Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Cek Kondisi Rem Mobil untuk Keselamatan Perjalanan | Pasarpolis Blog

Cek Kondisi Rem Mobil untuk Keselamatan Perjalanan

 by pasarpolis |  2015-06-04 07:30:27

Sebagai pemilik kendaraan, Anda harus memperhatikan kondisi mobil secara rutin melalui penggantian oli maupun pengecekan komponen mobil. Salah satu komponen mobil yang paling penting adalah rem, karena berfungsi untuk mengurangi kecepatan maupun mengehentikan laju kendaraan.

Apabila sebuah mobil memiliki rem yang kurang baik, bisa saja terjadi kecelakaan karena kecepatan mobil tidak bisa dikurangi. Untuk bisa mengetahui kondisi rem secara maksimal, Anda harus tau beberapa penyebab kerusakan pada mekanisme rem seperti kebocoran selang rem, masalah pada booster dan master rem atau juga kampas rem.

Anda bisa mengetahui apakah rem mobil dalam keadaan yang baik atau tidak dengan pengecekan seperti berikut:

#1: Dalam kondisi mobil berjalan

Ketika mobil melaju dalam kecepatan 20 km/jam lakukan pengereman dengan menahan pijakan rem lalu lepaskan. Lakukan kegiatan itu berulang kali dan sesekali tambah dan kurangi kecepatan Anda. Dengan cara ini, Anda bisa merasakan rem bekerja dengan baik atau tidak.

#2: Saat mobil berhenti

Saat mobil terparkir lebih dari 5 jam, coba injak pedal rem tanpa menyalakan mesin. Apakah pedal terasa bandel atau loss, ini adalah efek dari setting-an rem dan bisa disesuaikan dengan selera. Apabila Anda sudah menyesuaikan setting rem, silahkan coba kendarai mobil. Jika kondisinya jauh lebih buruk dari hari sebelumnya, bisa saja kondisi rem Anda tidak stabil. Penyebabnya adalah suplai udara dari master kurang atau bahkan berlebihan. Selain itu, bisa juga disebabkan oleh kinerja piston yang kurang stabil.

(Baca Juga : Tak Perlu Khawatir Mobil Mogok, Asuransi Kendaraan Siap Membantu)

Selain merawat kendaraan dengan seksama, ada cara lain yang bisa melindungi Anda dari kerugian finansial akibat kecelakaan, yaitu melalui asuransi mobil. Pilih asuransi yang terbaik dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda. 

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda