Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Cara Sederhana Merawat Mesin Mobil | Pasarpolis Blog

Cara Sederhana Merawat Mesin Mobil

 by pasarpolis |  2015-06-04 07:46:47

Memiliki mobil sebagai kendaraan pribadi yang biasa kita gunakan sehari-hari juga mengharuskan kita melakukan perawatan secara hati-hati dan menyeluruh. Agar mobil tetap nyaman digunakan dan mesinnya berfungsi dengan layak, perawatan untuk mobil adalah suatu hal yang tidak boleh diabaikan.

Harus ada waktu yang diluangkan khusus untuk merawat mobil, baik mobil Anda masih baru ataupun sudah lama Anda miliki. Baik itu mobil jenis matic (automatic) maupun mobil yang didesain dengan transmisi manual. Langkah perawatan mobil tidaklah sulit, berikut 4 cara mudah untuk merawat mobil:

Cara#1: Mengganti oli secara berkala

Oli berperan sangat penting dalam performa mobil. Kondisi mobil bergantung pada oli agar dapat selalu prima. Meski setiap mobil diberi standar masing-masing sesuai tipenya, namun secara umum penggantian oli harus dilakukan saat jarak tempuh sudah mencapai 3.000 km hingga 5.000 km.

Cara#2: Mengecek coolant atau cairan radiator

Radiator berfungsi menetralisir panas mesin mobil. Tak hanya beresiko menyebabkan kerusakan pada mesin, air radiator yang kosong juga bisa memicu overheat atau keadaan terlalu panas pada mesin. Untuk menjaga kondisi mesin, periksa air radiator mobil secara berkala.

Cara#3: Membersihkan filter karburasi

Jika kadang mesin mobil susah dihidupkan, itu mungkin karena saringan karburasi filter yang kotor. Membersihkannya cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri, yaitu dengan menggunakan sikat gigi dengan cara menggosok kerak dan kotoran yang menempel pada saringan hinga bersih.

Cara#4: Memacu mobil

Kerak bisa muncul pada beberapa bagian mesin jika mobil sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama. Hal ini juga mudah mengatasinya, Anda cukup memacu mobil dengan cara menginjak pedal gas lebih dalam, ini bertujan untuk membersihkan kerak pada mesin agar ikut keluar melalui knalpot. Namun perhatikan juga keamanan saat Anda berkendara dengan kecepatan lebih.

(Baca Juga : Mobil ‘Sehat’, Berkendara Jadi Lebih Tenang)

Agar lebih aman dan nyaman, Anda bisa percayakan perlindungan kendaraan lewat asuransi mobil yang terpercaya.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda