Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Cara Mengatasi Nyeri Pada Lutut | Pasarpolis Blog

Cara Mengatasi Nyeri Pada Lutut

 by pasarpolis |  2016-05-06 10:13:40

Penyebab Nyeri Pada Lutut

Nyeri pada lutut adalah nyeri pada sendi lutut yang dapat dialami oleh semua orang dari usia muda hingga tua. Nyeri pada lutut ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti:

  • Cedera, meliputi cedera pada tulang rawan dan kerusakan tendon atau ligamen.
  • Mengidap penyakit tertentu, seperti asam urat, osteoartritis, dan tendonitis.
  • Mengalami pendarahan pada sendi.
  • Terkena infeksi.

Biasanya nyeri pada lutut yang terjadi dapat ditangani sendiri di rumah, tetapi ada beberapa kondisi yang membutuhkan penanganan medis, seperti operasi atau yang bisa menyebabkan nyeri berkepanjangan, kerusakan pada sendi, dan bahkan cacat jika tidak ditangani secara khusus.

Cara Mengatasi Nyeri Pada Lutut 

Nyeri pada lutut menjadi masalah kesehatan yang sering kita jumpai. Lalu apa yang harus kita lakukan untuk mengatasi nyeri pada lutut? Pakar yang memahami tentang masalah sendi dan tulang menganjurkan kita untuk melakukan beberapa hal yang dapat mengatasi nyeri pada lutut sperti :

1. mengistirahatkan lutut dari aktivitas berat untuk mengurangi intensitas nyeri. 


mengistirahatkan lutut dari aktivitas normal untuk mengurangi beban pada lutut, hal ini akan memberi waktu untuk lutut untuk beristirhat dan membantu mencegah kerusakan lebih lanjut. Untuk mengatasi nyeri pada lutut yang ringan mungkin hanya perlu satu hari untuk istirahat. Sedangkan untuk nyeri pada lutut yang berat akan membutuhkan waktu pemulihan yang lebih lama.

2. melakukan kompres dingin menggunakan es, juga dapat mengurangi nyeri dan mengurangi pembengkakan. 

kompres lutut yang sakit setidaknya 10-20 menit setiap 3-4 jam dan dilakukan 2-3 hari hingga gejala nyeri hilang. Beberapa alat bantu seperti elastic bandage, straps juga dapat membantu penyembuhan nyeri lutut derajat ringan. 

3. Mengurangi beban lutut yang nyeri dengan menopang bagian yang sakit.

Untuk membantu mengurangi pembengkakan, cobalah menopang lutut yang sakit pada bantal atau meletakkan kaki di atas kursi.

Untuk kasus yang lebih berat, dokter ahli akan menganjurkan dilakukan penyuntikan kortikosteroid, asam hialuronic dan platelet-rich plasma(PRP) langsung ke sendi lutut. 

Namun untuk Pertolongan pertama yang dapat kita lakukan untuk mengatasi nyeri pada lutut adalah dengan Minum Obat Anti Nyeri  yang banyak tersedia di apotek dan toko obat, obat anti nyeri yang dapat dibeli tanpa resep yang dapat membantu meredakan nyeri pada lutut dengan cepat. Selain itu ada juga obat oles berupa krim yang digosok langsung pada lutut, biasanya terasa hangat atau panas dan dapat meredakan nyeri pada lutut.
 

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda