Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Berminat Beli Asuransi? Kenali Dulu Apa Itu Polis Asuransi | Pasarpolis Blog

Berminat Beli Asuransi? Kenali Dulu Apa Itu Polis Asuransi

 by pasarpolis |  2015-06-23 13:38:13


Jika Anda berminat membeli asuransi untuk melindungi sisi finansial keluarga, alangkah baiknya jika Anda paham betul mengenai polis asuransi, fungsi dan manfaatnya.

Pengertian Polis Asuransi 

Polis asuransi adalah dokumen yang memuat kesepakatan antara nasabah (tertanggung) dengan perusahaan asuransi (penanggung). Polis asuransi merupakan kontrak perjanjian antara perusahaan dan Anda mengenai pertanggungan risiko kerugian yang mungkin timbul di masa mendatang.

#1: Fungsi Polis Asuransi

  1. Bukti tertulis bagi nasabah dan perusahaan asuransi sesuai perjanjian yang telah disepakati.
  2. Bagi nasabah polis asuransi berfungsi sebagai jaminan penggantian kerugian dari pihak asuransi jika terjadi hal-hal yang tertera dalam polis. Bagi perusahaan asuransi, polis merupakan bukti tanda terima premi dari nasabah.
  3. Bagi nasabah, polis merupakan bukti pembayaran premi kepada perusahaan asuransi. Polis tersebut dapat dijadkan bukti untuk menuntut perusahaan asuransi jika tidak memenuhi kewajibannya seperti yang tertera dalam polis.

#2: Poin dalam Polis

Setelah polis diterbitkan, Anda harus membaca dengan cermat tiap poin yang tertera dalam polis agar lebih mudah dalam pelaksanaan asuransi kedepannya. Poin yang harus Anda perhatikan terutama pada bagian berikut:

  • Hak dan Kewajiban Nasabah serta Pihak Asuransi

Baca dengan teliti pada bagian ini, terutama hak dan kewajiban yang telah disepakati. Jika isi polis tidak sesuai perjanjian awal, Anda bisa meminta perusahaan asuransi untuk mengubahnya.

  • Premi

Dalam polis juga disebutkan jumlah dan cara pembayaran premi. Anda harus memastikan sistem pembayaran premi sesuai dengan yang dijanjikan perusahaan asuransi sebelum Anda membeli asuransi.

  • Pengecualian

Anda juga harus memastikan hal apa saja yang terdapat dalam pengecualian sehingga Anda tidak dapat menikmati manfaat asuransi.

Jika telah memiliki polis asuransi Anda harus menyimpan nomor polis dengan baik, karena jika terjadi sesuatu pihak asuransi akan menanyakannya ketika Anda melakukan klaim. Yang ke dua adalah Berkas Polis, berkas polis juga menjadi bukti jika pihak asuransi melaksanakan asuransi tidak sesuai kesepakatan.

Polis Asuransi dalam Hukum

#1: Fungsi Polis

Dalam membuat polis, harus didasarkan pada Pasal 225 KUHD yang menetapkan bahwa perjanjian asuransi harus dibuat secara tertulis dalam bentuk akta yang memuat kesepakatan, syarat khusus, dan perjanjian yang menjadi dasar pemenuhan hak dan kewajiban bagi kedua belah pihak. Berdasarkan pasal tersebut, polis asuransi yang berfungsi sebagai bukti tertulis haruslah jelas, sehingga tidak terjadi perbedaan pemahaman yang dapat menimbulkan perselisihan di kemudian hari.

#2: Isi Polis

Berdasarkan Pasal 256 KUHD, polis asuransi, kecuali asuransi jiwa, harus memuat syarat berikut:

  1. Hari dan tanggal pembuatan polis;
  2. Nama nasabah/ tertanggung, untuk diri sendiri atau pihak ketiga;
  3. Uraian yang jelas mengenai benda yang diasuransikan;
  4. Jumlah yang diasuransikan (nilai pertanggungan);
  5. Bahaya-bahaya yang ditanggung oleh perusahaan asuransi/ penanggung;
  6. Saat bahaya mulai berjalan dan berakhir yang menjadi tanggungan penanggung;
  7. Premi asuransi;
  8. Umumnya semua keadaan yang perlu diketahui oleh penanggung dan perjanian khusus yang diadakan antara penanggung dan tertanggung, antara lain mencantumkan Banker’s Clause yaitu klausula yang hanya dicantumkan atas permintaan Bank penerima ganti rugi atas peristiwa yang terjadi, jika terjadi peristiwa (evenemen) yang menimbulkan kerugian penanggung dapat berhadapan dengan pemilik atau pemegang hak.

Asuransi kebakaran memiliki syarat lain yang harus dituliskan dalam polis, sesuai dengan Pasal 287 KUHD, yaitu:

  1. Letak barang tetap serta batas-batasnya;
  2. Pemakaian barang;
  3. Sifat dan pemakaian gedung yang berbatasan, jika berpengaruh pada obyek pertangungan;
  4. Harga barang yang dipertanggungkan;
  5. Letak dan pembatasan gedung serta tempat dimana barang-barang bergerak yang dipertanggungkan berada.

Penutupan Polis

Terdapat tujuh aspek penutupan yang harus Anda perhatikan untuk mengetahui perlindungan apa saja yang diberikan, yaitu:

  1. Bencana yang ditutup;
  2. Yang ditutup;
  3. Kerugian yang ditutup;
  4. Orang yang ditutup;
  5. Lokasi yang ditutup;
  6. Jangka waktu yang ditutup;
  7. Bahaya yang dikecualikan.

Klausula Asuransi

Klausula asuransi adalah perjanjian khusus yang termuat dalam polis asuransi. Klausula asuransi ditujukan untuk membatasi tanggung jawab penanggung dalam pembayaran ganti rugi jika terjadi hal-hal yang menyebabkan kerugian. Klausula asuransi yang dimaksud, antara lain:

#1 Klausula Premier Risque

Berdasarkan Pasal 253 ayat 3 KUHDklausula premier risqué menyatakan bahwa jika pada asuransi dibawah nilai benda terjadi kerugian, penanggung akan membayar ganti rugi seluruhnya dampai maksimum jumlah yang diasuransikan. Klausula jenis ini banyak digunakan pada asuransi pembongkaran, pencurian, dan asuransi tanggung jawab.

#2 Klausula All Risk

Berdasarakan Pasal 276 dan 249 KUHD, penanggung akan mengganti semua kerugian akibat peristiwa apapun, kecuali kerugian yang terjadi akibat kesalahan tertanggung dan karena benda cacat dengan sendirinya.

#3 Klausula Total Loss Only (TLO)

Total Loss Only menentukan bahwa penanggung hanya menanggung kerugian yang merupakan kerugian total atas benda yang diasuransikan.

#4 Klausula Sudah Diketahui (All Seen)

Klausula yang digunakan pada asuransi kebakaran ini, menentukan bahwa penanggung sudah mengetahui keadaan, kontruksi, letak, serta cara pemakaian bangunan yang diasuransikan.

#5 Klausula Renunsiasi (Renunciation)

Klausula ini mengatur gugatan penanggung terhadap tertanggung dengan alasan Pasal 251 KUHD, kecuali jika hakim menetapkan harus memberlakukan pasa tersebut secara jujur dan sesuai kebiasaan.

Klausula ini memungkinkan tertanggung mendapatkan ganti rugi akibat kerugian yang timbul tanpa memberitahukan keadaan objek asuransi kepada penanggung.

#6 Klausula Free Particular Average (FPA)

Klausula ini memuat tentang penolakan pembayaran ganti rugi yang diklaim oleh tertanggung yang muncul akibat peristiwa khusus yang sudah dibebaskan klausula FPA. Hal ini sesuai dengan ketentuan dalam Pasal 709 KUHD.

#7 Klausula Riot, Strike & Civil Commotion (RSCC)

Riot yang berarti kerusuhan adalah tindakan suatu kelompok dengan jumlah minimal 12 orang, yang dalam melaksanakan tujuannya menggangu ketertiban umum dengan kegaduhan serta kekerasan yang menyebabkan kerusakan harta benda orang lain, serta belum dianggap sebagai huru-hara.

Strike (pemogokan) adalah tindakan pengrusakan yang disengaja oleh kelompok pekerja minimal 12 orang atau separuh dari jumlah pekerja, jika seluruh pekerja berjumlah kurang dari 24 orang, yang menolak bekerja sebagaimana mestinya dalam usaha untuk memaksa majikan memenuhi tuntutannya atau dalam melakukan protes terhadap aturan atau persyaratan kerja yang diberlakukan majikan.

Civil Commotion (huru-hara) diartikan sebagai keadaan disuatu kota dimana sejumlah besar massa secara bersamaan atau dalam kelompok kecil menimbulkan gangguan ketertiban dan keamanan, serta menggunakan kekerasan dan perusakan sejumlah besar harta benda, sedemikian rupa yang menimbulkan ketakutan umum. Huru-hara ditandai dengan terhentinya lebih dari separuh kegiatan normal pusat perdagangan/pertokoan atau perkantoran atau sekolah atau transportasi umum di kota tersebut minimal 24 jam secara terus menerus yang dimulai sebelum, selama, atau setelah kejadian tersebut.

Cukup rumit bukan memahami polis asuransi dan klausula, untuk itu Pasar Polis hadir menawarkan kemudahan bagi Anda yang ingin memiliki asuransi. Dengan beragam pilihan produk asuransi, Anda bisa memilih sesuai kebutuhan Anda, harga premi yang murah tanpa agen asuransi adalah jaminan dari Pasar Polis.
(Baca Juga: Pengertian, Manfaat, dan Implikasi Asuransi Jiwa Unit-Link)

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda