Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Bangkit Pasca Kebakaran | Pasarpolis Blog

Bangkit Pasca Kebakaran

 by pasarpolis |  2016-05-18 04:39:33

Jangan terlalu lama larut dalam kesedihan pasca musibah kebakaran. Mari bangkit dan mulai menata ulang kehidupan selangkah demi selangkah.

Renita (32) menyaksikan sendiri tempat tinggalnya dilalap api hanya dalam tempo sekian jam. Api yang disebabkan oleh korsleting di ruang kerja—tempatnya menyimpan buku-buku dan tumpukan kain untuk keperluan membuat kerajinan tangan, begitu cepat membesar dan menjalar ke ruangan lainnya. Beruntung, Renita bersama putrinya yang masih kecil dan asisten rumah tangga mereka, masih sempat menyelamatkan diri. Saat itu suami Renita sedang bertugas di luar kota.

            Meski tak sempat menyambar kotak berisi surat tanah dan dokumen penting lainnya, namun hati Renita pedih membayangkan begitu banyak benda berharga yang dilalap api. Album foto pernikahannya, boneka kesayangan putrinya, perabot rumah warisan mendiang ibunya, buku-buku, serta kenangan manis keluarga kecil mereka selama lima tahun terakhir, musnah seketika dilahap amukan api. Itu masih belum ditambah kerugian materi yang belum sempat dihitung jumlahnya karena kondisi Renita yang masih syok.

Sediakan waktu untuk berduka

Musibah kebakaran tentu meninggalkan trauma bagi mereka yang mengalaminya. Selain didera kesedihan akibat kehilangan benda-benda berharga, korban kebakaran juga kehilangan perasaan aman, yang kemudian bisa memunculkan keluhan seperti insomnia, gangguan panik, stres, bahkan depresi. Semua itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk bisa dipulihkan seperti sedia kala.

            Menurut Kevin Rowell, PhD, psikolog dan konselor keluarga dari University of Arkansas, Amerika, proses pemulihan trauma pasca musibah seperti kebakaran biasanya ditandai dalam tiga fase. Pertama adalah periode syok. Selama masa ini, korban akan merasa hampa, kosong, dan tak mampu merasakan emosi apa pun. Kedua adalah fase marah dan perasaan tidak berdaya. Yang ketiga adalah fase penerimaan, dimana korban sudah bisa berdamai dengan perasaan sedih, marah, dan kehilangan.

            Agar bisa melalui ketiga fase ini dengan mulus, keterlibatan anggota keluarga dan orang-orang terdekat amat dibutuhkan. Selama menjalani fase berduka, korban disarankan untuk menyalurkan emosinya dengan cara sehat seperti menangis, berbicara, dan menulis untuk meluapkan perasaannya. Menjalani pola makan sehat, cukup beristirahat, melakukan latihan meditasi, dan berolahraga juga amat berpengaruh dalam menetralisir luapan emosi serta membantu korban mendapatkan kendali atas dirinya kembali.

Mengurus klaim asuransi kecelakaan

Setelah siap secara emosi, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menyelesaikan urusan administrasi yang terkait dengan langkah-langkah pemulihan aset pasca musibah kebakaran. Jika memiliki perlindungan asuransi kebakaran seperti keluarga Renita, maka pengajuan klaim asuransi bisa dilakukan sesegera mungkin setelah kejadian, untuk mempercepat pemberian ganti rugi atas kehilangan material yang diderita. Setelah dana ganti rugi diterima, Renita bisa segera mulai memperbaiki rumah dan menjalankan aktivitas seperti sediakala.

            Skenario yang jauh lebih muram bisa terjadi apabila keluarga Renita tidak mendapatkan perlindungan asuransi kecelakaan.  Biaya perbaikan rumah dan mengembalikan kerugian yang diderita pasca kebakaran tentu menghabiskan dana yang jauh dari sedikit. Jangankan untuk mengembalikan kondisi seperti semula, Renita dan keluarganya membutuhkan biaya besar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mendapatkan tempat tinggal sementara. Itu sebabnya, kepemilikan polis asuransi kecelakaan, asuransi kebakaran rumah, atau asuransi bencana, kini sudah menjadi kebutuhan primer bagi Anda yang ingin melindungi aset keluarga.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda