Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Cara Mengurangi Stres Mulailah Jalani Hidup Seimbang | Pasarpolis Blog

Cara Mengurangi Stres Mulailah Jalani Hidup Seimbang

 by pasarpolis |  2016-05-16 10:37:43

Menjalani kehidupan seimbang akan membantu Anda meredakan stres serta memberikan dampak positif pada kesehatan jiwa dan raga.

Terkadang ada saatnya kita merasa terombang-ambing di tengah lautan tugas dan kepentingan yang saling “berteriak” minta didahulukan, mulai dari beban pekerjaan, masalah keluarga, tuntutan pergaulan, dan sebagainya. Menurut Richard Blonna, penulis buku Stress Less, Live More: How Acceptance and Commitment Therapy Can Help You Live a Busy Yet Balanced Life, situasi tersebut amat berpotensi memunculkan stres yang bisa berlangsung dalam jangka pendek maupun panjang.

Kabar buruknya, deraan stres yang berlarut-larut tanpa stress management yang baik bisa mendatangkan dampak negatif pada kesehatan tubuh dan jiwa. Depresi, gangguan kecemasan (anxiety disorders), tekanan darah tinggi, sampai serangan jantung dan stroke, adalah beberapa jenis penyakit yang seringkali diasosiasikan dengan kondisi stres berkepanjangan. Itu masih belum ditambah dengan berkurangnya kualitas hidup akibat kondisi kesehatan yang merosot.

Stress Management, Perlu Dilakukan Setiap Hari

Agar tak sampai hanyut dalam gelombang stres, Blonna menyarankan untuk menjalani kehidupan secara lebih seimbang. Seimbang, dalam arti tidak berat sebelah dan hanya mementingkan salah satu aspek kehidupan namun mengabaikan aspek lainnya. Bobot perhatian untuk karier mesti setara dengan atensi untuk keluarga, kesehatan, pergaulan sosial, dan sebagainya. Berikut tips mengurangi stres dan langkah-langkah lain yang bisa Anda lakukan demi mencapai kehidupan yang lebih seimbang:

- Susun prioritas. Membuat daftar berisi hal-hal yang mesti dilakukan dan mengurutkannya berdasarkan skala prioritas akan amat membantu kita mengelola waktu dan pikiran. Selanjutnya, kerjakan tugas di dalam daftar secara berurutan, satu demi satu. Mencoret isi daftar yang telah dikerjakan akan mendatangkan perasaan lega dan menjadi cara mengurangi stres yang ampuh.

- Jangan ragu minta bantuan. Karena berbagai sebab, tak sedikit di antara kita yang ngotot mengerjakan berbagai hal di luar batas kemampuan. Padahal hal ini berisiko mengakibatkan pekerjaan tak terselesaikan dengan baik—yang ujung-ujungnya justru memicu munculnya stres baru. Karenanya, jangan ragu minta bantuan jika diperlukan. Minta bantuan bukanlah indikasi kelemahan, melainkan justru kebijaksanaan, karena Anda memahami batas kemampuan pribadi.

- Terapkan teknik pernapasan dan olahraga. Penerapan teknik pernapasan yang benar adalah salah satu cara mengurangi stres yang sudah dibuktikan kebenarannya oleh sejumlah penelitian. Kombinasikan latihan pernapasan dengan melakukan olahraga secara teratur untuk memicu pelepasan hormon endorfin (hormon yang mendatangkan perasaan santai dan bahagia). Niscaya, Anda akan merasa lebih bugar secara fisik dan emosional dari waktu ke waktu.

- Sabar dan tanamkan pikiran positif. Setiap kali muncul perasaan gelisah dan tidak sabaran, ingatlah bahwa kehidupan itu adalah sebuah ajang lari maraton dan bukan perlombaan lari sprint. Bersabar dan menanamkan sugesti positif akan membuat Anda merasa lebih tenang dan mampu menilai berbagai hal secara lebih obyektif. Keduanya adalah langkah stress management yang bisa diandalkan.

 

- Lindungi diri sendiri. Kebiasaan buruk seperti merokok, begadang, senang menyantap junk food, dan sebagainya, amat berpotensi mengancam kesehatan tubuh. Padahal, memelihara kesehatan tubuh amat berpengaruh pada kesehatan jiwa. Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang sehat juga, bukan? Makanya, lindungi diri Anda dengan cara menghapus kebiasaan buruk tersebut secara bertahap. Tak kalah pentingnya, lengkapi juga perlindungan diri untuk kesehatan Anda dengan polis asuransi kesehatan untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan. Lebih sedikit beban pikiran yang mendera, lebih mudah pula Anda menerapkan stress management dalam kehidupan sehari-hari.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda