Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Cara Bijak Mengelola THR | Pasarpolis Blog

Cara Bijak Mengelola THR

 by pasarpolis |  2016-06-07 07:55:35

Menjelang hari raya ada satu hal yang dapat membuat banya orang tersenyum semakin lebar, yaitu Tunjangan Hari Raya atau THR. Kelola uang THR dengan bijak agar memberi manfaat lebih besar.

Tunjangan Hari Raya (THR) boleh dibilang hadiah yang sangat dinanti-nanti para pekerja, termasuk Anda, Mungkin Anda sudah memikirkan beragam cara membelanjakan uang tersebut. Boleh saja Anda mempunyai ’wish list’ yang ingin Anda beli dengan uang THR, tapi layaknya  uang dari sumber lainnya, gunakanlah uang THR dengan bijak, sesuai kebutuhan.

THR Habis Utang Menumpuk

Apa yang dialami oleh Randy (38), bisa jadi pelajaran bagi Anda. Bertahun-tahun bekerja di sebuah perusahaan swasta, Randy mendapatkan uang THR yang lumayan besar. Idealnya uang THR cukup untuk membiayai semua keperluan jelang Lebaran. Tapi alih-alih mempunyai dana sisa, Randy malah defisit, uang THR habis sebelum Lebaran. Akhirnya, dia harus menggunakan kartu kreditnya untuk membiayai semua kebutuhan hari raya.

Selain untuk membiayai kebutuhan di bulan puasa yang membengkak, Randy juga menghabiskan THR-nya untuk membeli barang-barang yang sebenarnya sudah dia miliki seperti  TV baru dan  gadget terkini. Dia lupa masih ada kewajiban utang yang harus dilunasi. Walhasil, sesudah Lebaran, berdatanganlah  debt collector ke  rumahnya.

Randy mengabaikan prinsip bahwa penghasilan bulanan untuk pengeluaran bulanan. Artinya, semua biaya di bulan puasa seharusnya menggunakan anggaran bulanan seperti biasa, tidak mengutak-atik dana dari THR. Sedangkan THR seharusnya bisa dipergunakan untuk membiayai seluruh pengeluaran hari raya, sehingga Randy tidak perlu menambah utang baru.

Selain itu, Randy dan juga banyak orang lain kerap lupa lakukan adalah, Randy tidak memiliki daftar lengkap untuk pengeluaran biaya yang berkaitan dengan hari raya. Misalnya, biaya untuk mudik, angpau buat keluarga, membeli pakaian baru, biaya membeli kue dan bingkisan untuk antaran, dan lainnya. Padahal, membuat daftar pengeluaran penting untuk dilakukan sehingga setiap rupiah yang keluar, jelas peruntukannya.

Kelola dengan Tepat

Agar Anda tidak defisit, apalagi menambah utang baru, simak tip cara bijak mengelola THR dan rasakan manfaat mengelola uang dengan baik seperti berikut ini.

1. Untuk membayar kewajiban keuangan yang tertunda

Mungkin Anda masih ada tunggakan utang, atau keperluan lain yang harus dibayar dalam waktu dekat dengan nominal yang lumayan besar, misalnya biaya uang pangkal anak sekolah? Ada baiknya, uang THR digunakan untuk membayar kewajiban- kewajiban ini supaya tidak membenani keuangan rutin dan Anda bisa mengatur pengeluaran bulanan dengan lebih lega di bulan-bulan berikutnya.

2. Sisihkan untuk zakat, infaq, atau sedekah.

Tunaikan lebih dulu zakat fitrah sesuai ketentuan. Jika ada lebih, Anda bisa memberi sedekah kepada satpam, petugas kebersihan lingkungan dan fakkir miskin. Jangan lupa tunaikan THR pembantu rumah tangga Anda.

3. Gunakan untuk keperluan Hari Raya

Sebenarnya, tidak dianjurkan untuk berfoya-foya di Hari Lebaran. Namun, karena pada saat tersebut mungkin akan banyak tamu bersilaturahmi dan sebagai upaya memuliakan mereka sesuai perintah Agama, maka Anda sebaiknya menyajikan beberapa jenis hidangan yang lebih istimewa dari biasanya, jika mampu.

4. Sisihkan minimal 20 persen untuk masa depan

Misalnya untuk membeli premi asuransi jiwa jika Anda belum memilikinya. Asuransi jiwa adalah produk asuransi yang bertujuan untuk memberikan proteksi terhadap individu dan atau kelompok (keluarga) atas kerugian keuangan yang tak terduga, misalnya jika pemegang polis mengalami kematian yang mendadak, cacat tetap total, atau sudah tidak produktif sehingga  mengakibatkan hilangnya penghasilan.

Asuransi jiwa akan memproteksi keluarga Anda jika sewaktu-waktu Anda meninggal dunia atau sudah tidak produktif lagi. Asuransi jiwa akan memberikan pertanggungan/santunan kepada keluarga yang Anda tanggung atau tinggalkan tersebut. Jika dapat mengelola uang dengan baik, Anda tidak perlu lagi khawatir, jika terjadi sesuatu gakibatkan Anda tak bisa bekerja, keluarga tidak akan terlantar.

THR pun akan lebih bermanfaat jika Anda alokasikan juga sebagian untuk proteksi masa depan bukan?

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda