Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Cegah Kecelakaan Dengan Menjadi Pengemudi Bijak | Pasarpolis Blog

Cegah Kecelakaan Dengan Menjadi Pengemudi Bijak

 by pasarpolis |  2015-06-08 10:23:09

 

Untuk memperingati Hari Raya Idul Fitri, beberapa orang yang beragama Islam melakukan kegiatan rutin tahunan yaitu mudik. Mudik lebaran sangat erat dengan peningkatan jumlah kendaraan bermotor pada jalan raya. Tak hanya sepeda motor saja, ada pula yang menggunakan mobil untuk mengunjungi famili di kota lain.

Mengingat peningkatan tersebut, di beberapa titik jalan kerap mengalami kemacetan yang mengakibatkan pengemudi menjadi stress dan mudah emosi. Namun, Anda sebagai pengemudi tidak harus stress ketika macet terjadi.

Apabila Anda mengalami stres sangat dianjurkan untuk beristirahat terlebih dahulu, karena angka kecelakaan tahunan ketika bermudik masih saja tinggi dan salah satu penyebabnya adalah kurang sabar akibat stress.

Menteri Kesehatan RI, Dr. Nafsiah Mboi, SP.A, MPH memaparkan tips bagaimana cara agar Anda mengurangi stress ketika mengemudi. Berikut tips untuk Anda yang akan melakukan mudik :

Tips#1: Kondisi yang baik

Siapkan fisik yang prima, jangan memaksakan kondisi Anda yang kurang fit untuk berkendara, karena akan berakibat buruk terhadap kemampuan mengemudi Anda. Caranya adalah cek kondisi tubuh, apakah ada yang terasa pegal atau badan Anda mengalami peningkatan suhu yang wajar atau tidak.

Selain itu, jangan menggunakan obat keras, obat yang menyebabkan kantuk, penambah energi. Meski efek yang diberikan penambah energi baik, namun justru itu akan memperbudak tubuh Anda untuk terus terjaga.

Tips#2: Berkendara dengan normal

Jangan berkendara terlalu lama. Idealnya, pengemudi hanya boleh berkendara 4 jam saja. dan berhati-hati ketika cuaca berubah karena kemampuan dan konsentrasi ekstra sangat diperlukan saat kondisi cuaca tidak mendukung untuk mengemudi.

Tips#3: Persiapkan segala kebutuhan

Sediakan kotak P3K dan makanan yang cukup selama perjalanan. Mungkin saat berkendara tangan Anda mengalami lecet, bisa-bisa konsentrasi Anda pecah dan menabrak jalan. Selain itu P3K juga menyediakan beberapa obat yang sangat penting untuk menyembuhkan kondisi Anda saat berkemudi, namun usahakan tidak membawa obat yang menyebabkan kantuk.

(Baca Juga : Lindungi Mobil Anda dengan Asuransi Kendaraan Terbaik)

Sebagai pengemudi yang bijak, Anda harus berani bertindak tegas terhadap diri Anda. Jangan membohongi diri dengan alasan terburu-buru sehingga Anda melakukan tindakan yang ceroboh. Kenali tubuh Anda dan perbaiki kekurangan tersebut, agar keselamatan saat berkendara bisa Anda jamin. Karena mungkin saja Anda tidak berkendara sendiri, melainkan bersama keluarga dan anak-anak jadi sangat dianjurkan Anda harus lebih bijak ketika bermudik.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda