Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Ayo, Persiapkan Dana Pensiun Sejak Dini! | Pasarpolis Blog

Ayo, Persiapkan Dana Pensiun Sejak Dini!

 by pasarpolis |  2015-06-03 04:35:11

Dana pensiun sangat dibutuhkan untuk mencukupi kebutuhan hidup ketika kita tidak bekerja lagi. Tapi kenyataannya tidak sedikit yang menganggap sulit merancang dana pensiun, karena banyaknya rumus perhitungan yang harus dilakukan.

Padahal merancang dana pensiun cukup mudah jika Anda tahu caranya. Hal yang sulit adalah pelaksaannya, karena dibutuhkan komitmen untuk mengekang nafsu belanja dan godaan konsumsi, demi menyisihkan dana tiap bulannya.

Dana pensiun ini bukanlah dana pensiun dari kantor atau perusahaan, namun dana pensiun yang anda siapkan mandiri. Untuk merancangnya, perhatikan beberapa hal penting berikut.

Hal#1: Cara Mempersiapkan Dana Pensiun

Ada dua cara yang dapat digunakan untuk merancang dana pensiun. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Reksadana dan Asuransi Murni

Reksadana dapat digunakan sebagai investasi di masa tua Anda. Jika masa pensiun anda masih 15-20 tahun lagi pilih saham. Namun jika kurang dari 15 tahun, Anda sebaiknya menggunakan instrument yang lebih aman, seperti pendapaan tetap atau pasar uang.

Transaksi reksadana dapat dilakukan secara online, jadi Anda tida perlu lagi repot-repot datang ke Bank atau manajer investasi.

Selanjutnya, pilih asuransi tanpa unsur investasi, yaitu asuransi murni atau term-life. Asuransi ini memberikan fungsi proteksi yang tinggi meskipun premi yang dibayar hangus.

Gabungan antara Reksadana dan Asuransi Murni memungkinkan Anda memiliki dana pensiun yang aman, selama Anda memahami dengan baik prinsip keduanya.

Produk Dana Pensiun Asuransi

Untuk Anda yang tidak memahami cara kerja Reksadana, sebaiknya ambil produk dana pensiun dari asuransi yang fokus pada persiapan pensiun. Produk dana pensiun ini juga menyediakan fasilitas investasi dan proteksi.

Nasabah hanya melakukan pembayaran rutin ke perusahaan tanpa perlu memilih, membeli, dan memonitor investasinya. Perusahaan asuransilah yang akan melakukan pemilihan, pembelian dan memonitor investasi nasabahnya. Produk ini juga memungkinkan Anda menerima daa pensiun lebih tinggi, karena porsi investasi lebih besar dibansing porsi proteksi.

Kelebihan lainnya adalah adanya jadwal penarikan setiap 5 tahun yang dapat diambil di umur 55, 60, 65, 70, hingga 75 tahun. Jika pemegang polis meninggal, manfaat asuransi jiwa dibayarkan dan seluruh nilai investasi bisa diambil

Hal#2: Evaluasi Pilihan Dana Pensiun

Dari kedua cara yang dijabarkan di atas, Anda dapat memilihnya sesuai kemampuan dan kebutuhan Anda. Jika ingin fokus investasi, namun tidak paham Reksadana, Anda dapat menggunakan cara kedua. Tapi jika anda memahami cara kerja Reksadana dan menginginkan proteksi yang tinggi Anda bisa menggunakan cara pertama.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda