Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Bingung Cara Klaim Asuransi Kendaraan? Berikut Tips Cerdasnya! | Pasarpolis Blog

Bingung Cara Klaim Asuransi Kendaraan? Berikut Tips Cerdasnya!

 by pasarpolis |  2015-05-25 06:18:45


Musibah dapat terjadi kapan, di mana dan menimpa siapa saja. Tidak peduli seseorang sudah sangat berhati-hati atau tidak, kecelakaan kendaraan bermotor masih tergolong tinggi di tanah air sampai sekarang ini.

Namun hal ini bukanlah masalah serius, apabila seseorang sudah memiliki polis asuransi kendaraan. Dengan memiliki polis tersebut, maka segala macam kerugian dan perlindungan dari kecelakaan dan kerusakan kendaraan bisa didapatkan langsung.

Pemilik Polis Asuransi Kendaraan

Sayangnya, tidak sedikit para pemilik polis asuransi kendaraan yang menjadi bingung saat mereka ingin melaporkan klaim sekaligus mencairkannya. Untuk itu diperlukan informasi mengenai bagaimana cara melakukan klaim asuransi kendaraan, ketika mobil atau motor tertimpa musibah.

Cara#1: Pelaporan cepat

Tentu saja agar dapat diketahui dan diproses dengan cepat, maka disarankan untuk mengirimkan laporan kecelakaan atau musibah kepada perusahaan asuransi yang bersangkutan. Pelaporan tersebut setidaknya dilakukan 3x24 jam. Untuk kejadian yang terjadi di luar kota, Anda hanya perlu mempersiapkan berkas-berkas polis dan data-data pribadi serta surat keterangan dari pihak kepolisian, kemudian mengirimkannya ke kantor cabang terdekat.

Cara#2: Siapkan berkas

Untuk melakukan pelaporan dan klaim, berkas-berkas yang diperlukan adalah surat keterangan dari kepolisian setempat atau di daerah terjadinya kecelakaan, STNK asli kendaraan, kunci kontak kendaraan yang asli dan duplikat, buku KIR asli, SIM dan KTP pengemudi yang asli serta fotokopiannya.

Untuk pengurusan klaim akan kejadian kehilangan mobil, maka selain berkas-berkas di atas, Anda juga perlu mengikutsertakan surat keterangan dari kantor pusat kepolisian tingkat provinsi serta surat pemblokiran dari kepolisian atau jugasurat keterangan dari leasing apabila kendaraan tersebut berstatus kredit (BPKB asli, blanko kwitansi sesuai di BPKB, faktur pembelian asli dan surat keterangan penutupan asuransi kendaraan bermotor).

Cara#3: Melaporkan pertanggungan untuk pihak ke tiga

Sebelum ditandatanganinya polis waktu pertama kali oleh klien, pihak asuransi terkadang juga akan memberikan penjelasan bahwa ada tambahan covering untuk asuransi kendaraan yang disebut dengan Tanggung Jawab Hukum terhadap pihak ketiga (TJH III). Tambahan perlindungan ini berfungsi sebagai ganti rugi kepada pihak ke tiga di luar obyek yang dipertanggungkan. Maka dengan menggunakan tambahan perlindungan ini, pemilik polis akan terhindar dari pembayaran ganti rugi kepada TJH III.

Cara#4: Perbaikan di bengkel

Hampir semua perusahaan asuransi yang menjual produk asuransi kendaraan memiliki bengkel rekanan. Ketika mobil mengalami masalah dan pihak asuransi terlambat datang, maka ada baiknya untuk membawa kendaraan ke bengkel rekanan perusahaan. Apabila memang perusahaan asuransi tidak memiliki bengkel rekanan, maka diharapkan untuk menunggu pihak penanggung atau perusahaan memberikan rekomendasi bengkel mana yang dapat digunakan.

Setelah melakukan klaim, maka pihak asuransi akan mengadakan penelitian dan analisis, sekaligus pemeriksaan dan wawancara terhadap sang pemilik polis. Pada umumnya, klaim akan cair sekitar 1 bulan terhitung setelah laporan pertama dikirimkan.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda