebankan kepada Anda.

6. Dapatkah Saya Membeli Polis Asuransi secara Online?

Tentu saja. Anda bisa membelinya dengan kartu debit maupun kartu kredit. Pelajari dan cermati polis yang Anda perlukan terlebih dulu dan temukan mana yang paling tepat untuk kebutuhan Anda. Setelah pembayaran, polis asuransi akan segera diterbitkan untuk Anda.

7. Apa yang Dimaksud dengan Pemeriksaan Medis?

Pemeriksaan Medis adalah sejumlah pertanyaan yang perlu Anda jawab. Jelaskan sejarah kondisi medis Anda sebelumnya kepada pihak perusahaan asuransi untuk membantu mereka menawarkan proteksi yang sesuai untuk Anda. Jika sejarah kondisi medis tidak memenuhi persyaratan, pihak asuransi tidak akan memasukkan proteksi medis dan Anda tidak akan dapat mengajukannya.

8. Apa yang Dimaksud dengan Pre Existing Medical Condition & Apakah Termasuk dalam Polis Asuransi Perjalanan Saya?

Pre-existing medical condition adalah riwayat  penyakit/gejala yang sudah ada/pernah ada yang dimiliki oleh calon pembeli polis asuransi kesehatan. Misalnya seperti gangguan jantung, kanker, asma, diabetes, penyakit lambung/pencernaan. Ada penerbit polis yang tidak memberlakukan perawatan medis pada pemegang polis yang memiliki riwayat penyakit seperti di atas. Namun iya atau tidaknya tergantung masing-masing penerbit polis. Cermati polis Anda sebelum Anda membelinya.

9. Apakah Saya Terlindungi dari Bencana Alam atau Terorism

Bencana alam seperti tsunami, gempa bumi, bahaya terror dan huru-hara politik adalah peristiwa yang termasuk dalam perlindungan dalam asuransi perjalanan. Para pemilik asuransi akan mendapat fasilitas evakuasi gawat darurat ke negara asal pemegang polis, juga termasuk bantuan medis. Periksa dengan baik polis Anda mengenai pasal perlindungan ini.

10. Kapan waktu Berakhir Polis Saya dan Bagaimana Memperbaharuinya

Berakhirnya polis tergantung perjalanan Anda. Polis untuk sekali perjalanan otomatis berakhir ketika perjalanan berakhir, namun untuk perjalanan  ke beberapa tempat baru akan berakhir pada tahun berakhirnya polis. Polis tidak bisa diperbarui, namun Anda bisa membelinya lagi untuk perjalanan baru.

11.Bagaimana Cara Membatalkan Polis Asuransi Perjalanan?

Perjalanan Anda batal dan Anda ingin membatalkan polis asuransi perjalanan Anda? Jika Anda membatalkan sebelum tanggal berlakunya polis, Anda perlu menginformasikan pihak penerbit lewat call centre dan lewat e-mail. Sertakan juga nomor polis Anda (yang akan berdampak pada biaya)

Namun jika pembatalan Anda lakukan setelah tanggal berlaku polis, bukti pembatalan mestilah disertakan, seperti; fotokopi paspor, surat penolakan visa dan alasan pembatalan. Jika Anda sudah dalam perjalanan dan ingin membatalkan polis, sebutkan nomor polis Anda dan perusahaan asuransi akan mengembalikan premi sesuai keterangan yang tertera di polis. Bacalah pasal tentang pembatalan polis dengan seksama, karena masing-masing polis memiliki peraturan yang berbeda.

12.Apa saja yang Termasuk dalam Polis Asuransi?

Jenis polis asuransi perjalanan sangat bervariasi. Masing-masing memberi perlindungan terhadap situasi gawat darurat selama perjalanan Anda. Mulai dari perjalanan domestik sampai perjalanan internasional, perjalanan orang usia lanjut, perjalanan keluarga dan lainnya. Proteksinya bisa mulai dari pengobatan gawat darurat, kecelakaan, kehilangan bagasi, keterlambatan bagasi, keterlambatan perjalanan, pembajakan, evakuasi, kehilangan dokumen perjalanan, rawat inap tanpa berbayar dan kejadian tak terduga lainnya.

13. Apakah Saya Terlindungi selama Perjalanan Harian, Perjalanan Singkat dan Liburan ke Beberapa Negara Tujuan?

Banyak perusahaan asuransi yang menawarkan polis untuk perlindungan perjalanan harian/perjalanan pendek selama 1-2 hari ke Negara lain. Pastikan batas jangkauan perlindungan asuransi dengan membaca polis secara cermat, atau memastikannya pada pihak penerbit polis. Jika Anda bepergian ke beberapa Negara, pastikan Negara tersebut termasuk dalam polis asuransi Anda. Alternatif lain, belilah polis tahunan yang dapat melindungi Anda setiap waktu saat bepergian.  

14. Jenis Polis Apa yang Harus Saya Miliki?

Pastikan polis melindungi Anda di negara-negara tujuan perjalanan Anda. Contohnya, jika Anda bepergian ke Eropa dan Amerika, pastikan polis tersebut melindungi Anda di kedua Negara tersebut. Ketika Anda mencari perlindungan selama liburan, belilah ‘Single annual Trip’. Jika Anda seorang frequent flyer, belilah ‘Multi trip’. Mahasiswa yang belajar di luar negeri untuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi, bisa memilih ‘Student Travel Insurance’

15. Saya akan Bepergian dengan Kapal Laut, Bagaimana  Memperoleh Polis?

Ada berbagai jenis polis asuransi untuk perjalanan lewat laut. Pilihlah polis yang menawarkan perlindungan maksimal. Baca polis dengan cermat dan ketahuilah negara mana saja yang termasuk dalam perlindungan polis. Anda bisa memilih negara tujuan terjauh dan pastikan lagi dengan pihak asuransi apa saja yang akan terlindungi selama Anda di sana.

16. Apakah Asuransi Perjalanan Hanya Membuang Uang saja?

Rencana perjalanan tentu dibuat berdasarkan dana yang sudah diatur sedemikian rupa. Apabila terjadi situasi gawat darurat yang memerlukan bantuan medis, otomatis dana perjalanan akan terganggu. Misalnya ketika anak Anda sakit, ia akan membutuhkan jasa dokter anak, orang tua Anda sakit karena terjatuh, jasa dokter Ortopedi akan Anda butuhkan. Pihak asuransi perjalanan dapat membantu Anda menemukan pertolongan medis, dan dapat memberikan Anda panduan apa yang harus dilakukan dalam kondisi gawat darurat.

Kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi dalam sebuah perjalanan tak selalu dapat diprediksi . Jika semua berjalan mulus, tentu Anda berpikir bahwa membeli asuransi perjalanan hanyalah membuang uang saja. Ketika perjalanan Anda batal, Anda bisa membatalkan asuransi dan yang akan terpotong hanyalah uang deposit saja. Ketika Anda pulang lebih awal, Anda bisa mengajukan proses pengembalian uang ke pihak asuransi. Di atas semua itu, yang perlu dipikirkan adalah ketika Anda memiliki asuransi perjalanan, setidaknya Anda akan merasa nyaman karena asuransi tersebut akan melindungi Anda dari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan yang mungkin saja terjadi selama perjalanan. Ditambah lagi, ada beberapa Negara yang memberlakukan perlunya setiap pelancong memiliki asuransi perjalanan

17. Terlambat Membeli Asuransi Perjalanan. Kapankah itu?

Asuransi perjalanan bisa diperoleh bahkan sehari sebelum Anda bepergian. Namun perlu dipikirkan juga keuntungan lain jika Anda membeli polis lebih dini, seperti misalnya untuk kepentingan penerbitan visa (seperti Schengen Visa). Persiapkan dengan mengkalkulasikan biaya perjalanan, resiko yang mungkin terjadi, perlindungan yang Anda harapkan dan terakhir, belilah polis asuransi tepat waktu

18. Mengapa Regular Traveler Tetap Perlu Asuransi Perjalanan?

Pengalaman dalam setiap perjalanan  akan selalu berbeda. Anda tidak akan tahu apa yang bakal terjadi. Sangat disarankan untuk mengantisipasi resiko yang kemungkinan terjadi selama perjalanan, dengan asuransi perjalanan. Jika Anda termasuk sering bepergian, polis tahunan adalah pilihan yang tepat, karena semakin sering bepergian kemungkinan adanya gangguan kesehatan karena makanan, udara ataupun jet lag akan lebih mudah terjadi.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda