Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Buka Puasa | Pasarpolis Blog

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Buka Puasa

 by pasarpolis |  2015-06-09 12:06:51

Menjaga kesehatan dan memanfaatkan perlindungan jasa asuransi kesehatan memang menjadi jaminan untuk jangka panjang, namun melakukan pencegahan atas segala resiko kesehatan adalah prioritas utama. Tak terkecuali pada bulan puasa yang sebentar lagi tiba. Khususnya saat berbuka puasa, memang dianjurkan bagi kita untuk mengonsumsi sajian yang manis.

Namun, jika tidak memilih makanan dengan benar, justru gula darah akan naik dan resiko diabetes meningkat. Setelah berpuasa 12 jam tubuh memang kehilangan banyak kalori dan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula bertujuan mengembalikan energi tubuh. Tetapi yang harus digarisbawahi adalah mengonsumsinya tidak boleh berlebihan.

Dr. Diana Suganda, ahli gizi, mengatakan bahwa kandungan gula alami yang terdapat dalam buah-buahan atau disebut dengan fruktosa, lebih baik dan aman untuk dikonsumsi . Sementara glukosa tinggi yang terdapat dalam gula buatan seperti gula pasir dan gula batu cenderung meningkatkan kadar gula darah. Tak hanya asupan gula saja, pola makan juga penting untuk dijaga selama puasa.

Kita harus memperhatikan pola makan terutama saat berbuka puasa. Cobalah hindari mengonsumsi makanan dan minuman langsung dalam jumlah banyak. Sebaiknya Anda minum segelas air putih saja saat berbuka, sebab selama puasa seharian kita telah kehilangan banyak cairan tubuh.

(Baca Juga : 4 Tips agar Puasa Nyaman dan Tubuh Tetap Aman)

Penting juga diperhatikan saat berbuka puasa sebaiknya tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang bersifat diuretik, yakni makanan dan minuman yang dapat mempercepat proses pelepasan cairan tubuh. Ini supaya urine tidak mudah terbuang. Jadi sebaiknya hindari makanan dan minuman seperti asparagus, seledri, teh hijau dan jus cranberry.

Setelah berbuka dengan kudapan, beri jeda waktu 15 hingga 30 menit sebelum menuju hidangan utama untuk adaptasi lambung dan pencernaan yang tidak bekerja selama 14 jam. Sistem pencernaan akan ikut bekerja lebih berat jika kita langsung memakan makanan berat saat berbuka, dan itu bisa berdampak buruk untuk kesehatan pencernaan.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda