Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Cegah Agen Asuransi Nakal, OJK Lakukan Pendataan dan Regulasi Khusus | Pasarpolis Blog

Cegah Agen Asuransi Nakal, OJK Lakukan Pendataan dan Regulasi Khusus

 by pasarpolis |  2015-06-03 15:26:59

Selain akan membuat database untuk seluruh agen asuransi yang ada di Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berencana menerbitkan regulasi terkait peraturan agen asuransi di Tanah Air.

Pendataan agen yang ada di setiap perusahaan asuransi dan juga pemberlakuan regulasi khusus dan resmi dirasa penting karena OJK ingin menekan tumbuhnya para agen-agen asuransi ‘nakal’ serta bertujuan agar para agen dapat secara jelas dan detail dalam penyampaian dan pemasaran produknya ke konsumen. Selain itu, hal tersebut juga merupakan salah satu cara untuk melindungi konsumen dari segala risiko terkait asuransi.

Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank OJK Firdaus Djaelani menjelaskan bahwa penjualan produk asuransi kepada konsumen harus disertai dengan penjelasan yang mendetail dan juga benar-benar transparan.

“Dalam rangka penjualan produk, para agen harus benar-benar mengerti apa yang mereka jual dan tidak boleh sembarangan. Harus benar-benar transparan dan tidak ada yang boleh disembunyikan,” ujarnya.

Selain itu, Firdaus juga menekankan bahwa setiap perusahaan asuransi harus benar-benar menjelaskan secara detail kepada para agen, agar semua informasi yang diterima dapat dijelaskan kembali ke konsumen dengan jelas.

“Tidak bolah ada yang disembunyikan. Semua agen harus mendapatkan informasi detail dari perusahaan asuransi agar ketika menjelaskannya kembali ke konsumen dapat secara benar,” lanjutnya.

Sebenarnya, peraturan untuk para agen asuransi sudah ada dan tertuang dalam Undang-Undang. Dalam peraturan tersebut, para agen harus mengerti produk yang dijelaskan, transparan kepada konsumen dan harus terus meningkatkan pengetahuannya. Namun, regulasi yang sedang digodok oleh OJK ini lebih mengacu pada pengaturan komisi untuk setiap agen.

Menurut Firdaus, pembuatan regulasi ini bertujuan agar antara agen dan konsumen ketika kesepakatan sudah terjalin tetap terjalin hubungan komunikasi.

“Agar agen tetap keep contact dengan pemegang polis dan tidak ada masalah hit dan run lagi,” lanjutnya.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda