Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Dibutuhkan Penetrasi Aktif Agar Pemahamanan Akan Jasa Keuangan di Indonesia Tersebar Merata | Pasarpolis Blog

Dibutuhkan Penetrasi Aktif Agar Pemahamanan Akan Jasa Keuangan di Indonesia Tersebar Merata

 by pasarpolis |  2015-06-03 15:24:05

Walaupun sisi keuangan Tanah Air sedang melemah, namun menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), industri keuangan di Indonesia justru berkembang pesat. Sayangnya, perkembangan tersebut tidak dibarengi dengan tingkat pemahaman masyarakat.

Dikarenakan hal tersebut, Kepala Departemen Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Muliaman D Hadad mengharapkan industri keuangan meningkatkan penetrasi keuangan. Menurutnya, sampai saat ini, masyarakat Indonesia sudah banyak yang mengetahui akan layanan jasa keuangan, sayangnya masih sedikit yang mau memanfaatkan atau menggunakannya.

Dari banyaknya layanan jasa keuangan tersebut, kartu kredit merupakan salah satu produk yang paling digemari masyarakat. Uniknya, walaupun digemari, tidak sedikit yang masih bingung untuk memahami segala sesuatu terkait dengan kartu kredit, seperti salah satunya adalah masalah penghitungan bunga kartu kredit.

Agar semua golongan masyarakat dapat memanfaatkan layanan jasa keuangan sekaligus mengerti dan paham akan segala sesuatunya, maka penetrasi perlu dilakukan ke seluruh lapisan. Dengan mengerti dan memahami tentang segala hal yang terkait layanan jasa keuangan , maka masyarakat akan memperoleh investasi yang lebih besar.

Berdasarkan data hasil survei yang dilakukan oleh OJK pada tahun 2013 lalu, sebanyak 59 persen masyarakat Indonesia sudah memanfaatkan jasa industri keuangan. Namun, tingkat pemahaman masyarakat terhadap industri tersebut baru mencapai 21 persen.

Sisi positifnya, dengan ketidaktahuan ini, tidak sedikit dari masyarakat yang langsung menanyakan dan mencari informasi secara langsung atau juga berkomunikasi aktif dengan pihak OJK.

“Dibandingkan dengan tahun lalu, saat ini banyak masyarakat yang sudah sadar dan memanfaatkan layanan OJK. Mulai dari mengadu sampai dengan bertanya-tanya untuk mencari informasi terkait masalah layanan jasa keuangan,” ujar Anto.

Anto juga menjelaskan bahwa OJK menggunakan dua cara dalam menangani segala pengaduan dari masyarakat yaitu Treacable (kemampuan untuk menelusuri) dan Trackable (alur penyelesaian kasus).

Anto berpandangan bahwa dengan semakin banyaknya masyarakat Indonesia yang memanfaatkan layanan jasa keuangan sekaligus mengerti dan paham akan seluk beluknya, maka dapat dikatakan bahwa negara akan memiliki potensi besar dalam bidang investasi dan keuangan sekaligus membuat sisi keuangan Tanah Air solid dan stabil.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda