Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Diam-diam berkebun ternyata memiliki manfaat untuk kesehatanmu, lho! | Pasarpolis Blog

Diam-diam berkebun ternyata memiliki manfaat untuk kesehatanmu, lho!

 by pasarpolis |  2016-02-11 09:17:42

 

Kamu suka bercocok tanam alias berkebun? Tak melulu bermain dengan tanaman-tanaman, ternyata berkebun mempunyai manfaat untuk kesehatanmu, lho.
 
Waktu terbaik untuk berkebun atau mengurus taman yaitu pada pagi hari atau saat libur kerja. Kamu yang gemar berkebun pastinya sering menghabiskan waktu luang untuk merawat tanaman kesayanganmu, kan?

Menariknya lagi dari berkebun, dengan memiliki kebun sendiri, maka lingkungan kamu akan terlihat asri, sejuk dan segar. Tak hanya itu, kebun tersebut akan indah dilihat dan membuat pikiran menjadi rileks. Tak hanya unsur keindahan, ternyata berkebun berdampak positif bagi kesehatan tubuh kamu, lho. 

Meskipun kegiatan tersebut hanya berkutat dengan tanaman, ternyata aktivitas berkebun memiliki dampak yang positif bagi kamu. Berikut ini adalah manfaat berkebun untuk kesehatanmu yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat (4/12).

1. Meningkatkan kesehatan organ jantung

Berkebun dapat dikategorikan sebagai aktivitas fisik dengan intensitas sedang. Meskipun begitu, meluangkan waktu minimal 30 menit setiap hari hanya untuk berkebun dapat menghindarkan dari serangan jantung atau stroke sekaligus menyehatkan jantung kamu.


2. Menurunkan tingkat stres

Berbagai aktivitas berkebun seperti menanam tanaman baru, menyiram, memotong tanaman yang sudah tinggi serta menyediakan media tanam baru dapat mengalihkan perhatian kamu dari pekerjaan sehari-hari di kantor yang tak kunjung selesai. Tentunya dengan berkebun stres karena pekerjaan bakal jauh-jauh dari kamu.


3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tanpa kamu sadari, aktivitas berkebun hampir mirip kegiatan berolahraga. Oleh karena itulah, kesehatan tubuhmu pastinya akan terjaga setiap harinya.


4. Membantu mendapatkan kalsium untuk tulang


Selain untuk meningkatkan kekebalan tubuh, ketika berkebun di pagi hari, tubuhmu akan terpapar sinar matahari pagi yang merupakan sumber vitamin D yang sangat baik untuk penyerapan kalsium untuk tulang kamu.
 

5. Menghindarkan dari hipertensi


Tekanan darah tinggi (hipertensi) tentunya sangat membahayakan kesehatan tubuh kamu. Menurut The National Heart, Lung, and Blood Institute's, berkebun terbukti cukup efektif untuk mencegah tekanan darah tinggi.


6. Sangat efektif untuk membakar kalori

Bagi kamu yang enggan untuk melakukan olahraga setiap hari, maka berkebun menjadi solusi sehat yang dapat kamu ambil. Berbagai kegiatan berkebun yang sangat menyibukkan dapat membakar banyak kalori dalam tubuh kamu. Bagi kamu yang sedang dalam program penurunan berat badan tetapi malas berolahraga, berkebun dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk kamu.


7. Membuat harimu lebih bahagia

foto: ibudanaku.com

Tentunya, ada kebahagiaan tersendiri saat melihat lingkungan sekitar rumah kamu nampak sejuk dan asri. Karena kebun yang selalu kamu rawat menumbuhkan bunga-bunga indah yang beraneka warna di dalamnya. Kepuasan akan kamu dapatkan karena telah berhasil menciptakan suatu lingkungan yang terawat.


8. Menghindarkan dari Alzheimer

Alzheimer atau penurunan fungsi otak yang diakibatkan pertambahan usia dapat kamu hindari lebih dini dengan rutin berkebun. Belum ada penjelasan ilmiah yang bisa diungkapkan. Tapi pada kenyataannya, berkebun merangsang otak untuk selalu berpikir kreatif dan membuat seseorang menjadi super aktif.


source: http://bit.ly/1SJOOVU

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda