Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Bahaya Penyakit Diabetes di Usia Muda | Pasarpolis Blog

Bahaya Penyakit Diabetes di Usia Muda

 by pasarpolis |  2016-05-23 09:53:17

Bukan lagi mengancam mereka yang sudah berusia “senja”, diabetes kini juga mulai banyak diderita oleh kaum muda.

Diabetes atau yang dikenal juga dengan nama penyakit kencing manis dulu identik dengan sebutan “penyakit orang tua”. Artinya, diabetes bisa terjadi karena penurunan kinerja insulin, yang diakibatkan oleh pertambahan usia seseorang. Kalaupun ada penyandang diabetes berusia muda, biasanya kondisi tersebut adalah diabetes tipe 1 yang disebabkan oleh faktor genetika alias “diwarisi” secara turun-temurun.

Tapi kini, selain jumlah penyandang diabetes yang kian meroket (WHO memperkirakan jumlah penyandang diabetes di Indonesia pada tahun 2030 akan meningkat hampir dua kali lipat dibandingkan tahun 2013!), tren usia penyandang diabetes juga ikut berubah. Jika dulu penyandang diabetes tipe 2 (yang bukan karena faktor genetik) adalah mereka yang sudah “berumur”, kini banyak penyandang diabetes yang berusia di bawah 40 tahun, bahkan ada pula yang masih anak-anak.

Gaya hidup tidak sehat: penyebab penyakit diabetes

Apa penyebab fenomena tersebut? Pakar kesehatan di dunia sepakat bahwa pergeseran rentang usia penyandang diabetes ini salah satunya disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat, antara lain hobi menyantap junk food, kurangnya frekuensi berolahraga, dan tingginya paparan terhadap stres.

Gaya hidup masa kini yang serba instan dan dimanjakan dengan berbagai kemudahan juga turut andil menciptakan masyarakat yang lembam alias malas bergerak. Misalnya, alih-alih berjalan kaki, banyak di antara kita yang selalu memilih bepergian dengan naik kendaraan meskipun jaraknya dekat. Menaiki tangga—walau hanya satu lantai, juga sering dipermudah dengan menumpang elevator.

            Alhasil, dengan berkurangnya frekuensi melakukan aktivitas fisik, tubuh jadi kehilangan kesempatan untuk membakar kalori yang berakibat meningkatnya risiko seseorang mengalami obesitas. Padahal, kelebihan lemak di dalam tubuh mampu menghambat kerja insulin dalam memproses gula. Akibatnya gula menumpuk di dalam darah lantaran tak mampu dibakar menjadi energi.

Komplikasi serius penyandang diabetes

Kabar buruknya, diabetes tak pernah datang sendiri saja, melainkan selalu disertai ancaman penyakit komplikasi yang berbahaya. Gagal ginjal, kebutaan, kelumpuhan saraf yang berujung pada amputasi, serangan jantung, dan stroke adalah beberapa jenis komplikasi serius yang membayang-bayangi pada penyandang diabetes.

            Agar terhindar dari berbagai risiko tersebut, perubahan gaya hidup perlu dilakukan sesegera mungkin. Mempertahankan berat badan ideal, membuat tubuh lebih aktif secara fisik, dan mengelola stres dengan baik adalah tiga langkah yang ampuh menjauhkan ancaman diabetes di usia muda. Bagi mereka yang sudah terlanjur menyandang diabetes, ketiga langkah tersebut juga berguna untuk memelihara kualitas hidup serta menjauhkan risiko terjadinya komplikasi.

            Untuk melindungi diri dari bahaya penyakit diabetes, memiliki produk asuransi kesehatan yang baik juga layak menjadi prioritas. Dengan adanya perlindungan dari asuransi kesehatan, maka Anda dan keluarga akan mendapatkan jaminan kestabilan finansial walau Anda dalam kondisi kesehatan seperti apa pun. 

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda