Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Berencana Membeli Mobil Keluarga? Cermati Panduannya | Pasarpolis Blog

Berencana Membeli Mobil Keluarga? Cermati Panduannya

 by pasarpolis |  2016-05-11 04:57:48

Berencana membeli kendaraan untuk keluarga? Cermati sejumlah hal penting yang perlu dipertimbangkan, agar pilihan Anda tidak meleset. Apa saja di antaranya?

Erika (37), adalah ibu dari tiga anak yang juga seorang desainer paruh waktu. Setiap hari, Erika mengantar-jemput ketiga putranya ke sekolah dan tempat kursus. Beberapa kali seminggu, ia mondar-mandir ke supermarket, bank, dan percetakan. Di akhir pekan, Erika sekeluarga biasanya pergi jalan-jalan ke tempat rekreasi atau sekadar mencicipi makanan di tempat baru.

Agar bisa melakoni berbagai kegiatan tersebut dengan lancar, Erika dan keluarganya membutuhkan sebuah mobil yang bisa diandalkan untuk berbagai kebutuhan. Bagaimana cara memilihnya? Ini beberapa hal yang perlu menjadi bahan pertimbangan:

1. Sesuaikan dengan budget

Menyesuaikan ketersediaan dana dengan mobil yang hendak dibeli adalah poin utama yang perlu dipenuhi. Selain menghitung harga mobil, perkirakan pula biaya untuk untuk membeli bensin, membayar pajak tahunan dan menambahkan fitur-fitur kenyamanan seperti media player, pelapis kursi, pelapis kaca film, fitur navigasi dan lain-lain.

2. Sesuaikan dengan jenis kegiatan

Beda keluarga, beda pula jenis aktivitas yang sering dilakukan bersama-sama. Karenanya, sesuaikan jenis mobil yang dipilih dengan karakteristik keluarga Anda. Misalnya, jika keluarga Anda punya hobi berlibur ke daerah pegunungan yang kondisi jalannya bergelombang, tentunya jenis mobil SUV (sport utility vehicle) adalah pilihan yang lebih baik ketimbang mobil jenis city car.

3. Hitung luas ruangan

Yang namanya mobil keluarga tentunya mesti bisa menampung seluruh anggota keluarga dalam sekali waktu. Selain anggota keluarga inti, hitung juga personil lain yang kerap ikut menumpang, seperti kakek dan nenek serta babysitter. Perhatikan ukuran bagasi, apakah mampu menampung barang-barang yang biasa Anda bawa, seperti tas belanjaan, stroller, sepeda, dan lain-lain.

4. Manfaatkan momen test drive

Bukan sekadar menakar kenyamanan pengemudi, test drive juga berguna sebagai simulasi kegiatan bepergian bersama keluarga. Karenanya, jika memungkinkan, lakukan test drive di jalur yang biasa Anda lalui sehari-hari. Amati kemudahan Anda menaik-turunkan penumpang, keleluasaan bergerak di dalam kabin, termasuk kemudahan dalam memarkir kendaraan.

5. Perhatikan keamanan

Selain fungsi dan kenyamanan, faktor keamanan tak boleh diabaikan dalam memilih mobil keluarga. Selain berburu informasi di internet mengenai performa kendaraan, pastikan pula mobil dilengkapi sabuk pengaman di setiap kursi, sistem air-bag yang aman, fitur child-lock di setiap daun pintu, serta kemudahan memasang car-seat.

6. Lengkapi dengan asuransi

Lengkapi fitur keamanan dengan perlindungan asuransi kendaraan. Memiliki polis asuransi kendaraan amat berguna untuk mengantisipasi musibah seperti tabrakan, banjir, kebakaran, kecurian, dan lain-lain yang bisa mengakibatkan kendaraan Anda tidak berfungsi. Jika memilih polis asuransi yang tepat, Anda bahkan bisa mendapatkan mobil pengganti selagi mobil Anda tidak bisa digunakan. Dengan demikian, keluarga pun tetap bisa beraktivitas seperti biasa tanpa hambatan. 

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda