Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Cara Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik di Indonesia | Pasarpolis Blog

Cara Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik di Indonesia

 by pasarpolis |  2015-12-14 02:46:32

Hal tersebut seseuai dengan prinsip ekonomi yang menyatakan bahwa semakin bertambah usia, seseorang akan mengalami penurunan performa dan juga kesehatan, sedangkan biaya hidup tidak akan turun dan terus menanjak. Akibatnya, berhutang adalah jalan pintas untuk keluar dari kesulitan tersebut. Padahal hal ini hanya akan menambah kesulitan yang Anda alami. Oleh karena itu, memeprsiapkan diri sejak dini adalah hal yang terbaik. Tapi, bagaimana caranya?

Sebenarnya cukup mudah untuk mengatasi kesulitan biaya ketika sakit di usia yang sudah tak muda lagi tanpa harus menguras tabungan pribadi. Hanya berbekal produk asuransi kesehatan yang Anda miliki sejak dini, merupakan salah satu solusi tepat untuk mengatasi kesulitan tersebut di kemudan hari.

Namun, saat ini terdapat banyak sekali perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi kesehatan. Untuk memiliki produk asuransi kesehatan terbaik dan tepat dengan kebutuhan Anda tentu diperlukan ketelitian dan kecermatan tinggi. Terlebih lagi bagi orang yang masih awam dan belum sepenuhnya paham dan mengerti akan seluk beluk asuransi. Lantas bagaimana memilih asuransi kesehatan terbaik?

Cara termudah tentu saja dengan membandingkan tiap produk asuransi kesehatan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi yang aktif di Indonesia. Namun, sebelum melangkah lebih jauh, sebaiknya Anda memahami betul apa yang dimaksud dengan asuransi kesehatan. Berikut penjelasannya.

(Baca juga : Pengertian Asuransi Kesehatan Beserta Jenis-jenisnya )

#1. Pengertian asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan jenis produk asuransi yang berfungsi untuk memberikan proteksi atau pelimpahan risiko finansial kepada pihak penanggung atau perusahaan asuransi dari tertanggung atau pemegang polis.

Dalam asuransi kesehatan, proteksi yang dimaksud berupa penggantian biaya kesehatan apabila pemegang polis dirawat di rumah sakit, baik karena terserang penyakit atau tertimpa musibah, seperti kecelakaan. Cakupan proteksi atau besaran biaya penggantian yang bisa didapatkan oleh tertanggung sesuai dengan jenis perluasan asuransi kesehatan yang diambil dan disepakati dalam perjanjian kontrak antara pemegang polis dan perusahaan asuransi.

Saat terserang musibah, baik berupa penyakit ataupun perawatan pasca kecelakaan, dengan adanya asuransi kesehatan, tertanggung tak perlu lagi memikirkan biaya yang akan dikeluarkan untuk pengobatan dan cukup fokus pada proses penyembuhan saja. Hal ini sesuai dengan manfaat asuransi kesehatan dimana biaya pengobatan dan perawatan akan dilimpahkan ke perusahaan asuransi yang bersangkutan.

Namun, asuransi kesehatan harus Anda bedakan dengan asuransi penyakit kritis yang akan memberikan santunan berupa uang tunai ketika tertanggung menderita penyakit kritis tertentu, seperti kanker.

#2. Poin penting dalam asuransi kesehatan

Terdapat beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli produk asuransi kesehatan. Poin=poin berikut ini akan membantu Anda untuk menentukan mana saja asuransi kesehatan terbaik di Indonesia

  • Cashless

Cashless merupakan salah satu proses pengajuan klaim daiaman perusahaan asuransi untuk mengendapkan tagihan dari tertanggung atau orang yang mendapatkan pelayanan kesehatan di rumah sakit yang bertujuan untuk mengurangi beban keuangan langsung dari sang tertanggung pada saat menjalani rawat inap.

Sistem cashless akan memudahkan pemegang polis dalam proses penggantian klaim. Karena ketika masuk rumah sakut, Anda cukup menunjukkan kartu asuransi untuk membayar tagihan rumah sakit. Sehingga Anda tak perlu lagi mengeluarkan uang tunai dari tabungan atau dana pribadi lainnya.

Namun, sistem cashless hanya berlaku di rumah sakit tertentu yang menjadi mitra dari perusahaan asuransi. Di rumah sakit mitra, umunya terdapat mesin pembaca kartu yang akan mengenali kartu asuransi Anda ketika digesekkan.

Sayangnya, sistem ini tidak akan berfungsi apabila rumah sakit yang Anda tuju tidak menjadi mitra dari perusahaan asuransi kesehatan, sehingga Anda harus membayar semua tagihan rumah sakit menggunakan dana pribadi.

  • Rumah Sakit mitra

Dalam memilih perusahaan asuransi, cari tahu secara lengkap daftar rumah sakit yang menjadi mitra, terutama jika Anda memilih produk dengan sistem cashless. Karena sistem ini hanya dapat digunakan di rumah sakit yang telah menjadi mitra perusahaan asuransi.

Jika Anda menuju rumah sakit yang tidak menjadi mitra perusahaan asuransi, rumah sakit tidak akan menerima kartu asuransi kesehatan yang Anda miliki, sehingga Anda harus menanggung sendiri biaya rumah sakit menggunakan dana pribadi Anda.

Oleh sebab itu, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu rumah sakit mitra sebelum Anda memutuskan untuk membeli produk asuransi.

  • Plafond limitless

Setiap produk asuransi tentu memiliki limit atau plafond yang membatasi klaim maksimum. Begitu pula dengan produk asuransi kesehatan yang memberlakukan plafond. Plafond ini dibagi menjadi dua dengan batasan yang berbeda, yaitu limit gabungan semua perawatan dan limit per perawatan.

Agar lebih mudah bagi Anda, sebaiknya pilih asuransi kesehatan dengan limit gabungan. Limit gabungan memungkinkan Anda untuk tidak mengeluarkan biaya tambahan ketika harus menutupi kekurangan biaya yang tidak termasuk dalam manfaat asuransi kesehatan. Namun, dengan fungsi proteksi yang lebih luas, tentunya besaran premi yang diberlakukan juga akan lebih tinggi dibandingkan dengan limit per perawatan.

Meskipun disarankan untuk memilih limit gabungan, namun Anda juga disarankan untuk tetap melihat dulu sisi keuangan Anda sebelum memutuskan mengambil dan menggunakan limit gabungan atau limit per perawatan. Hal ini ditujukan agar lebih mudah bagi Anda untuk membayar premi dan tak merasa keberatan dari sisi finansial.

  • Asuransi kesehatan murni

Asuransi Kesehatan Murni merupakan asuransi kesehatan yang berdiri sendiri dan tidak menjadi bagian dari asuransi jiwa. Meskipun begitu, perusahaan asuransi juga sering menawarkan asuransi jiwa yang telah mencakup asuransi kesehatan di dalamnya. Asuransi jenis ini disebut juga dengan istilah rider. Selain asuransi jiwa yang mencakup asuransi kesehatan, juga terdapat asuransi unit-link yang menawarkan produk asuransi sekaligus investasi.

Dengan fasilitas dan manfaat asuransi yang diberikan dengan cakupan luas, tentu saja harga premi yang harus dibayarkan lebih mahal. Selain itu, porsi benefit untuk kesehatan jauh lebih kecil dibanding asuransi kesehatan murni. Oleh karena itu, asuransi kesehatan murni jauh lebih disarankan dibanding jenis asuransi kesehatan yang digabungkan dengan produk finansial lainnya.

(Baca juga : Tips Memilih Produk Asuransi Kesehatan Terbaik )

  • Prioritaskan rawat inap

Asuransi kesehatan yang baik, seharusnya mengutamakan pertanggungan biaya rawat inap, karena membutuhkan biaya yang lebih besar. Jadi, selain pertanggungan biaya perawatan dokter dan obat-obatan, perhatikan pula pertanggungan yang diberikan untuk rawat inap dan rawat jalan.

Sebaiknya, pilih produk asuransi kesehatan yang memiliki klausul untuk menanggung biaya rawat inap. Selain itu, ketahuo juga apakah klausul rawat inap tersebut mencantumkan klinik sebagai salah satu tempat medis di dalamnya atau tidak.

  • Hindari penawaran asuransi kesehatan via telepon

Agen asuransi saat ini kerap menggunakan telepon sebagai media untuk mencari klien baru. Namun, sebaiknya Anda tidak menanggapi asuransi kesehatan yang ditawarkan via telepon, apalagi memutuskan untuk membelinya.

Hal ini berhubungan dengan keterbatasan informasi yang Anda terima. Informasi yang disampaikan melalui telepon tentu tidak terlalu mendetail dan melewatkan hal-hal yang dianggap sepele oleh agen asuransi. Padahal hal sepele tersebut bisa saja sangat berguna bagi Anda di masa depan.

Hingga koini, tak sedikit klien yang merasa telah ditipu oleh agen asuransi karena membeli asuransi kesehatan via telepon. Mulai dari klausul atau syarat khusus secara detail, hingga batasan produk yang telah dibeli. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika Anda bertemu langsung dengan agen sebelum memutuskan untuk membeli produk asuransi kesehatan.

  • Perhatikan masa tunggu penyakit

Asuransi kesehatan, lazimnya akan memberikan perlindungan untuk segala sesuatu yang berkaitan dengan kesehatan. Namun, Anda juga harus paham bahwa terdapat beberapa penyakit yang klaimnya tidak dapat diurus sewaktu-waktu karena membutuhkan jangka waktu tertentu untuk tiap prosesnya. Oleh karena itu, sebaiknya tanyakan penyakit apa saja yang termasuk dalam daftar tunggu klaim dan berapa lama klaim dapat cair setelah diajukan.

  • Perbandingan

Setelah mengetahui poin-poin penting dalam sebuah asuransi kesehatan. Langkah selanjutnya yang bisa Anda ambil adalah membandingkan produk asuransi kesehatan mana yang terbaik diantara berbagai produk asuransi kesehatan yang ditawarkan perusahaan asuransi.

Poin-poin tersebut, dapat membantu Anda untuk menentukan produk asuransi kesehatan terbaik di Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda