Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Awas, Minum Air Putih Berlebih Bisa Berujung Kematian! | Pasarpolis Blog

Awas, Minum Air Putih Berlebih Bisa Berujung Kematian!

 by pasarpolis |  2015-05-20 07:25:53

 

Sudah bukan rahasia lagi bila mengonsumsi air putih memberikan manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Selain mencegah tubuh mengalami dehidrasi, air putih juga berperan penting untuk meningkatkan konsentrasi Anda saat bekerja. Namun, pernahkah terlintas di benak Anda tentang apa yang akan terjadi bila air putih dikonsumsi secara berlebihan?

(Baca Juga : Agar Tak Mudah Haus Saat Puasa, Hindari Makanan Ini!)

Di tahun 2005, seorang mahasiswa baru usai 21 tahun di California State University ditemukan dalam keadaan tewas setelah ia dipaksa untuk meminum air dalam jumlah berlebihan dan dilakukan di sela-sela waktu push-up.

Di tahun yang sama, New England Journal of Medicine juga menemukan bahwa sejumlah pelari marathon mengalami hyponattremia, yakni kondisi melemahnya konsentrasi garam dalam tubuh yang juga akan membuat konsentrasi sodium berada di bawah kondisi normalnya yakni antara 135-145 milimol per liter.

Lemahnya dua konsentrasi ini akan membuat tubuh mengalami keracunan dan memicu beberapa gejala seperti pusing, lemas, mual, muntah, sering buang air kecil, dan gangguan mental. Kondisi air yang berlebih ini juga akan membuat ginjal kuwalahan untuk melakukan metabolisme dalam waktu singkat sehingga air berlebih ini pun akan mengganggu komposisid dan kekentalan darah.

Selain itu, Amin Arnaout, seorang kepala studi ginjal di Massachusetts General Hospital dan Harvard Medical School juga menambahkan bahwa hypnotremia parah juga akan memblokade sel-sel otak dan saluran pernapasan yang bisa berujung pada kematian.

Lalu, berapakah batasan normal bagi seseorang untuk mengonsumsi air putih yang bermanfaat bagi kesehatan? Menurut Prof. Dr. dr. Parlindungan Siregar, rata-rata orang dewasa membutuhkan 2 hingga 2,5 liter air putih setiap harinya. Sedangkan untuk lansia dengan usia di atas 65 tahun, konsumsi air putih minimal adalah 1,5 liter dan tak boleh kurang dari itu.

Manfaat Konsumsi Air Putih Teratur

Dengan mengonsumsi air putih secara seimbang, tubuh akan mendapatkan mineral penting yang berguna bagi kesehatan tulang dan memperbaiki metabolisme dalam tubuh. Jangan lupa pula untuk mengimbangi aktivitas Anda dengan olahraga agar sistem peredaran darah menjadi lebih lancar dan distribusi mineral penting dari air putih pun berjalan lebih lancar.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda