Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Cara Mudah Cek Saldo Polis BPJS Lewat Aplikasi di Android | Pasarpolis Blog

Cara Mudah Cek Saldo Polis BPJS Lewat Aplikasi di Android

 by pasarpolis |  2016-03-15 14:42:40


Masyarakat Indonesia kini semakin dimudahkan dengan adanya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau yang biasa disingkat BPJS. Rupanya, kini usaha pemerintah untuk meningkatkan dan memperbaiki layanan BPJS terhadap pesertanya semakin maksimal. Hal tersebut dibuktikan dengan dibuatnya sebuah aplikasi ponsel (mobile app) khusus untuk para perserta BPJS khususnya BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK) yang bernama BPJSTK Mobile. Aplikasi ini dibuat sebagai jawaban untuk kebingungan yang dialami para peserta BPJSTK tentang cara cek saldo BPJS yang telah dibayarkan.

Romie Erfianto selaku Kepala Divisi Pengembangan Teknologi Informasi untuk BPJSTK mengatakan bahwa aplikasi tersebut akan sangat mempermudah para peserta BPJSTK. Di dalam aplikasi tersebut terdapat beberapa fitur utama seperti melihat saldo Jaminan Hari Tua (JHT), layanan E-saldo JHT, simulasi perhitungan saldo JHT dan masih banyak lagi.

“Jadi, para peserta bisa lebih mengetahui soal BPJS Ketenagakerjaan yang dimilikinya. Kalau dulu saldo iuran kita cetak setiap tahun, kemudian diberikan ke HRD, tapi kan belum tentu HRD-nya memberitahu ke pegawainya. Nah, dengan ini pegawainya bisa langsung akses, jadi lebih transparan. Kita bisa tahu berapa iuran yang disetorkan, apakah jumlah dan waktunya sudah tepat," jelasnya tentang manfaat BPJSTK Mobile.

Namun, Romie mengatakan bahwa aplikasi ini bukanlah baru diluncurkan. Bahkan, aplikasi itu sudah ada sejak 1 tahun. Sayangnya tidak banyak peserta yang tahu adanya BPJSTK Mobile yang akan sangat memudahkan mereka. Hal itu terjadi karena kurangnya sosialisasi yang dilakukan oleh pengelola.

“Sebenarnya aplikasi ini sudah ada sekitar 1 tahun terakhir. Tapi mungkin karena selama ini kurang sosialisasinya sehingga banyak yang belum tahu,” ujar Romie ketika ditemui di Jakarta pada  awal bulan Februari lalu. Karena itu, Romie mengatakan akan terus mengadakan  sosialisasi pada peserta di seluruh Indonesia, agar para peserta lebih mengenal aplikasi BPJSTK Mobile sebagai salah satu cara cek saldo BPJS.

(Baca juga : Masyarakat Keluhkan Naiknya Iuran BPJS Kesehatan)

Kendati masih belum banyak yang tahu tentang keberadaan aplikasi ini, Romie mengatakan bahwa BPJSTK Mobile sudah masuk ke dalam 100 aplikasi yang paling banyak diunduh di Tanah Air, tepatnya di posisi ke-92. Selain itu, PBJSTK Mobile juga menduduki posisi ke-3 di sektor aplikasi industri finansial di Indonesia.

Layanan BPJSTK Mobile juga semakin mumpuni dengan terintegrasi langsung dengan media sosial resmi milik BPJS Ketenagakerjaan seperti halaman Facebook dan Twitter sebagai media untuk Q&A atau tanya jawab. Dengan demikian, peserta yang memiliki kebingungan atau complain bisa langsung bertanya atau melakukan pengaduan melalui kedua jejaring sosial tersebut. Untuk cara cek saldo BPJS melalui BPJSTK Mobile, aplikasi tersebut bisa diunduh di Google Store, Play Store atau Blackberry App World.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda