Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Cara Klaim Asuransi Kesehatan Terlengkap | Pasarpolis Blog

Cara Klaim Asuransi Kesehatan Terlengkap

 by pasarpolis |  2016-07-19 06:18:34

Klaim asuransi kesehatan adalah bagian paling penting yang membutuhkan informasi sangat detail agar bisa diterima oleh pihak asuransi. Tidak jarang seorang pemegang polis harus bolak-balik membuat surat keterangan setelah klaimnya ditolak berkali-kali. Peraturan yang mengikat kedua belah pihak baik pemegang polis maupun pihak asuransi sebenarnya sudah tertulis jelas pada ketentuan dalam polis.

Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Mengajukan Klaim Asuransi Kesehatan

Yang menjadi permasalahan, banyak peserta asuransi yang kadang tidak teliti dan kurang membaca Polis yang mereka pegang dengan baik. Efeknya, proses klaim jadi sulit dan terasa menyusahkan, terutama pada asuransi kesehatan. Agar klaim asuransi kesehatan Anda bisa diterima dan diproses dengan mudah, berikut 4 poin penting yang harus Anda cermati:

Point#1: Melebihi masa tunggu klaim asuransi kesehatan

Masa tunggu atau grace period adalah masa di mana tertanggung belum boleh mengajukan klaim. Biasanya lamanya 30 sampai 60 hari sejak disetujuinya polis. Sebelum mengajukan klaim, sebaiknya pahami betul berapa lama masa tungguasuransi kesehatan. Setelah melewati masa tunggu klaim asuransi kesehatan barulah pemegang polis bisa melakukan klaim asuransi.

Point#2: Bukan penyakit yang tidak diganti pada 1 tahun pertama

Tidak semua penyakit diberi masa tunggu 30 sampai 60 hari. Ada beberapa penyakit dengan masa tunggu lebih lama, yakni 12 bulan atau 1 tahun, jadi Anda baru bisa melakukan klaim 12 bulan setelah polis disetujui, dan klaim seelum 1 tahun tidak akan disetujui atau ditolak.

Point#3: Bukan pre-existing condition

Ini merupakan ketentuan dalam asuransi kesehatan yang menjelaskan bahwa peserta menderita penyakit atau kondisi yang sudah ada sebelumnya. Jika ini terjadi, biaya apapun yang diklaim pihak tertanggung tidak akan dibayar oleh pihak asuransi.

Point#4: Memenuhi syarat rawat inap

Syarat klaim rawat inap harus memenuhi beberapa ketentuan, yakni rumah sakit dan klinik harus sesuai dengan rujukan yang ditetapkan pihak asuransi. Selain itu, ketentuan lamanya rawat inap juga menentukan pengajuan klaim Anda agar bisa diterima.

 

Anda juga perlu mengetahui mengapa penyebab klaim asuransi kesehatan Anda ditolak, berikut akan dijabarkan beberapa alasan penolakan klaim asuransi :

Alasan-alasan kenapa klaim asuransi kesehatan ditolak, antara lain:

1. Klaim yang diajukan tidak termasuk dalam klausul perjanjian kontrak yang disepakati bersama dan ditandatangani di awal perjanjian. semua jenis klaim harus berdasarkan klausul yang sudah disepakati bersama.

2. Klaim yang dilakukan tidak menyalahi kontrak, tapi tidak masuk dalam cakupan perluasan perjanjian asuransi. Perusahaan asuransi akan mengcover pembiayaan biaya kesehatan untuk hal umum, namun apabila sang tertanggung tidak menambahkan klausul tambahan seperti penyakit kanker, tumor dan berbagai macam penyakit sejenisnya, maka perusahaan akan menolak klaim yang diajukan.

3. Penyakit bawaan yang diderita pemegang polis tidak termasuk atau tidak diberitahukan kepada pihak asuransi di awal kesepakatan dan penandatanganan kontrak. Sehingga pemegang polis dianggap menipu perusahaan asuransi.

4. Dokumen yang diajukan oleh pemegang polis tidak lengkap. Kelengakapan dokumen menjadi salah satu hal penting yang harus dipenuhi oleh pemegang polis, karena dokumen-dokumen tersebut sangat diperlukan untuk proses klaim asuransi kesehatan.

5. Dokumen yang diajukan oleh pemegang polis adalah dokumen palsu atau direkayasa. Jika pemegang polis ketahuan melakukan kecurangan seperti pemalsuan dokumen maka perusahaan asuransi berhak menolak klaim.

6. Polis dalam status lapse atau tidak aktif karena belum terbayarkannya premi dan sudah jatuh tempo. Jika polis Anda tidak aktif atau masih dalam masa tunggu maka klaim asuransi tidak dapat dilakukan

7. Klaim diajukan melebihi waktu yang ditentukan dalam persyaratan pengajuan klaim yang sudah ditentukan perusahaan asuransi sebelumnya.

Agar klaim asuransi kesehatan Anda diterima, simak cara melakukan klaim asuransi yang benar :

Cara melakukan klaim yang benar, antara lain:

1. Pastikan dokumen yang diminta lengkap. Anda harus pastikan dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan klaim lengkap. Sebab, ini sangat berpengaruh terhadap kelancaran proses klaim Anda, jika dokumen Anda lengkap dan diisi dengan sebenar-benarnya maka proses klaim akan berjalan lebih lancar.

2. Cari perusahaan yang menggunakan kartu asuransi kesehatan. Biasanya, perusahaan asuransi kesehatan yang menggunakan kartu asuransi kesehatan akan memberikan kartu asuransi kesehatan beserta daftar rumah sakit mana saja yang memiliki kerja sama dengan mereka. Dengan menunjukkan kartu ini, maka pemilik polis tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun dalam masa rawat dan penyembuhan. Sayangnya, cakupan rumah sakit suatu perusahaan asuransi dengan yang lainnya berbeda-beda. Ada yang memiliki mitra rumah sakit sangat banyak, ada pula yang terbatas. Klaim asuransi kesehatan jenis ini tergolong sangat mudah.

3. Menggunakan sistem reimbursement. Dengan cara ini, Anda tidak perlu khawatir untuk berobat atau melakukan perawatan di mana saja, karena semua biaya akan ditanggung oleh perusahaan asuransi, mulai dari rawat inap, biaya medis sampai dengan biaya dokternya. Sayangnya, cara satu ini mengharuskan Anda untuk membayar dengan uang sendiri terlebih dahulu dan untuk mendapatkan uang tersebut kembali, Anda harus melaporkan dan menyerahkan semua berkas, dokumen termasuk kuitansi pembayaran selama perawatan di suatu rumah sakit.

4. Periksa dan pastikan bahwa polis Anda masih dalam status aktif, masih dalam masa tunggu atau tidak, serta terbukti benar dan sah. Jika polis Anda masih dalam masa aktif maka klaim bisa dilakukan, tapi jika polis Anda dalam masa tunggu atau polis Anda sudah tidak aktif maka Anda tidak dapat melakukan klaim asuransi.

5. Perhatikan dengan cermat tagihan rumah sakit, termasuk data perawatannya serta hal-hal yang menyangkut diagnosanya. Apakah semua yang tercantum masuk dalam cakupan asuransi keseahatan Anda, jika iya proses klaim asuransi kesehatan bisa dilakukan.

6. Ajukan sesegera mungkin semua dokumen secara lengkap, tapi jangan lupa untuk meng-fotokopi semua data sebelum diserahkan. Hal ini dilakukan jika ternyata dokumen Anda hilang atau ditolak, jadi Anda tidak perlu menyiapkan dokumen yang sama secara berulang-ulang.

7. Libatkan pengacara dalam klaim asuransi. Langkah ini sangat ekstrem karena sudah melibatkan hukum dalam proses klaim asuransi, tapi jika perusahaan asuransi melanggar hak yang seharusnya Anda dapatkan jangan ragu untuk melibatkan pengacara.

8. Ketahui siapa orang yang mengurus klaim asuransi kesehatan Anda. Saat mengajukan klaim, Anda harus tahu siapa orang yang bertugas untuk menangani klaim Anda tersebut. Gunanya, agar Anda bisa terus memantau perkembangan klaim yang Anda ajukan dan mintalah tanda terima dokumen.

9. Anda disarankan untuk sering hubungi pihak asuransi. Jangan malu untuk sering-sering menanyakan bagaimana perkembangan klaim yang Anda ajukan. Sebab, Anda bisa jadi tahu bagaimana perkembangan klaim motor yang hilang tersebut.

Tips dan informasi mengenai cara klaim asuransi kesehatan di atas dapat menjadi panduan singkat bagi Anda, terutama yang masih bingung dan awam mengenai klaim asuransi kesehatan semoga dengan membaca artikel tersebut Anda dapat mengetahui cara klaim asuransi kesehatan yang benar dan mengetahui proses klaim asuransi yang benar. Selain cara-cara di atas, Anda juga dapat mengunjungi PasarPolis.com yang selain berisikan segudang informasi terkait asuransi, Anda juga dapat membeli, membandingkan produk atau premi, sampai dengan bertanya-tanya kepada para pakar asuransi. Banyak fitur yang disediakan secara lengkap dan mudah dalam penggunaannya dalam PasarPolis. 

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda